Blog

HomeArtikelTahapan pengisian air dalam pembuatan kolam renang
pembuatankolamrenang-62pembuatankolamrenang-62

Tahapan pengisian air dalam pembuatan kolam renang

Dalam tahapan pembangunan kolam renang, pengisian air bersih untuk kolam renang masuk dalam tahap akhir setelah finising. Sering juga dimasukkan ke dalam tahap finisihing. Setelah keseluruhan kontruksi, pemasangan kramik, peralatan / mesin primer, finising dek, dan tahap lainnya telah selesai yang terakhir adalah memberikan Air pada kolam renang tersebut. Pemberian air pada kolam renang di lakukan terakhir untuk menghindari tercemarnya air dengan bahan / sisa kontruksi kolam renang yang ada di sekitarnya. Jadi sekitar kolam renang Wajib dalam kondisi bersih.

Pada proses pengisian air kolam renang, air tersebut perlu diberi treatment pertama kali untuk menjernihkan air serta menetralkan air dari organisme-organisme yang dapat mengganggu keseimbangan air kolam renang. Treatment awal ini sangat direkomendasikan dan sesungguhnya wajib pada saat pengisian air kolam renang pertama kali, jika Anda memilih mengisi air kolam renang dengan sumber mata air tanah / ledeng / PDAM / atau sumber-sumber terdekat. Kecuali, jika Anda memilih air kolam renang yang telah siap Pakai, Namun, harga air kolam renang siap pakai ini tidaklah murah. Jika kolam renang pribadi, alangkah baiknya memilih mengisi air dengan air yang ada di dekat kolam renang, Hal ini dapat mengemat biaya. Tentu ada plus minus nya, namun dari segi kesehatan tetaplah sama.

Berikut ini tahapan pengisian air dalam pembuatan kolam renang.

Pertama, Anda perlu menyiapkan beberapa tipe  bahan chemical ( obat kimia ) untuk kolam renang seperti berikut ini. 1) Kaporit 60%, 2) soda ash, 3) PAC 4) terusi 5) tawas .  Takaran untuk masing-masing bahan kimia trsebut menyesuaikan dengan volume air yang dapat ditampung kolam renang Anda dengan kata lain menyesuaikan dengan volume air yang akan Anda gunakan untuk kolam renang. Setelah bahan bahan tersebut siap, Lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Kedua, Pengaturan sistem mesin sirkulasi dan pemipaan Anda. Sebelum memasuki proses pemberian bahan-bahan kimia yang telah disiapkan di tahap awal / pertama, Anda perlu mensetting / mengkondisikan mesin dan sistem sirkulasi kolam renang dalam kondisi seperti berikut. 1) Mesin kolam renang dalam keadaan mati ( Mesin off) 2) Filter dalam posisi recerculate 3) Skimmer, pipa ke arah vaccum dalam kondisi terbuka 4) Pipa ke arah main drain / main drain dalam kondisi tertutup (off) . 5) Pipa ke arah balance tank tertutup (off) point 5 ini hanya untuk kolam renang dengan sistem over flow atau semi over flow. 6) Pipa pembuangan ( waste) dalam kondisi tertutup / off.

Tiga, Larutkan kaporit dengan air lalu Masukkanlah larutan chemical kaporit 60% tersebut kedalam skimmer / lubang vaccum kolam renang.

Keempat , Larutkan soda ash dan terusi dengan air, lalu masukkan kedalam skimmer / lubang vacum kolam renang.

Kelima, Larutkan PAC dan terusi dengan air, lalu masukkan kedalam skimmer / lubang vacum kolam renang.

Keenam, Larukkan tawas dengan air lalu masukkan kedalam lubang vaccum / skimmer kolam renang.

Ketujuh, Kondisikan mesin dan sistem sirkulasi seperti berikut. 1) mesin dalam kondisi mati (off) 2) filter dalam posisi filter 4) pipa kearah vaccum tertutup (off), 5) pipa maindrain (on) 6) pipa ballancetank (on) 7) pipa pembuangan / waste (off) 8) Setelah terkondisikan, Nyalakan mesin sekitar 8-12 Jam terhitung dengan tipe pompa serta volume air kolam renang Anda, Agar seluruh air kolam renang telah melalui sistem sirkulasi. Untuk perhitungan waktu keseluruhan dapat Anda lihat di artikel tentang pemilihan pompa untuk kolam renang.

Setelah melalui periode waktu tersebut dalam artian seluruh air kolam renang telah melalui sistem sirkulasi kolam renang, Anda perlu untuk mendiamkan air setidaknya 3 jam atau lebih untuk melihat Hasil reaksi dari bahan kimia tersebut yang berupa endapan pada kolam renang Anda. Selanjutnya, Lakukan pembersihan endapan kotoran tersebut dengan proses vaccum . Untuk memaksimalkan Hasil, Anda dapat melakukan proses vaccum eksternal selain memanfaatkan dari sistem sirkulasi Anda. Serta jangan lupa untuk melakukan test pH dan klorin pada air tersebut, Jaga keseimbangan air kolam renang Anda.

Written by / 68 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!