Blog

HomeArtikelTips dan Cara Perawatan Kolam Renang : Perawatan Keramik / Mozaik Kramik
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Tips dan Cara Perawatan Kolam Renang : Perawatan Keramik / Mozaik Kramik

Sebaiknya mencegah kerusakan daripada memperbaiki, atau lebih baik mencegah sakit dari pada mengobati. Kata-kata itu sudah sering kita dengar dan baca. Untuk terhindar dari beragam penyakit, salah satu cara adalah dengan pola hidup yang sehat dan teratur. Hal ini juga berlaku untuk kolam renang Anda, pada bahasan ini di khususkan untuk keramik ataupun mozaik dinding ataupun lantai kolam renang. Sebaiknya kita merawat dan membersihkan dasar dan dinding dari kramik ini secara teratur dari pada nantinya direpotkan oleh noda, bercak, lumut dan lainnya. Nah, bagaimana cara perawatan serta pencegahan yang tepat untuk keramik atau mozaik kolam renang?

Jika ingin terhindar dari penyakit, kita direkomendasikan untuk makan teratur dan bergizi. Berlaku juga untuk kolam renang, agar terhindar dari berbagai macam masalah, rawatlah keseimbangan air dengan cara yang tepat. Salah satu penyebab timbulnya noda di kramik atau mozaik dinding atau lantai kolam renang adalah tidak seimbang atau idealnya kondisi air kolam renang.

pH yang tidak Ideal untuk kolam renang dapat menyebabkan senyawa kalsium karbonat yang terlarut di air terpisah. Sehingga akan membentuk noda, bintik-bintik putih, abu-abu, ataupun coklat di dinding dan lantai kolam renang. Perawatan kolam renang secara tepat termasuk menjaga keseimbangan air dapat mencegah hal ini terjadi. Nah, hal-hal berikut ini yang perlu Anda perhatikan dan lakukan secara teratur untuk menjaga, merawat dinding lantai keramik kolam renang.

  1. Ujilah tingkat total alkalinity (TA) kolam renang, pastikan dan jagalah agar berada di tingkat 80 sampai 120 ppm. Pastikan Anda mengidealkan tingkat TA terlebih dahulu, sebelum menstabilkan tingkat pH.
  2. Lalu, Ujilah tingkat pH air kolam renang, usahakan agar berada di posisi 7,2 – 7,6. Kendalikanlah tingkat pH ini dengan cara menstabilkan pH yang tepat.
  3. Jaga kadar kekerasan kalsium diantara 200 – 235 ppm. Semakin tinggi kadar kekerasan kalsium ini akan beresiko timbul atau munculnya bercak / noda di dinding atau lantai kolam renang.
  4. Cegahlah terbentuknya noda di dinding dan lantai kolam renang dengan secara rutin dan terjadwal melakukan perawatan dan pengujian keseimbangan air. Penting untuk selalu memantau dan menjaga keseimbangan air di kolam renang. Lebih sering Anda melakukan pengujian keseimbangan air, makin terjaga dan terpantau keseimbangan air kolam renang Anda, sehingga selalu siap untuk digunakan.
  5. Selain keseimbangan air, Rutinlah melakukan vakum dan penyikatan pada dinding dan lantai kolam renang, untuk mencegah tertumpuknya noda yang akan semakin menebal. Setiap melihat sedikit bercak atau noda setipis apapun, cepatlah sikat atau gunakan spon untuk menghilangkannya.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaAda banyak cara pencegahan, tidak hanya untuk keramik namun untuk keseluruhan kolam renang Anda. Karena secara umum, setiap elemen kolam renang akan mempengaruhi elemen lainnya.  Untuk informasi lebih spesifik konsultasikan permasalahan atau hambatan di kolam renang Anda kepada Tim PROfesional. Karena kolam renang, air, sumber air, dan elemen-elemen pendukung di kolam renang tidaklah sama antara satu dan kolam renang lainnya. Sehingga dengan mengetahui detail dan spesifik akan dapat memberikan penanganan, perawatan, dan pengendalian yang efisien dan maksimal.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP