Blog

HomeArtikelTips Membuat Air Kolam Renang Tetap Jernih
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Tips Membuat Air Kolam Renang Tetap Jernih

Pada kesempatan kali ini, kolamrenangpro akan memberikan tips untuk menjaga kejernihan air kolam renang Anda. Kejernihan menjadi salah satu indikator kesehatan air yang dapat di amati secara fisik (visual). ibarat kata ‘pandangan pertama’ akan memberikan kesan. Begitu juga untuk pengguna kolam renang, melihat kolam yang jernih dapat memancing keinginan untuk menggunakan kolam renang.

Tentu saja tidak hanya kejernihan yang perlu di jaga. Kebersihan air dan lingkungan, kandungan air, tingkat keasaman air juga perlu di perhatikan. Agar kolam renang aman, sehat dan nyaman perlu adanya perawatan kolam renang secara benar. Nah , kali ini kolamrenangpro akan memberikan tips untuk menjaga kejernihan air kolam renang.

Sebagai pembukaan serta penambah pengetahuan, sebelum mengetahui cara menjaga kejernihan air kolam renang alangkah baiknya jika Anda mengetahui faktor yang membuat air kolam terlihat keruh dan mengurangi kejernihan.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kejernihan air kolam renang.

  • Sirkulasi air
    Suatu sistem yang di rancang / di desain untuk mengatur pergerakan air. Anda dapat lebih mendalami tentang sistem sirkulasi air ini. Tanpa adanya perputaran air yang mengarahkan air ke penyaring ( filter ) akan membuat kolam menjadi keruh karena kotoran akan mudah mengendap di lantai / dinding kolam renang.
  • Filterisasi
    Metode penyaringan air ini dapat dikatakan menjadi satu kesatuan perlengkapan / peralatan untuk merawat kolam renang anda. Alat filter harus mampu melakukan penyaringan kotoran secara maksimal, dengan banyaknya product yang di tawarkan Anda perlu memilih filter yang paling sesuai dengan kondisi kolam.
  • Lantai dan dinding kolam renang
    Air yang jernih / bening akan memperlihatkan dasar dan dinding kolam renang. Warna, struktur bahkan kotoran yang menempel di dinding / lantai kolam akan terlihat. adanya kotoran / endapat di dinding kolam semisal lumut atau noda karat tentu saja mengurangi nilai visual kolam tersebut. Tidak hanya visual saja, endapan / kotoran dengan tipe organik dpat mempersepat pertumbuhan bakteri , alga dan lumut yang tentu berpengaruh untuk kejernihan kolam renang.
  • Bakteri, alga, lumut
    Organisme ini sangat mengganggu untuk kolam renang, tidak hanya secara visual namun juga segi kesehatan. Perlu adanya perawatan rutin untuk menghambat dan membunuh organisme ini di kolam renang Anda. Banyak tipe dan jenis Bakter, alga serta lumut yang dapat berkembang biak di air kolam renang.

Dengan mengetahui dan memahami faktor-faktor tersebut, harapannya dengan membaca tips berikutnya akan lebih memahami alasan di balik tindakannya. Berikut ini tips yang kolamrenangpro rangkumkan untuk Anda menjaga kejernihan air kolam renang.

Tips 1/5 : Bersihkan kotoran secara rutin terutama yang organik.

Alat      : jaring kolam renang

Target : Sampah organik ( daun, ranting, sisa makanan, dsb ), sampah lain ( plastik, botol, dsb)

Cara : Dengan menggunakan jaring yang menjadi salah satu dari seperangkat peralatan untuk perawatan kolam renang, Anda dapat menjaring sampah / kotoran yang terlihat di kolam renang.
Plastik, botol, kaleng dapat mengganggu visualisasi kolam, jangan biarkan kolam Anda nampak kumuh dan kotor. Daun, ranting, dan kotoran bertipe organik lain dapat menjadi sumber tumbuhnya bakteri alga dan lumut akbiat pembusukan organik. Pantau dan rawat kolam Anda dari hal tersebut. untuk menghambat pertumbuhan organisme mengganggu dan menjaga keindahan visual kolam Anda.

