Blog

HomeArtikelTips Memasang Lampu Underwater di Kolam Renang
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Tips Memasang Lampu Underwater di Kolam Renang

Lampu underwater adalah lampu yang penggunaanya untuk di pasang di dalam air. Lampu ini umumnya berupa lampu led dengan arus tegangan 12 Volt DC/AC sehingga aman dari bahaya sengatan arus listrik. Lampu ini berguna untuk pencahayaan dalam kolam renang sehingga kolam renang akan terlihat indah pada malam hari. Anda bisa memilih warna lampu led untuk kolam renang antara lain warna RGB (Red, Green, Blue) atau satu warna saja putih (warm white) misalnya. Selain itu anda juga bisa menemukan beragam model,bentuk, dan tipe lampu underwater sesuai kebutuhan kolam renang anda.

Memasang lampu underwater sebenarnya cukup sederhana namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan apabila terjadi kerusakan dikemudian hari anda tidak mengalami kesulitan dalam melakukan perbaikan.

Berikut ini tips memasang lampu underwater kolam renang:

  1. Lampu underwater pada umumnya dipasang dalam kedalaman 50-75 cm dari muka air sehingga akan memudahkan dalam hal perawatan. Dan yang terpenting adalah anda bisa mendapatkan efek pencahayaan yang maksimal.
  2. Jika anda perhatikan di balik lampu terdapat gulungan kabel yang agak panjang, sebaiknya anda jangan melepasnya. Pada saat rusak dan memperbaiki lampu anda bisa mengangkat lampu dan memperbaikinya di atas air.
  3. Anda harus memastikan bahwa kabel lampu terpasang dengan baik. Sebelum anda pasang berikan sedikit lem sealen pada kabel yang masuk ke lampu tujuannya adalah agar tidak ada air yang masuk ke dalam kabel yang bisa berakibat konsleting listrik.
  4. Berikutnya pasanglah tempat lampu dengan mengebor dinding kolam untuk memasang baut maka lampu akan menempel dengan kuat pada dinding kolam.
  5. Tempat lampu ini akan mengarahkan pencahayaan maka sebaiknya jangan mengarahkan ke dalam rumah akan tetapi lebih pas mengarah keluar rumah agar tidak silau dan dari segi estetika menjadikan pencahayaan menjadi lebih indah.
  6. Kabel lampu sebaiknya ditarik masuk kedalam dinding kolam atau di bawah keramik tujuannya agar kabel tidak bergeser dan ketarik pada saat orang berenang. Dikhawatirkan jika terjadi tarikan dan gesekan akan menyebabkan kabel terkelupas dan bisa menimbulkan konsleting listrik yang membahayakan bagi pengguna.
  7. Langkah berikutnya adalah lakukan penyambungan kabel dalam tee dus. Tutuplah sambungan kabel dengan sempurna menggunakan selotif.
  8. Jika sudah selesai melakukan penyambungan kabel maka langkah terakhir adalah tutuplah tee dus dengan rapat.
  9. Hubungkankan kabel dengan sumber listrik dan cobalah menyalakan lampu. Tentunya kabel harus melewati trafo dulu agar impedansi tegangan listrik bisa selaras dengan arus yang dibutuhkan oleh lampu.  Cobalah untuk menyalakan lampu, apabila lampu underwater nyala berarti proses pemasangan lampu berhasil namun jika lampu masih mati kemungkinan besar ada proses yang salah pada saat instalasi lampu.

Demikian tips memasang lampu underwater di kolam renang, sebaiknya anda bisa berkonsultasi dengan tenaga spesialis kolam renang untuk menghindari salah pasang dan bahaya konsleting listrik. Silahkan hubungi kami untuk melakukan instalasi lampu underwater di kolam renang anda.

 

 

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!