Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

8 Tips Mempersiapkan Kolam Renang Untuk Menyambut Musim Kemarau

Salah satu pekerjaan musiman yang menjadi rutinitas setiap tahun bagi pemilik kolam renang adalah mempersiapkan kolam renangnya untuk menyambut musim kemarau. Biasanya, kegiatan ini dilakukan di bulan-bulan Juli-Agustus, dimana musim panas akan segera di mulai. Namun, dengan ketidak stabilannya iklim terutama di Indonesia, tentu akan sedikit menggeser persiapan kolam renang ini. Yang dapat dipastikan adalah, musim panas / kemarau menjadi musim renang juga. Frekuensi penggunaan kolam renang akan meningkat, baik kolam renang pribadi, hotel, apartemen, tempat rekreasi dll. Semua akan dipersiapkan untuk menyambut musim kemarau ini. Terutama untuk kolam renang komersial, selain mempersiapkan kolam renangnya, pihak penyelenggara kolam renang sering kali menawarkan beragam iklan , diskon, dan penawaran untuk konsumen dalam rangka menyambut musim panas di Indonesia.

Pembukaan kolam renang atau dikenal dengan Pool Opening menjadi kegiatan musiman mendekati musim panas. Kebanyakan pemilik kolam renang tentunya tidak menagalami permasalahan untuk membuka cover kolam renang dan menyalakan mesin sirkulasi. Permasalahannya terletak pada saat mereka melihat perubahanw warna air, munculnya bercak-becak noda, ataupun kondisi kolam yang terlihat tidak menarik. Tentunya ini akan memerlukan chemical dan proses pembersihan ekstra untuk mengembalikan kondisi kejernihan air kolam renang.

Berikut ini 8  tips yang akan membantu Anda Open Pool untuk mempersiapkan kolam di musim kemarau.

  1. Anda perlu pendamping / teman.
    Untuk menyambut musim kemarau, dan open pool akan kurang maksimal jika hanya dilakukan sendiri. Akan lebih mudah jika Anda di bantu rekan, teman, atau keluarga yang lain untuk membersihkan dan mempersiapkan kolam renang ini.  Mengajak anak-anak dan teman dekat untuk membantu Anda memeprsiapkan kolam renang tentu saja Anda tidak akan hanya meminta bantuan mereka. Jika anak-anak, akan lebih seru bagi mereka saat membersihkan kolam renang dengan suasana riang bermain, sedangkan untuk rekan atau teman dekat, pastinya ada komisi walaupun tidak harus berupa uang, Anda dapat mentraktir mereka untuk obat lelah bersama. 🙂
  2. Mempersiapkan Kolam Renang Lebih Awal
    Beraktifitas yang cukup berat, termasuk membersihkan kolam renang tentu akan memerlukan banyak energi, terutama jika dilakukan di musim kemarau dengan matahari yang terik. Nah, sebaiknya Anda melakukan aktifitas ini sebelum musim kemarau tiba, dimana kondisi cuaca masih cukup berawan dan matahari tidak terlalu terik di siang hari. Saat inilah menjadi saat yang tepat untuk memulainya.Selain itu, sering kali harga-harga perlengkapan serta peralatan akan lebih murah sebelum musim kemarau. Analoginya, harga jas hujan akan lebih mahal saat musim penghujan, namun murah di musim kemarau. Begitu juga dengan peralatan serta bahan yang berkaitan dengan kolam renang, Ada kemungkinan Anda mendapatkan cukup besar diskon saat belum memasuki musim kemarau.

    Mempersiapkan kolam renang lebih awal juga akan mebantu Anda untuk menghadapi permasalahan Alga / gangang. Organisme ini menyukai atau akan lebih cepat tumbuh di kondisi yang hangat dan gelap, inilah penyebab mereka cepat tumbuh subur saat Anda menutup kolam renang dengan cover. Terutama jika mendekati bulan-bulan Juli-Agustus. Dimana suhu lingkungan cinderung hangat dan mempengaruhi suhu air kolam renang.

