Blog

HomeArtikelTips dan Cara Perawatan Kolam Renang : Membersihkan dek Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Tips dan Cara Perawatan Kolam Renang : Membersihkan dek Kolam Renang

Deck kolam renang tentunya perlu di rawat dan dibersihkan secara teratur, untuk menjaga citra dan keindahan kolam renang. Sejernih apapun air kolam renang Anda, jika lingkungan sekitar kotor dan banyak berserakan debu atau dendaunan, tentu akan menggangu pemandangan. Selain itu, kotoran dari dek ini bisa turun ke kolam renang. Maka dari itu, perlu adanya perawatan untuk menjaga kebersihan dek kolam renang, apapun jenis dan material dek kolam renang tersebut.

Dek kolam renang haruslah dibersihkan dan dirawat secara teratur untuk mencegah tumbuhnya organisme-organisme yang dapat menggangu dek itu sendiri. Seperti lumut, gangang, bakteri, dan lain sebagainya yang pastinya akan sangat menggangu aktifitas pengguna kolam renang. Kecinderungan dek yang berkondisi lembab akan merangsang pertumbuhan lumut dan dapat membahayakan keselamatan pengguna kolam renang. Karena adanya lumut di dek dapat menyebabkan lantai dek licin. Untuk cara perawatan dek, disesuaikan dengan material permukaan dek itu sendiri. Seperti material dek dari beton yang dibuat kasar, permukaan dek dari acian semen dengan beragam motifnya, kramik, karet, batu, bata, kayu dan masih banyak lagi. Selalu ikuti panduan dan rekomendasi yang telah diberikan oleh kontraktor atau jasa pembangunan kolam renang Anda untuk metode perawatan dek ini,  agar tepat guna, efisien dan aman. Pada umumnya, jika dek kolam renang Anda cukup luas, akan disarankan untuk membeli atau memiliki alat pembersih dengan tekanan air tinggi (pressue washer). Karena merawat dan membersihkan dek menggunakan peralatan manual cukup memakan waktu dan energi. Namun, jika Anda memiliki dek yang tidak terlalu luas, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Kotoran, minyak dan sampah yang berserakan di dek dapat dibersihkan dengan menyikat serta mendorongnya keluar area kolam renang. Gunakan sikat dengan bulu sikat yang kuat dan kaku serta tambahkan bahan-bahan pembersih yang akan sangat memperingan pekerjaan. Bahan pembersih lantai ini disesuaikan dengan jenis lantai dek kolam renang Anda, disarankan untuk berkonsultasi pada jasa perawatan kolam renang untuk mendapatkan nama produk pembersih yang sesuai dengan dek kolam renang Anda.  Tak ada salahnya, sesekali menyewa atau menggunakan jasa perawatan untuk membantu Anda membersihkan dek kolam renang ini. Sekaligus Anda dapat melihat cara serta bahan yang digunakan untuk proses pembersihan yang benar.

Catatan Penting : pastikan bahwa bahan pembersih yang digunakan untuk dek tergolong Aman jika masuk ke kolam renang. Karena, saat membersihkan dek, ada sebagian cairan yang lari ke kolam.

Umumnya, bahan yang digunakan untuk membersihkan dek kolam renang adalah TSP (tri sodium phosphate). Tambahkan secangkir TSP ke segalon air, dan gunakan alat pembersih pressure washer untuk hasil yang lebih maksimal. Sebagai alternatif atau tambahan opsi manual, Anda dapat menggunakan sikat yang memiliki gagang cukup panjang Agar tidak perlu membungkuk saat membersihkan dek kolam renang.

Sedangkan untuk membasmi bakteri dan segala macam organisme pantogen yang menggangu, dek kolam renang perlu di sterilkan.  Banyak obat-obat pembasmi lumut, alga, dan bakteri yang beredar di pasaran. Carilah bahan serta alat untuk mengaplikasikan bahan kimia ini di toko peralatan kolam renang atau perkebunan. Bilaslah dek kolam dengan air bersih setelah mengaplikasikan bahan tersebut.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Lebih baik merawatnya secara rutin daripada nantinya direpotkan oleh berbagai macam permasalahan di dek kolam renang Anda. Selain untuk menjaga keindahan serta kebersihan, perawatan rutin ini juga menambah keamanan pengguna kolam renang, dengan lantai dek yang terhindar dari lumut atau organisme lain yang dapat menyebabkan lantai menjadi licin dan berbahaya bagi keselamatan pengguna kolam renang Anda dan keluarga.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP