Blog

HomeArtikelTips Memilih Filter Kolam Renang
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Tips Memilih Filter Kolam Renang

Filter menjadi bagian penting dalam sirkulasi air kolam renang. Tanpa filter, air tidak dapat bersih dari kotoran yang berukuran kecil. Sebelum membahas ke cara pemilihan filter kolam renang, setidaknya perlu kita ketahui tipe-tipe filter untuk kolam renang terlebih dahulu.


Sand Filter,


Sand filter merupakan filter yang memanfaatkan pasir khusus dalam proses penyaringannya. Pasir ini berbeda dengan pasir di sekitar yang sering kita temui untuk ukuran maupun fungsinya.  Pasir yang digunakan sebagai filter kolam renang ini memiliki diameter antara 0,4-0,5 mm. Semakin halus / kecil pasir tersebut akan memberikan hasil semakin baik. Cara kerja filter jenis ini, dengan mengalirkan air dari permukaan pasir (di dalam filter) dengan bantuan dorongan dari pompa serta grafitasi maka air akan cepat turun ke bawah. Sedangkan debu serta kotoran jenis lain yang memiliki ukuran lebih besar dari celah diantara pasir-pasir tersebut tidak akan ikut turun karena tertahan oleh pasir.

Kapan filter ini harus di bersihkan? permukaan pasir dalam filter ini akan lebih cepat kotor yang diikuti lapisan-lapisan pasir berikutnya. Ketika tekanan yang ditunjukan pada meteran filter naik hingga 10 psi, saat inilah untuk membersihkan filter tipe ini. Caranya dengan metode backwash. Backwash merupakan suatu proses dengan menukar aliran air menjadi dari bawah ke atas sehingga kotoran yang terdapat didalam filter akan dipaksa untuk keluar, begitu juga kotoran yang berada di bawah akan ikut naik ke atas akibat tekanan dari bawah. Tenang saja, ada tuasnya sehingga yang perlu dilakukan memutar tuas Multiport Valve yang menjadi satu kesatuan. Dari mode filter menjadi mode backwash, metode pembersihan ini setidaknya dilakukan 3 menit untuk menyelesaikan proses pembersihannya. Biaya akan lebih murah hasil juga tidak mengecewakan.


Cartridge Filter


Cartridge Filter pada umumnya berbentuk tabung vertikal, dengan catridge didalamnya. Fungsi dari catridge ini adalah untuk menyaring kotoran. Bentuknya mirip seperti saringan yang terdapat pada vacuum cleaner, namun bahan dasar pembuatannya yang berbeda. Untuk filter kolam renang, bahan yang digunakan adalah polyester sementara kita ketahui bersama pada vacuum cleaner menggunakan bahan kain atau kertas.

Secara fungsional catride akan menangkap kotoran hingga ukuran terkecil 10 – 20 micron. 1 micron = 0.001 mm . 20 micron = ??? mm, air tetap akan melewati sela-sela catridge ini. Namun, semakin banyaknya kotoran yang menumpuk pada cadridge akan membuatnya buntu. Maka dari itu perlu adanya pemantauan dan perawatan berkala untuk menjaganya tetap berfungsi optimal.

Untuk cara membersihkan filter jenis ini, anda hanya perlu membersihkan catridgenya saja dengan mengeluarkannya dari tabung lalu menyemprotnya dengan air bertekanan rendah. jangan kencang-kencang karena dapat merusak catridge itu sendiri. Namun, ada kalanya catridge perlu di ganti. Berapa biaya pengantian catridge ini ? berapa lama umur dari catridge ini dapat bertahan ? Yang jelas, dan menganti catridge ini akan lebih banyak mengeluarkan biaya dari pada membeli pasir untuk sand filter. Umurnya ? tentu saja lebih awet sand filter. Namun, secara fungsi, catridge lebih unggul melihat ukuran terkecil yang dapat disaringnya.


