Blog

HomeArtikelSediakan Perlengkapan Ini Untuk Membersihkan Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Sediakan Perlengkapan Ini Untuk Membersihkan Kolam Renang

Setelah pengujian dengan berbagaimacam alat uji, perawatan kimia (chemical) untuk menyeimbangkan atau mengidealkan kondisi air kolam renang, serta membebaskannya dari beragam kontaminan yang menggangu kesehatan yang dilanjutkan dengan  Pembersihan Elemen Utama kolam renang seperti filter dan pompa. Langkah terakhir dalam rangkaian perawatan kolam renang adalah membersihkan area kolam renang.

Langkah-langkah dalam membersihkan kolam renang ini meliputi Brushing, Netting, Vacumming dan tahapan membersihkan umumnya. Sebelum Anda memulai tahap ini, ada beberapa peralatan yang umumnya harus tersedia di setiap kolam renang dan harus dimiliki oleh pemilik kolam renang. Harga dari peralatan ini, tergantung dari kualitas dan fitur-fitur yang ditawarkannya. Terutama untuk peralatan vakum, di pasaran telah tersedia beragam pilihan dan penawaran yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

Berikut ini perlengkapan yang Anda perlukan untuk membersihkan kolam renang.

  • Stick / Tongkat Pemanjang untuk kolam renang
  • Jaring ( leaf skimmer )
  • Sikat Kolam Renang
  • Set peralatan vakum
  • Selang ( yang sesuai vakum )
  • Sikat Keramik
  • Sabun Pembersih Kolam Renang

Selalu ingatlah untuk meletakkan segala macam perlengkapan ini di suatu ruangan khusus untuk gudang perlengkapan kolam renang. Agar selalu terkondisikan, dan teroganisir sehingga Anda tidak perlu bingung mencari ketika peralatan tidak di letakkan pada tempat yang sama. Letakkanlah pada tempat yang tertutup dan terlindungi dari hujan dan sinar matahari, karena akan cepat rusak dan rapuh.

Tongkat Pemanjang – Kami telah banyak menjumpai tongkat holow ekspansi dengan berbagai macam jenisnya dan berbagai ukuran. Sesuaikanlah dengan kondisi kolam renang Anda untuk menentukan panjang tongkat yang Anda perlukan. Pastikan tongkat dapat mencapai dasar kolam renang dalam kondisi miring ( bukan hanya tegak lurus ) karena kita perlu menyikat hingga tengah dasar kolam renang, dari tepi / pinggir bibir kolam renang.  Salah satu tipe / jenis yang saya sukai adalah tongkat dengan fitur memutar untuk mengencangkan antar satu tongkat ekspansi dan lainnya.

Jaring ( leaf skimmer) – tidak ada perbedaan yanng terlalu signifikan untuk dibandingkan antar satu jenis dan jenis lainnya yang ada di pasaran tentang jaring. Anda dapat menggunakan jaring biasa jika sudah memilikinya, namun hindari bahan kerangka yang terbuat dari material organik seperti bambu / rotan. Salah satu yang dapat menjadi pertimbangan adalah kualitas material dari jala yang ada. Karena kualitas yang baik dan perawatan alat yang tepat akan membuat alat tersebut awet dan tidak cepat lapuk.

Jaring yang di khususkan untuk kolam renang dapat menjadi opsi terbaik yang bisa Anda pilih, karena ukuran tangkai genggaman (diameter) akan sama dengan tongkat pemanjang ( ekspansi ) yang sudah di jelasakan sebelumnya. Jika ragu, Direkomendasikan untuk membeli peralatan ini sambil memperhatikan spesifikasi atau keterangan yang ada di prodak, sehingga stik pemanjang dapat fit masuk untuk memperpanjang jangkauan jaring.