Tips 2/5 : Mengontrol komposisi air kolam renang

Alat : pH Tester, klorin tester, wadah sampel ( peralatan ini telah tersedia satu set di toko perlengkapan kolam renang ).

Bahan : Sampel air kolam renang, bahan-bahan kimia yang sesuai. ( mengikuti kondisi yang ada)

Cara : Penggunaan alat tester untuk mengetahui kondisi air kolam renang anda memiliki cara berbeda-beda melihat banyaknya tipe alat yang ditawarkan. Namun, pada dasarnya sistem kerja peralatan tester ini sama, ada sensor yang di gunakan ke sampel air, pengukur yang akan menampilkan hasil perhitungan. Ikuti cara penggunaan yang tertera pada alat tersebut. Dengan mengukur tingkat keasaman air (pH) serta kandungan klorin ada dapat memastikan tidakan selanjutnya untuk melakukan penyeimbangan menuju air yang ideal. Pada artikel sebelumnya kolamrenangpro telah membahas ini, di TIPS MERAWAT KOLAM RENANG YANG BENAR. Dengan kondisi ideal air, kolam anda akan sehat dan aman digunakan.

Tips 3/5 : Menambahkan cairan penjerih ( jika kondisi air tetap keruh setelah di filter ).

Bahan : Cairan penjernih ini banyak beredar dengan berbagai tipe dan jenis

Setiap prodak cairan penjernih memiliki kadar berbeda-beda, sehingga tidak semua produk berdosis sama. bacalah cara penggunaan pada produk serta dosis anjuran produk agar tetap aman dan tidak merusak air kolam Anda. Cairan ini memiliki prinsip kerja mengikat dan membekukan partikel kecil, sehingga filter akan lebih mudah untuk menyaring partikel ini.

Tips 4/5 : Oprasikan alat penyaring (filter) air.

Setelah melakukan rutinitas pembersihan sampah organik / non-organik, pengontrolan komposisi air, oprasikanlah alat penyaring (filter). Tipe alat ini berbeda-beda. Ada yang terpisah dan ada yang menjadi satu dengan sirkulasi serta pompa air. Prinsip kerja semua sama (menyaring). Memisahkan air dan kotoran. Filter ini akan membersihkan kotoran yang tidak nampak kasat mata. Peralatan filter yang terpisah biasa di gunakan untuk kolam renang pribadi di rumah, dan untuk perawatan kolam renang umum seperti hotel dan apartement biasanya sistem menjadi satu-kesatuan.

Untuk perawatan kejernihan air secara rutin setidaknya nyalakanlah alat ini setiap hari. Durasi menyesuaikan dengan kapasitas alat, dan volume kolam renang anda. Maka dari itu, perlu adanya pemilihan filter yang sesuai dengan kondisi kolam renang Anda. Jika filter telah menampung kotoran hingga batas maksimal atau setelah pengoprasian selesai, cucilah filter.

Tips 5/5 : Operasikan sistem sirkulasi air ( jika sistem ini terpisah dengan sistem filter )

Dengan berjalanya sistem sirkulasi air akan menghambat terjadinya endapan pada lantai dan dinding kolam renang. lamanya sistem sirkulasi ini di operasikan tergantung pada kondisi kolam dan kekuatan pompa. Perlu adanya pemilihan pompa air untuk menyesuaikan dengan kondisi kolam renang Anda, agar sirkulasi air dapat berjalan optimal.

Itulah beberapa tahapan tips untuk menjaga kejernihan air kolam renang Anda. Setiap langkah dan lamanya proses berjalan tergantung pada banyak faktor. Pastikan juga tidak terjadi endapan kotoran pada sistem sirkulasi air kolam renang Anda. Menjaga lebih baik daripada mengobati, namun pada kasus kolam renang ada kalanya pada permasalahan / periode tertentu kolam tetap harus di kuras, penyikatan dinding, pembersihan sistem perputaran air dsb. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan kolam Anda tetap jernih, segar dan sehat. Terimakasih .

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!