Blog

HomeArtikelTips Keselamatan Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Tips Keselamatan Kolam Renang

Kolam renang dapat menjadi fasilitas untuk berolah raga, bermain, berekreasi, bersantai, dan lain sebagainya. Apapun aktifitas yang dilakukan di kolam renang , keselamatan merupakan prioritas utama. Tak sedikit kecelakaan terjadi di kolam renang, Jadi, kesenangan yang didapat saat berenang dan bermain air, jangan sampai membuat kita lengah. Utamakanlah keselamatan. Nah, jadi sebelum kita pergi untuk bereang di kolam renang, pastikan untuk memperhatikan hal-hal tentang keselamatan. Begitu juga pemilik atau pengelola kolam renang. Berbagai macam syarat keselamatan kerja dan pemantauan terhadap pengguna kolam renang perlu dilakukan. Terutama untuk kolam renang umum, Standar Oprasional perlu dimiliki dan diketahui oleh semua pekerja di sana. Selain itu, sebagai pemilik kolam renang, juga wajib untuk selalu mengingatkan agar pengguna kolam renang selalu waspada dan berhati-hati, utamakanlah keselamatan.

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami menuliskan beberapa tips keselamatan saat berada di kolam renang.

  • Pilihlah kolam renang umum / rekreasi yang memiliki penjaga (Lifeguard) ( Jika di rumah, pastikan anak-anak tak lepas dari perhatian orang dewasa untuk mencegah dan selalu sigap dan siap sedia melakukan pertolonga saat terjadi kecelakaan)
  • Berenanglah saat ada orang lain di dekat Anda, Hindari berenang sendiri.
  • Selalu ingatkan dan tegur anak-anak saat mereka mendekati air kolam renang untuk berhati-hati. Jangan pernah meninggalkan anak-anak tanpa pengawasan dari orang tua.
  • Pastikan semua anak-anak atau perenang pemula menggunakan Jaket atau Pelampung keselamatan saat berenang.
  • Ajari setiap anggota keluarga agar dapat berenang dengan mahir.
  • Berilah pagar di sekeliling area kolam renang, untuk mencegah anak-anak yang lepas pengawasan bermain di area kolam renang.
  • Jangan berlari di area kolam renang, tegur dan cegahlah anak-anak saat mereka berlari.
  • Jangan makan atau minum terutama yang mengandung alkohol saat berenang.
  • Jangan Pernah Melompa Ke kolam renang sebelum mengetahui keadalaman kolam renang tersebut.
  • Jangan berenang saat cuaca buruk seperti petir, badai, dll.
  • Pastikan kebutuhan tubuh akan air tercukupi, sehingga tidak dehidrasi yang dapat menyebabkan bahaya ketika berenang.
  • Pastikan ada orang dewasa yang mampu melakukan CPR dan pertolongan pertama di sekitar area kollam renang.
  • Hindari menggunakan material-material dari kaca di area kolam renang
  • Selalu sediakan perlengkapan keselamatan di dekat area kolam renang.
  • Jika kolam renang dengan kedalaman berbeda menjadi satu, buatlah pembatas yang jelas dan dapat terlihat. Selain itu, buatlah jenjang tangga di lantai yang berbeda kedalaman.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaMasih banyak hal-hal yang perlu diperhatikan saat Anda memiliki dan menggunakan kolam renang. Berenang merupakan kegiatan yang menyenangkan dan area untuk bersantai. Akan tetapi, area ini juga rawan terjadi kecelakaan. Bahkan seseorang yang bisa berenang, tak menutup kemungkinan dapat tenggelam. Sering kali hal ini disebabkan keram otot atau tak sadarkan diri seketika. Penting untuk selalu memperhatikan poin-poin di atas untuk meningkatkan keselamatan pengguna kolam renang. Jangan pernah abaikan atau menganggap sepele hal-hal tersebut, karena kelengahan dapat menghilangkan nyawa seseorang.

 

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP