Blog

HomeArtikelTips Merawat Kolam Renang yang Benar
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Tips Merawat Kolam Renang yang Benar

Kolam renang perlu di rawat terutama air kolam tersebut. Kenapa? Perawatan pada kolam renang secara rutin dapat memelihara air, lantai dan dinding kolam agar tetap bersih dan nyaman digunakan. Kolam renang yang tidak terawat baik lebih cepat keruh, lantai / dinding terasa licin yang paling fatal tidak baik untuk kesehatan terutama mata dan kulit bagi perenang.

Air didalam kolam renang juga perlu secara rutin di perhatikan dan dikontrol agar tetap netral dan sehat, terbebas dari bakteri / kuman yang mengganggu kesehatan, lantai dan dinding terbebas dari lumut sehingga aman digunakan. Karena jernih saja belum tentu menandakan air kolam renang tersebut aman. Oleh sebab itu, minimalnya kolam renang yang baik memiliki beberapa hal berikut ini agar dapat mempertahankan keseimbangan air dan keamanannya.

  • Filter serta pompa air yang sebanding dengan volume kolam renang.
  • Sistem saluran pipa yang memenuhi syarat.
  • Peralatan pembersih kolam seperti : vakum, selang, sikat kolam dll
  • pH cl tester untuk mengukur kandungan pH dan Chlorine air kolam

Selain peralatan di atas, ada beberapa bahan kimia yang dapat dikatakan sebagai obat untuk air kolam agar tetap terjaga dari berbagai permasalahan. Penggunaan bahan kimia ini perlu adanya ukuran / dosis. pemberian bahan kimia yang berlebihan dapat merusak kesehatan dan keamanan kolam renang anda.

Dengan perlengkapan alat dan bahan di atas, anda dapat menjaga kondisi air agar tetap sehat dan aman untuk digunakan berenang. Anda tidak perlu membuag air dan menguras kolam terlalu sering walaupun hal tersebut tetap perlu dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Namun, dengan kontrol dan perawatan secara rutin akan lebih lama mempertahankan kualitas air kolam baik keamanan, keseimbangan, dan kesehatan air kolam Anda.

