Blog

HomeArtikelTahapan Pembuatan Kolam Renang ( Planning )
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Tahapan Pembuatan Kolam Renang ( Planning )

Secara umum, pembuatan kolam renang memiliki 5 tahapan PENTING, yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Hal ini perlu diketahui agar :

  • Rencana pembuatan kolam renang Anda berjalan dengan lancar.
  • Pembangunan kolam renang tidak berhenti di tengah jalan
  • Meminimalisir Hambatan yang dapat menganggu proses pembuatan kolam renang
  • Kolam renang Anda finish / jadi sesuai dengan yang Anda inginkan, dan
  • Tidak ada penyesalan ketika kolam renang telah selesai.

Lima tahapan tersebut, tidak akan di bahas langsung dalam satu artikel ini, Kita akan membahasnya per tahap sehingga dapat lebih rinci dan tidak membuat Anda kesulitan saat membacanya. Berikut ini 5 tahap pembuatan kolam renang dari awal hingga selesai.

  1. Perencanaan
  2. Persiapan & eksekusi rencana pembangunan tahap awal
  3. Kontruksi kolam renang
  4. Proses penyelesaian ( finishing)
  5. Perawatan kolam renang.

Dari kelima tahap tersebut, sudah sampai mana proses Anda saat ini ? Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kondisi saat ini, Apakah Anda baru akan merencanakan, atau sudah memiliki rencana kolam renang dan desain yang Anda inginkan, bisa juga Anda sekarang sudah bekerja sama dengan pihak kontraktor pembangunan kolam renang dan telah memasuki tahap Pembangunan kolam renang Anda. Silahkan di sesuaikan.

Tahap Perencanaan ( Planning )


Mengapa membangun Anda berencana membangun kolam renang ?
Untuk jawaban dari pertanyaan ini, tentu saja setiap orang / pribadi memiliki jawaban yang berbeda-beda. Namun terkadang muncul pertanyaan berapa banyak waktu yang kita luangkan untuk keluarga ? kesibukan¬† bekerja terlalu memakan banyak waktu dan pikiran sehingga sesampai di rumah kondisi fisik dan pikiran tidak memungkinkan untuk secara maksimal berkumpul dan bersenda gurau bersama anak-anak. Salah satu solusi yang mungkin terpikirkan adalah membangun sarana rekreasi di rumah. Kolam renang, YA… tapi… Harga ? Bayangkan saja Seberapa senang Anak anda dapat bermain air bersama teman-temannya, atau Kesenangan yang akan keluarga anda nikmati saat berkumpul di area kolam renang dengan suasana Santai. Tidak perlu keluar rumah dan menghabiskan waktu efektif tersebut di jalan, serta perbincangan dan komunikasi yang tidak dapat Anda keluarkan di tempat umum dapat diutarakan di area rekreasi pribadi tersebut.

Bisakah membangun kolam renang itu sendiri ? dengan mencicil-cicil di saat hari senggang ?
Berbeda dengan kolam ikan / hiasan yang berada di taman dengan tujuan bukan untuk berenang dan kapasitas air tidak sebanyak Kolam renang. Dinding dan lantai beton kolam renang memerlukan tipe kontruksi yang lebih rumit.  Hal tersebut karena diperlukan lapisan waterproof yang terkandung dalam dinding / lantai kolam renang, sehingga mampu menahan tekanan air. Kontruksi beton pun tidak sama dengan pondasi / dinding rumah Anda, ada konsentrasi tersendiri untuk perhitungan perbandingan antara setiap elemennya. Maka dari itu, kami sangat merekomendasikan pembangunan kolam renang (beton) percayakan kepada jasa kontruksi / kontraktor kolam renang yang memiliki reputasi baik dan berpengalaman.

Perlukah izin untuk pembangunan kolam renang ?
Kebanyakan pembangunan kolam renang pribadi tidak memerlukan perizinan resmi. Selama peletakannya inground , di beranda belakang rumah, halaman depan. Namun, jika Anda membangun kolam renang di Lantai atas, Ada baiknya mengkomunikasikan ini kepada warga sekitar, karena posisi di atas ini Rawan, dan perlu pengawasan double oleh pihak pengawas yang memahami bidangnya, agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan. Walaupun demikian, komunikasikan hal tersebut kepada RT/RW di lokasi tersebut, agar manajemen dan proses dapat berjalan lancar. Sebagai contoh, jika ada pemeriksaan penampungan air, Kolam renang Anda masuk ke daftar tersebut.

Seberapa besar / ukuran kolam yang akan Anda bangun ?
Besar kecilnya ukuran kolam renang yang Anda inginkan tentu saja perlu menyesuaikan dengan lahan yang tersedia untuk kolam renang tersebut, tidak ada persyaratan pasti untuk kolam renang, namun sewajarnya antara panjang dan lebar dua banding satu. Setidaknya minimal dua setengah meter atau tiga meter agar nampak seperti kolam renang, Berbeda untuk kolam spa ( relaksasi ) yang digunakan untuk berendam. Kolam renang Anda sebaiknya di desain untuk memanjang agar terdapat ruang bergerak.

