Blog

HomeArtikelTips Memilih Lantai Decking Kolam Renang
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Tips Memilih Lantai Decking Kolam Renang

Lantai Decking  kolam renang adalah bagian lantai yang dipasang di pelataran kolam renang atau dipinggir kolam renang. Pembuatan lantai decking kolam renang merupakan salah satu pekerjaan finishing dalam pembuatan kolam renang.

Lantai decking dalam pembuatan kolam renang berdasarkan bahan dibedakan menjadi 2 macam antara lain: Wood Decking dan Ceramic Decking. Wood decking adalah lantai decking dengan bahan kayu. Pada umumnya jenis kayu yang digunakan adalah kayu ulin atau kayu bengkirai. Jenis kayu ini kuat dan tahan terhadap air dan panas. Selain itu tekstur dari jenis kayu ini sangatlah bagus sehingga dapat menambah keindahan kolam renang. Berbeda halnya dengan Ceramic Decking adalah lantai decking berbahan batu keramik. Batu keramik yang paling sering digunakan adalah batu andesit dengan finishing dilapisi cat anti lumut. Anda bisa memilih motif batuan yang bisa dipakai dalam pembuatan kolam renang.

Dalam memilih lantai decking haruslah diperhatikan segi perawatannya dan keamanan bagi pengguna kolam renang. Lantai pelataran kolam renang harus dibuat kasat dan tidak licin apabila dilewati. Selain itu harus dibuatkan saluran pengeringan pada lantai decking kolam renang agar air yang terbawa oleh pengguna kolam renang dilantai decking tidak menggenang. Jika terjadi penggenangan dan penyinaran matahari langsung dimungkinkan akan mempercepat pertumbuhan tanaman lumut yang pada akhirnya menyebabkan lantai menjadi licin dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Lantai decking keramik memiliki beragam motif yang bisa dipilih. Pastinya keramik untuk lantai decking memiliki permukaan yang kasat. Jika dibandingkan dengan wood decking, dari segi perawatan penggunaan bahan ini haruslah lebih sering dilakukan. Biasanya lantai harus disikat setiap hari atau 2x dalam seminggu. Selain itu bahan keramik lebih lama menyimpan panas pada permukaan sehingga apabila panas terik maka lantai akan terasa sangat panas. Lain halnya dengan lantai kayu, bahan kayu lebih mudah menyerap panas sehingga pada kondisi terik pun lantai akan terasa lebih hangat.

Dari sekian banyak klien yang kami tangani penggunaan lantai decking berbahan kayu ulin dan bengkirai adalah yang paling banyak dipilih karena perawatannya mudah dan dari segi tampilan lebih ekslusif karena teksturnya yang bagus. Dari segi harga, bahan kayu lebih mahal dibandingkan bahan keramik, tergantung pada jenis kayu yang digunakan.  Kenapa lebih mahal? karena jenis kayu yang digunakan adalah jenis kayu yang bisa dibilang berkualitas bagus dan susah didapatkan. Ditambah lagi untuk pemasangan dibutuhkan orang yang berpengalaman khusus dalam pemasangan  lantai kayu. Jadi mau pilih menggunakan apa? Wood Decking ataukah Ceramic Decking.

Semoga tips di atas bisa menjadi bahan pertimbangan jenis lantai decking yang tepat dalam pembuatan kolam renang anda. Bagi anda yang ingin konsultasi terkait pembuatan lantai decking kolam renang bisa hubungi tim Pro kolam renang. Kami dengan senang hati membantu anda.

 

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!