Berikut ini Tips Merawat Kolam Renang Yang Benar

  • Satu minggu dua kali (3 hari sekali) Semakin sering mengontrol pH dan kandungan klorin akan semakin baik.
    Mempertahankan pH air antara 7.2-7.6 ppm.
    Mempertahankan keasaman air yang diukur berdasarkan tingkat pH. pH merupakan ukuran alkalinitas atau keasaman yang perlu Anda kontrol setidaknya 2x seminggu. pH yang baik untuk air Kolam Renang berkisar antara 7.2 sampai 7.6 ppm. Dengan tingkat pH tersebut, klorin akan bekerja secara optimal.
    Jika hasil ukur pH < 7.2 ppm tambahkan Soda Ash secara bertahap sesuai dengan range menuju 7.2 hingga pH air menjadi ideal.
    Jika hasil ukur pH > 7.6 ppm tambahkan Dry Acid yang disesuaikan dengan volume air kolam Anda. 1 kg Dry Acid per 64 m3 ( 4m * 4m * 4m ).
    Setelah anda memberikan bahan kimia sesuai keadaan tersebut, sirkulasikan kembali air kolam anda dan tunggu setidaknya 30 menit lalu kontrol kembali pH air. Jika belum ideal anda perlu menambahkan bahan kimia sesuai tingkat dan dosis nya seperti di jelaskan sebelumnya.
  • Menetralkan air dari kuman, bakteri (Sinitasi)
    Kolam renang yang tidak dirawat dapat menjadi sarang bakteri dan alga. bakteri serta alga ini dapat dihilangkan / dinetralkan dengan menggunakan bahan kimia klorin. seperti dijelaskan sebelumnya, pH optimal agar klorin bekerja secara maksimal. Itulah sebabnya pengaturan pH perlu dilakukan sebelum pemberian Klorin agar bakteri dan alga secara maksimal dinetralkan.
    Kadar Chlorine (klorin) ideal air kolam renang antara 1.0 – 1.5 ppm.
    Jika kadar klorin kurang dari 1.0 ppm Anda perlu menambahkan Klorin sedikit secara bertahap sampai menjadi ideal. Dosis yang di anjurka klorin 2 gram/m3 volume air per satu ppm.
    Sedangkan jika kandungan klorin melebihi batas ideal 1.5 ppm, disarankan untuk tidak menggunakan kolam renang Anda untuk sementara waktu. Tunggu beberapa jam hingga kadar klorin turun akibat menguap.
    Pemberian klorin ini akan optimal berkerja jika Anda laksanakan pada sore menjelang malam hari, suhu yang diakibatkan sinar matahari dapat mengurangi kadar klorin pada air kolam renang Anda.
  • satu bulan sekali.
    Lakukan kontrol kontaminasi alga. Algaecide dapat bermanfaat untuk menetralisir atau menghancurkan pertumbuhan alga tanpa berdampak pada lantai kolam Anda. Ada banyak jenis Algaecide yang dipasarkan dengan plus minus masing-masing.
    Varian alga yang paling sering ditemui adalah alga hijau yang secara fisik terlihat mengapung / melayang di air Kolam renang anda. secara kasat mata terlihat seperti cairan kental hijau transparan (lendir hijau). ada juga gangang merah muda yang sesungguhnya merupakan spesies bakteri. terlihat seperti titik / bintik di sudut ataupun di celah kolam renang yang jika dibiarkan akan bertahap berkembang ke seluruh kolam. Selain itu perlu diketahui juga gangang hitam dan gangang mustrad.
    banyaknya produk di pasar terkadang membuat pembeli kebingungan untuk memilih produk tersebut. Alangkah baiknya bila anda konsultasikan dengan teknisi / ahli dalam permasalahan ini sehingga dapat menyarankan produk yang paling efektif. Bersihkanlah kolam renang anda dengan vakum setelah algacide menyelesaikan tugasnya membunuh alga. Bersihkan pula filter air kolam anda sehingga tidak ada sisa-sisa alga pada filter. Filter berperan penting terutama dalam pembersihan organisme yang satu ini, ada tips untuk memilih filter kolam renang.
    selain menggunakan algacide ada cara lain yang dapat menjadi penetral alga, yaitu dengan pemberian ‘Shock Terapi’ pada bakteri dan alga di kolam Anda. Ada jenis bakteri dan lumut yang memiliki kemampuan membentuk sistem kekebalan (imun) terhadap pemberian klorin harian. Oleh sebab itu anda perlu memberikan dosis klorin tambahan yang tinggi pada perawatan bulanan. anda dapat melipat gandakan 4x dari dosis harian. Namun pastikan kolam tidak digunakan sebelum anda melakukan kontrol pH dan kadar klorin telah ideal.

Demikianlah tips merawat kolam renang yang benar. Sistem sirkulasi air dan pemberian bahan kimia dapat dikatakan merupakan kesatuan dalam kasus kolam renang. Pemberian bahan-bahan kimi tersebut tanpa adanya sistem sirkulasi air tidak dapat menjamin kejernihan air akan terjaga. Sebaliknya dengan sistem sirkulasi air yang baik dan sesuai standar namun tidak ada pengobatan air menggunakan bahan kimia tidak akan menyelesaikan masalah di atas. Maka diperlukannya suatu sistem sirkulasi air yang baik dan pemberian obat kimia untuk perawatan air dinding dan lantai kolam renang Anda yang sesuai standar, prosedur, dan ideal. Sehingga perubahan kadar pH dan klorin air tidak berubah signifikan, perumbuhan bakteri dan alga dapat teratasi. Air kolam bersih, nyaman, dan aman.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!