Untuk kedalaman kolam renang perlu menyesuaikan dengan tujuan kolam renang itu sendiri, dengan lahan luas Anda dapat memberikan opsi varian kedalaman kolam, untuk anak-anak dan dewasa. Kedalaman menyesuaikan rencana fungsional kolam renang tersebut, apakah untuk diving ( menyelam ), olah rga renang secara serius, atau rekreasi , relaksasi.

Setelah Anda dapat memutuskan ukuran kolam renang, Anda perlu memikirkan point-point seperti akses masuk kolam renang, kabel underground, pipa, dan perlengkapan peralatan lainya. Semisal akses in – out dari kolam renang, tangga. Direkomendasikan untuk menggunakan tangga beton di sisi tertentu, ini akan memudahkan akses keluar dan masuk kolam renang.

Bentuknya bagaimana ? Tipenya ?
Seperti yang telah di sebutkan di atas, fleksibelitas desain untuk kolam renang tergantung keinginan Anda. Kebanyakan tipe yang digunakan adalah variasi standar persegi panjang, dengan bentu L, untuk memisahkan antara kedalaman kolam renang Anak dan dewasa. Ada banyak variasi bentuk kolam, namun perlu di ketahui semakin sulit bentuk ( shape ) kolam tersebut, akan memakan lebih banyak biaya di tenaga serta waktu pengerjaan.

Peralatan apa saja yang diperlukan ?
Peralatan yang paling utama adalah Pompa, filter, serta elemen lain penyusun sistem sirkulasi. Penjelasan lebih lengkap tentang sistem sirkulasi ada di artikel mengenal sistem sirkulasi dan tentang peralatan lain ada di artikel sebelumnya peralatan yang harus ada di kolam renang.

Kolam renang didalam ruang (indoor pool) ?
Beberapa costumer kami memutuskan membangun kolam renangnya tertutup / didalam ruangan. Hal tersebut memerlukan beberapa peralatan tambahan untuk menjaga Air agar tetap pada kondisi terbaiknya. Namun, ada keuntungan lebih dari indoor pool itu sendiri. Kotoran seperti daun, serangga, plastik dapat lebih terjaga dari pada kolam renang yang berada di luar ruangan. Pilihan ini kembali kepada Anda dan menyesuaikan lingkungan / ruang yang tersedia.

Posisi kolam yang baik ( ideal )?
Ketika anda sudah memutuskan untuk membangun kolam renang, menentukan posisi kolam renang sudahlah pasti pilihan Anda, Namun, berkonsultasi kepada orang yang bergerak di bidangnya akan menambah informasi. Nah, untuk menentukan posisi kolam ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut.

  1. Kolam renang seharusnya diposisikan jauh dari pepohonan, agar sinar matahari dapat diterima kolam secara optimal. Selain itu juga akan membantu meringankan pekerjaan saat banyak dedaunan kering yang jatuh dari pohon. Plus lainya adalah menghindari dorongan Akar pohon yang mampu merusak kontruksi kolam renang.
  2. Posisinya dekan dengan rumah, ruang yang digunakan untuk berganti pakaian, toilet dan sumber listrik.
  3. Peralatan filterasi terkadang memerlukan tempat tertutup serta suplay listrik, ruangan kosong yang berada teras belakang rumah dapat digunakan untuk meletakkan alat ini.
  4. Akses suply air Lancar, jika Anda menggunakan air dari PDAM, atau Sumur ada baiknya memikirkan hal ini. Serta, jika Anda menggunakan tipe kolam overflow, maka sebaiknya ada jalan akses mobil yang dapat mendekati kolam renang Anda. Karena ada kalanya Anda perlu menggunakan Suplay air dari tangki penyedia air bersih untuk mengganti Air kolam renang Anda saat – saat tertentu.
  5. Adanya tempat untuk bersantai di dekat kolam renang, tempat duduk yang dapat digunakan saat kondisi tubuh basah,
  6. Ada baiknya juga untuk menyediakan akses jalan kaki di pinggiran kolam renang.
  7. Terlindung dari angin.
  8. Penyesuaian tegangan listrik yang diperlukan pompa, serta peralatan elektrik lainya. Jangan sampai menggangu tegangan listrik untuk rumah Anda.

Mempersiapkan Dana Pembangunan dan merancang dana untuk Perawatan Rutin.