Diatomaceous Earth (DE) filter


Diatomaceous Earth yang selanjutnya kita singkat DE Filter ini hampir mirip dengan tipe catridge filter. Tetap menggunakan catridge, perbedaannya pada catridge ditambahkan bubuk DE. Bubuk DE ini akan melapisi catridge. bayangkan ukuran catridge yang mampu menyaring minimal kotoran berukuran 10-20 micron ditambah sebuah lapisan… tentu saja ukuran terkecil kotoran yang dapat disaringnya menjadi lebih kecil yaitu sekitar 3-5 mikron.

Tentu saja hal tersebut akan membuat air kolam menjadi lebih bersih. debu yang ada di kolam pun akan tersaring, apa lagi pasir. Hasil yang bagus menuntut biaya perawatan mantap juga. Sejauh ini, filter jenis ini dapat dikatakan yang terbaik.

Tadi kita menyingung bubuk DE, apa sebenarnya bubuk DE itu? Diatomaceous Earth Poweder ini berbentuk bubuk yang berwarna putih, asal dari bubuk ini sebenarnya adalah sebuah fosil tanaman air yang memiliki nama diatom. Bangkai dari diatom ini memiliki berat jenis lebih tinggi dari air, sehingga akan mengendap di dasar air ketika mati. Diatom ini dapat ditemukan di dasar bumi. Yaps… dimanakah dasar bumi itu ? biarlah tim pencari yang mengetahuinya..

Struktur tubuh dari tumbuhan diatom ini sangat unik. Dinding selnya di lindungi oleh silika hingga 90%. Inilah yang mampu menyaring air dengan baik sehingga hasilnya akan sangat jernih. Silika ternyata digunakan juga untuk pembuatan silikon ataupun silica gel. Sulit membayangkan bentuk dari diatom dan silika ? Plankton di filem animasi berjudul Sponge Bob dapat menjadi gambaran anda. Anten tangan dan kaki plankton anggaplah silika, matanya adalah inti sel. Why plankton ? Sesungguhnya diatoms ini merupakan plankton yang memiliki kemampuan berfotosintesis, nama lainnya fitoplankton.


Setiap filter tersebut memiliki plus minus masing-masing, pertimbangkanlah apa yang benar-benar anda butuhkan. Hasil paling maksimal tentu itu yang orang inginkan, namun perlu dipertimbangkan dari sisi dana yang tersedia untuk membeli dan untuk jangka panjang perawatannya. Secara garis besar, berikut ini tabel perbandingan untuk setiap tipe filter.

Tipe Material Kemampuan Biaya Awal Biaya Perawatan
Catridge Catridge 10-25 mikron Sedang Sedang
DE Filter Catridge+DE powder 2-5 mikron Mahal Mahal
Sand Filter Pasir 20-40 mikron Murah Murah

Jika kualitas air yang menjadi perioritas utama Anda dalam memilih filter, DE Filter akan menjadi pilihan yang akan anda beli, dengan catatan perawatan akan memerlukan dana yang lebih dari pada tipe lainnya.

Jika tetap ingin ekonomis namun tetap mengutamakan kualitas air pilihan Catridge Filter akan menjadi pilihan pas untuk anda.

Jika ekonomis, awet, tahan lama dan tidak memakan banyak dana untuk perawatan Sand Filter akan menjadi pilihan paling tepat. Perawatan alat tersebut juga lebih mudah.

Selain fungsional dan ekonomi perlu Anda perhatikan juga kondisi lingkungan. Jika kolam renang Anda outdoor dan memiliki lingkungan yang mengandung banyak debu, sand filter adalah pilihan paling tepat. Karena jika menggunakan tipe catridge, filternya akan cepat kotor dan tertutup debu-debu tersebut. Oleh sebab itu, agar lebih awet dan ekonomis sand filter pilihan ideal untuk daerah di Indonesia. Kecuali jika kolam renang anda indor dan tergolong elit seperti untuk perawatan kolam renang di hotel dan apartemen, pemilihan filter catridge akan sangat pas.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!