  3. Rencanakan dan Persiapkan Secara Baik.
    Sebelum memulai Pool Openning Maintenance tentu perlu ada perencanaan dan persiapan. Karena dalam prosesnya nanti, Anda akan memerlukan berbagai macam bahan, alat, dan perlengkapan. Tentunya Anda tidak ingin harus bolak-balik ke toko perlengkapan saat melupakan satu atau dua hal. Buatlah list atau daftar peralatan serta kegiatan untuk mendefinisikan semua keperluan yang nantinya akan digunakan. Keluarkan juga peralatan-peralatan ini dari gudang, agar semua sudah siap sedia untuk digunakan.
  4. Nyalakan Filter dan Pompa
    Saat Anda membuka cover kolam renang, besar kemungkinan air keruh berwarna, terutama jika kolam renang Anda tidak digunakan dan dirawat selama musim penghujan. Kemungkinan kolam renang terlihat berwarna hijau gelap, hijau muda, keruh berawan. Tapi ada juga yang tetap jernih dan hanya sedikit kotoran yang terlihat.Pastikan setelah Anda membuka cover kolam renang, Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memvakum kolam renang. Sesuaikan dengan kondisi yang ada, saat kolam renang lama tak digunakan, kotoran cinderung mengendap di bawah atau lantai kolam renang, inilah saatnya Anda memvakumnya. Jika kotoran terlihat banyak / tebal lakukanlah vakum buang, yang dilanjutkan vakum biasa. Namun jika terlihat masih jernih cukup lakukan proses vakum kolam renang biasa. Tambahkan kepala sikat di vakum head Anda untuk mengurai endapan dan menghisapnya.

    Setelah itu, pastikan Anda mengontrol ketinggian air sebelum menyalakan sistem sirkulasi. Tambahkan air jika perlu hingga mencapai ½ kotak skimmer yang ada di kolam renang Anda. Nyalakanlah pompa hingga air kolam terlihat lebih jenih sambil melakukan berbagai macam perawatan lainnya. Untuk selanjutnya / perawatan harian di musim kemarau, Anda dapat menyalakan pompa dan sistem sirkulasi 8-12 jam tergantung volume air dan spesifikasi pompa Anda.

  5. Uji dan idealkan keseimbangan air kolam renang Anda
    Tentunya Anda memerlukan Uji kertas atau set uji kolam renang yang sudah siap pakai. Ambillah sampel air kolam renang dengan menggunakan gelas bening, dengan cara pengambilang yang tepat yaitu, hadapkan permukaan gelas dengan permukaan air ( posisi gelas terbalik saat masuk kedalam air) turunkan hingga kira-kira cukup memenuhi gelas. Lalu balikkan gelas ke posisi biasa untuk mengambil sampel air. Pastikan sampel air yang Anda ambil jauh dari jalur return sistem sirkulasi.
    Lakukanlah uji keseimbangan air dan ingat untuk mencatat hasilnya. Setelah memperoleh hasil, lakukanlah perawatan keseimbangan air ke tingkat ideal dengan cara yang sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya.
  6. Kontak dan Konsultasikan kondisi kolam renang Anda.
    Jangan ragu menggunakan fasilitas konsultasi gratis di beberapa situs online atau konsultasikan ke perusahaan jasa kolam renang di dekat daerah Anda. Untuk hasil yang optimal tentu perlu penanganan yang tepat terutama di chemical kolam renang. Mintalah rekomendasi dan saran dari orang-orang yang telah berpengalaman mengatasi berbagai macam masalah kolam renang.
  7. Lakukan Shock Treatment untuk membasmi bakteri dan organisme lainnya.
    Jika klorin merupakan sahabat dekat kolam renang Anda, lakukanlah shock treatment dengan klorin. Agar bakteri , combined clorine /chloramine, dan organisme-organisme lainnya dapat dinetralisir dari kolam renang Anda. Terutama jika saat membuka kolam renang awal, air terlihat hijau maka shock treatment menjadi rutinitas Anda untuk mencegah kembalinya gangang dan bakteri pengganggu.
  8. Bersihkan cover kolam renang sebelum menyimpannya
    Direkomendasikan Anda untuk melepas dan mengambil cover kolam renang saat musim penghujan yang sudah tidak digunakan di musim panas. Anda dapat menggunakan sabun pencuci mobil dan sikat untuk mencuci dan membersihkan cover kolam renang, setelah bersih jemur hingga kering. Atau, direkomendasikan untuk menggunakan cleaner khusus untuk cover kolam renang. Bungkuslah dengan plastik atau pembungkus cover untuk menyimpannya secara rapi dan tetap terjaga kebersihannya di gudang Anda.