Hal yang paling mendasar berkaitan dengan perancanaan pembangunan adalah mempersiapkan anggaran dana awal untuk memulai pembangunan. Anda tidak perlu merinci Dana secara mendetail pada proses perencanaan ini, yang Anda perlu ketahui hanyalah kebutuhan rencana biaya yang diperlukan untuk pembangunan sebuah kolam renang. Anda dapat meminta RAB ini kepada konsultan kolam renang, dan membandingkan RAB satu perusahaan dengan perusahaan jasa kolamrenang lainnya. Di dalam RAB akan terlihat jelas pembagian tahapan dana yang perlu anda persiapkan. Selain mempersiapkan dana pembangunan, Anda juga perlu mempersiapkan perencanaan dana untuk perawatan. Agar kolam renang Anda tetap terjaga kesehatan dan keamanannya.

Melihat kebanyakan tipe kolam renang saat ini, mungkin air kolam hampir tidak pernah dikosongkan terkecuali saat renovasi / perbaikan dalam sekala besar. Perawatan air kolam renang secara rutin dan kontinu untuk mempertahankan kualitas air yang baik dengan memenuhi standar kimia, fisik dan biologi dapat meminimalisir perubahan kualitas air kolam renang dan menjaga peralatan-peralatan kolam renang itu sendiri. Saat ini telah banyak penawaran, pilihan jasa perawatan kolam renang yang dapat membantu Anda menjaga dan merawat keamanan air kolam renang dengan harga yang bersahabat.

Saat ini, dibekali dengan pengalaman serta bantuan teknologi yang semakin canggih, perawatan kolam renang rutin hanya memerlukan sekitar 20-30 menit setiap minggunya. Pada musim penghujan perawatan air kolam renang biasaya memerlukan frekuensi dua kali dari frekuensi biasa, seminggu dua kali. Hal ini akan sangat meringankan pekerjaan dan menghemat biaya, dari pada Anda harus mengganti air kolam renang secara keseluruhan. Silahkan melakukan perhitungan pribadi, setiap memanggil 1 unit mobil tanki yang membawa air bersih ke kolam Anda memerlukan biaya berapa, bandingkan biaya dengan menggunakan jasa perawatan kolam renang.

Mempersiapkan Pilihan peralatan tambahan untuk menghiasi kolam renang Anda.
Memberikan efek air terjun atau semprotan air pada pinggir kolam renang akan menambah keasikan sendiri serta memberikan nuansa hidup pada kolam renang. Hanya dengan menambahkan water jets Anda dapat menambah suasana kehidupan dan kemeriahan kolam renang.

Menggunakan hiasan dinding seperti keramik dengan motif-motif tertentu atau pemilihan mozaik keramik perlu anda perkirakan sejak awal. Hal ini akan sangat mempermudah Anda untuk menghitung Rencana Anggaran Belanja dari awal hingga kolam renang selesai di bangun sesuai keinginan Anda. Memillih mozaik keramik dan menentukan motif yang ingin , Anda juga dapat mengkombinasikan beberapa warna mozaik keramik sehingga membentuk motif tertentu pada dinding / lantai kolam renang.

Pencahayaan bawah air perlu di putuskan dari awal, karena ini menyangkut pada proses Instalasi elektrikal sebelum pengecoran. Bersamaan dengan instalasi sirkulasi jalur pipa, posisi inlet outlet. perlu di pastikan sejak awal anda telah memutuskan ukuran, bentuk kolam renang tersebut.

Banyak peralatan-peralatan pelengkap dan pendamping yang dapat anda pilih untuk menghiasi kolam renang Anda.

Keamanan
Terakhir namun yang terpenting, Anda harus selalu memikirkan aspek keamanan dan keselamatan untuk kolam renang Anda, terutama ketika ada anak-anak, kakek nenek yang belum bisa berenang menggunakan kolam renang tersebut, serta jangan biarkan binatang peliharaan Anda masuk ke kolam renang tanpa pengawasan tertentu. Untuk menjaga keamanan tersebut, berikut ini beberapa rekomendasi yang dapat anda pertimbangkan saat memperkirakan desain kolam renang Anda.

  1. Posisikan kolam renang dekat dengan rumah dan terlihat dari jendela dapur / ruang keluarga
  2. Pasanglah pelindung pada bagian yang dianggap berbahaya jika anda memiliki anak yang masih kecil
  3. Jika perlu, Buatlah pagar mengelilingi kolam renang Anda.
  4.  Selalu sediakan pelampung di tengah-tengah kolam renang
  5. Pastikan pemosisian akses keluar masuk kolam renang benar, tangga dapat digunakan dengan mudah dan tidak licin.

Dengan memperhatikan point-point tersebut , Anda dapat memudahkan pemikrian / penggambaran desain perencanaan kolam renang yang Anda inginkan. Ada baiknya jika Anda memilih untuk berkonsultasi pada pihak yang menangani bidangnya, mengutarakan keinginan anda dan meminta bantuan mereka untuk memandu Anda menentukan pilihan yang tepat. Namun perlu di ingat, Andalah yang memilih, jasa konsultasi tersebut hanya memberikan optional, informasi tambahan, dan memandu Anda.

Written by / 36 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!