ketahui 5 jenis filter yang digunakan pada kolam renang

Ketahui 5 Jenis Filter Yang Digunakan Di Kolam Renang

Filter kolam renang merupakan satu komponen penting yang digunakan di kolam renang. Filter kolam renang bermanfaat untuk menyaring kotoran yang ada di kolam renang sehingga air kolam renang menjadi lebih bersih, jernih dan sehat. Filter kolam renang dipasang pada sistem sirkulasi kolam renang.

Sebagai pemilik kolam renang anda perlu tahu filter apa saja yang biasa digunakan dalam sistem sirkulasi kolam renang:

1. Sand Filter

Sand filter adalah filter kolam renang dengan penyaring berupa pasir khusus berguna untuk menjernihkan air di kolam renang. Dalam proses sirkulasinya air masuk ke dalam tangki filter dan mengalir ke dasar tabung melalui beberapa lapisan pasir. Kotoran yang terbawa air akan tersaring dan terperangkap di pasir khusus tersebut. Selanjutnya air yang bersih akan dialirkan kembali ke kolam. Ukuran yang bisa disaring melalui filter ini adalah 40 mikron.

Sand Filter Hayward

Sand filter perlu dibersihkan secara rutin dengan cara membalik tabung filter hingga air yang tersisa keluar semuanya. Nah setelah filter bersih dan dibilas kemudian bisa ditambahkan pasir lagi.

2. Cartridge Filter 

Catridge Filter merupakan filter kolam renang dengan bahan penyaring berupa paper type catridge. Filter kolam renang ini berupa tabung vertikal yang berisi cartridge. Catridge akan menyaring kotoran hingga 10-20 mikron. Volume catridge filter lebih kecil dibandingkan Sand filter.

Tugas cartridge ini adalah menahan kotoran. Dengan cartridge, kotoran yang bisa terperangkap adalah 10-20 mikron, dan volumenya lebih kecil dari yang bisa ditampung oleh sand filter.

catridge filter

Cara membersihkan filter ini cukup mudah yaitu dengan mengeluarkan catridge dari tabung dan semprotkan air dengan tekanan rendah. Anda juga bisa menganti catridge lama dengan catridge baru

3. DE Filter

DE Filter (Diatomaceus Earth Filter) merupakan jenis filter kolam renang yang mirip dengan catridge filter hanya bedanya di dalamnya ada penambahan bubuk DE pada catridgenya. Bubuk DE berupa fosil organisme air yang dikenal sebagai diatom. Bubuk DE ini bisa menyaring kotoran kecil yang berukuran 3-5 mikron.

Jika anda mengamati dengan mikroskop maka akan bisa dilihat lubang lubang kecil yang bisa menyaring air secara efektif.

Filter ini lebih mahal dibandingkan dengan filter lainnya . Namun demikian anda bisa menikmati hasilnya dengan melihat hasilnya. Kualitas air kolam renang menjadi semakin baik.

4. Filter Media

Filter media merupakan bahan yang ditambahkan ke dalam sand filter untuk menyaring kotoran dalam air. BIsa berupa pasir silika atau bahan granul khusus yang bisa menyaring air secara efisien dan efektif. Filter ini sangat awet dan kuat.

5. Pre Filter

Pre Filter bisa menyaring hingga 80% kotoran dan mengurangi beban filter utama dan pompa. Penggunaan pre filter bisa menghemat biaya air karena berkurangnya pemakaian air untuk backwash. Pre Filter akan mengarahkan air ke filter utama.

Demikian 5 jenis filter yang perlu Anda ketahui sehingga dengan adanya penggunaan filter kolam renang ini air kolam renang dapat terjaga kebersihan dan kesehatannya. Jika anda membutuhkan filter kolam renang, Kolamrenangpro menyediakan peralatan filter kolam renang dengan kualitas dan harga terbaik.