Blog

HomeArtikelSolusi Permasalahan Drainase di area kolam renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Solusi Permasalahan Drainase di area kolam renang

Air akan selalu mencari tempat yang lebih rendah, hal ini sudah menjadi pengetahuan umum. Namun, sudah benarkan perencanaan drainase atau sistem pengaliran air di kolam renang Anda. Yang kita bahas di sini adalah air dari luar yang dapat masuk ke kolam akibat instalasi / kontruksi pembangunan lantai yang tidak memperhitungkan sistem aliran air.

Seharusnya, air hujan atau air dari luar yang ada di area lantai / dek kolam renang dapat diarahkan ke luar lingkungan, tentunya hal ini akan melibatkan kemiringan lantai atas kolam. Karena, air hujan yang telah mencapai tanah, jika mengalir ke kolam, akan melarutkan sejumlah kotoran dan tanah. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kondisi kolam renang Anda.  Kesalahan yang fatal dapat menyebabkan air kolam menjadi keruh kecoklatan, dan terdapat banyak endapan pasir / tanah di dasar kolam renang.

Tanah yang terlarut oleh air hujan, dan masuk ke area kolam renang dapat mengandung fosfat, nitrat, mikroba dan berbagaimacam makhluk mikroskopis yang tentunya sangat mempengaruhi kadar klorin bebas di kolam renang. Menurunnya klorin akan berdampak pada pertumbuhan kontaminan organisme yang dapat menggangu kesehatan pengguna dan kondisi kesimbangan air kolam.

Nah, dari beberapa paragraf di atas, setidaknya kita sudah memahami kenapa drainase atau pengendalian air dari likup eksternal perlu di kontrol dan diarahkan menjauh dari area kolam renang.

Kami masih dapat mengingat beberapa kolam renang yang mengalami permasalahan drainase ini. Air kolam renang tampak keruh kecoklatan, dan disetiap hujan akan ada luapan air yang masuk ke area kolam renang dengan membawa berbagai macam laurtannya. Sehingga di dasar kolam renang terlihat endapan tanah / lumpur yang terlihat coklat. Kebanyakan kolam renang di area perbukitan mengalami hal ini, karea turunnya air dari atas gunung, dapat meluap dan dinding penahan (selokan) tidak mampu menampung kapasitas air yang melaluinya. Sehingga air meluap dan ada yang masuk ke area kolam renang.

Untuk membersihkannya, kita hanya perlu melakukan vakum buang, seperti yang telah di bahas di artikel sebelumnya. Pemilihan vakum buang bertujuan agar filter kolam renang kita tidak cepat kotor yang tentnunya akan mempengaruhi masa guna dari filter tersebut. Setelah lantai dasar bersih dari endapan, kita perlu melakukan penyeimbangan air dan melakukan shock treatment. Selain mengguanakn klorin ( kaporit ) kami biasanya menambahkan bahan kimia lain seperti Almunium Sulfate untuk mengendapkan kotoran ke dasar kolam renang. Selanjutnya tinggal membersihkan endapan endapan yang ada di lantai dasar kolam renang dengan vakum buang. Namun, penggunaan fosfat tentu akan mempengaruhi kondisi keseimbangan air kolam, maka dari itu, kita perlu menyeimbangkan pH dan alkalinitas serta melakukan shock treatment lagi jika diperlukan. Setelah klorin turun ke kondisi ideal, kita perlu menambahkan Phosphate Remover atau penghilang pospat untuk menetralisir pospat dan nitrat.

Mungkin, meluapnya air ke area kolam renang bukanlah hal yang perlu di besar-besarkan, dan banyak pemilik kolam renang mengangapnya biasa dan hanya akan menyebabkan permasalahan kecil / sederhana. Tentu saja tidak semua orang mau untuk keluar saat hujan deras dan melihat drainase / sistem pengaliran air berjalan sebagaimana  mestinya. Tapi, jika secara continu atau terus menerus adanya air hujan yang membawa tanah ke area kolam renang setiap bulannya atau lebih sering, maka hal ini cukup untuk merangsang melejitnya tingkat phospat dan kolam renang Anda menjadi gudang dari gangang dan pertumbuhan alga. Hal ini terjadi jika Anda mengabaikan dan tidak melakukan perawatan rutin. Di samping itu, jika setiap hujan deras kita perlu melakukan shock treatment dan berbagai macam perawatan seperti yang disebutkan sebelumnya, tentu akan sangat merepotkan. Maka dari itu, pembenahan sistem drainase sangat diperlukan.

  • Masalah 1 : Penyebab utama masukknya air ke area kolam renang adalah ketinggian permukaan yang berbeda. Ketika dek kolam renang lebih rendah dari lingkungan sekitarnya, maka air akan cinderung lari ke arah kolam renang. Salah satu penyebab alami perubahan ketinggian tanah adalah dari dorongan akar pohon yang cukup besar. Memang hal ini tidak terjadi dalam sekejap. Namun, ketinggian tanah secara continu akan terdorong naik oleh akar pohon setiap tahunnya. Maka dari itu, hindarilah adanya pohon besar di dekat area kolam renang.
  • Masalah 2 : Ketika hanya sebagian dari dek kolam renang yang lebih rendah dari area sekelilingnya, hal ini sering terjadi akibat perencanaan dan penempatan kolam renang yang tidak tepat. Bukannya membuat dek lebih tinggi dari area sekitarnnya. Selain itu, penurun tanah juga dapat menjadi penyebab turunnya dek kolam renang di area tertentu. Sehingga menyebabkan area tersebut lebih rendah dari area sekitarnya.
  • Masalah 3 : Ketika tanah tertumpuk di sudut tertentu atau terjadinya sumbatan pada pergerakan air pada drainase kolam renang Anda. Sehingga air hujan akan meluap dan mengarah ke kolam renang. Jika tersumbat oleh dedaunan atau kotoran besar, tentu akan mudah terlihat dan dengan perawatan rutin hal ini dapat dihindari. Namun, penumpukan tanah atau pasir akan berjalan secara perlahan dan jarang sekali terditeksi, sebelum kita melihat air di selokan atau drainase lainnya tidak mengalir selancar biasanya.

Mengatasi Drainase Kolam Renang Yang Buruk.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaUntuk kolam renang yang mengalami hal-hal di atas akibat dari instalasi atau perencanaan pembangunan yang kurang baik. Maka ada solusi untuk memberikan atau menambahkan sekat dengan ketinggian tertentu  di sekeliling dek kolam renang untuk mencegah air tanah masuk ke area kolam renang. Namun sebelum memutuskan cara mengatasi hal tersebut. Sebaiknya Anda perlu melakukan penditeksian sumber  atau penyebab meluapnya air masuk ke area kolam renang.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan wadah resapan air dan mengarahkannya ke luar area kolam renang. Anda hanya perlu menggali di beberapa area di sekitar kolam renang. Lalu membuat lubang peresapan drainase seperti gambar di bawah ini. Ada kemungkinan di sekitar area kolam renang Anda sudah pernah dilakukan instalasi seperti ini, namun bisa saja pipa drainase yang ada di dalamnya mengalami penyumbatan atau sudah rapuh.

Solusi lainnya jika permasalahan air bersal dari luar area kolam renang, maka Anda perlu membuat drainase baru dengan metode sederhana yang memanfaatkan rongga ronga resapan kemudian di pasang pipa yang diarahkan keluar area kolam renang. Salah satu produk yang dapat Anda gunakan seperti gambar di bawah ini.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Written by / 85 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!