Sikat Kolam Renang – Ada tiga varian atau tipe untuk sikat kolam renang berdasarkan bahan dasar material sikatnya yang umumnya  ada di pasaran.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

  • Bulu Sikat dari Logam ( kawat ) – material ini dapat menyebabkan pengikisan pada permukaan dasar kolam renang dan tentunya akan merusak finising pada permukaan lantai dasar kolam renang. Material jenis ini akan sangat diperlukan atau sangat tepat digunakan pada kondisi ekstrim / membandel. Seperti saat pembersihan kolam renang yang dasarnya memiliki banyak noda dan tersebar luas.
  • Bulu Sikat dari Nylon – Lembut dan bersahabat pada permukaan finishing kolam renang Anda, tidak seperti kawat yang dapat mengikis permukaan finising. Sikat jenis ini wajib di pilih bagi Anda yang memiliki kolam renang dangan finishing vinyl ataupun fiberglass. Namun, alat ini kurang awet, terutama jika Anda biarkan tergeletak di area yang terekspos sinar matahari langsung. Bulu sikat akan cepat rapuh, dan tentu akan sangat mengesalkan jika saat menggunakan sikat ini, bulu sikat berguguran dan justru menambah kotor kolam renang Anda.
  • Kombinasi dari kedua material di atas.- sebagai solusi jalan tengah, hadirlah tipe sikat yang materialnya merupakan kombinasi dari kedua material sebelumnya, sehingga akan sangat sesuai untuk semua jenis kolam renang. Tentunya, sikat jenis ini menjadi favorit bagi seluruh kalangan pemilik kolam renang.

Vacuum Head – Banyak tipe dan variasi dari kepala vakum yang memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing. Untuk kolam renang yang memiliki bentuk sederhana dan tidak banyak lekukan, vakum head yang standar dapat menjad pilihan yang tepat. Namun, jika kolam renang memiliki lekukan dan bentuk yang cukup rumit sehingga sulit untuk di jangkau vakum head standar, maka Anda perlu memiliki vakum head yang khusus di desain menyesuaikan bentuk dari kolam renang Anda. Permasalahan untama dalam pemilihan kepala vakum ini adalah jangkauannya hingga ke pojok-pojok dasar kolam renang. Selain itu, berat dari kepala vakum juga perlu dipertimbangkan, agar dapat mencapai dasar dan membersihkan lantai bawah maksimal.

Contoh Gambar Vacuum Head ( Kepala Vakum) 

Vacuum Hose – Menjadi stau kesatuan dengan set vakum, namun jika dirasa memerlukan tambahan selang untuk vakum, maka Anda perlu membelinya secara terpisah. Standarnya, selang yang ada di pasaran terbuat dari plastik, selain murah,  keelastisannya tak perlu di ragukan lagi. Dengan desain spiral yang membuat selang tidak mudah terlipat dan menyumbat jalan air. Ada juga material selang yang terbuat dari campuran beberapa material seperti karet dan kawat, Memang selang ini lebih awet dan tidak akan terlipat. Selain itu, selang ini juga lebih berat dibanding material plastik. Untuk memilih jenis vacuum hose ini, yang perlu Anda pertimbangkan adalah material dan panjangnya.

Memilih dan menggunakan pengerucut kepala vakum yang tepat (vacuum cone)

Contoh Kepala Tambahan untuk pengerucut selang vacuum

Untuk memaksimalkan tekanan air, dan memastikan agar sambungan terpasang rapat, ada kepala atau ujung tambahan yang perlu di pasang di selang vakum Anda. Dua alat sederhana ini akan lebih mempermudah kita saat menghubungkan selang dengan skimmer ataupun lobang vakum. Pastikan Anda memilih ukuran atau diameter yang sama dengan selang yang Anda miliki dan disesuaikan dengan fungsinya.

Sebagai contoh pengaplikasian vacuum cone saat membersihkan lantai kolam renang, menggunakan tenaga pompa sirkulasi dalam posisi tuas filter waste/filter (sesuai kondisi). Pertama-tama pastikan pompa pada kondisi mati dan tidak ada arus / tekanan air yang masuk di area skimmer kolam renang. Ambilah selang vakum, dan pasangkan ujung cone ke salah satu ujung selang. cobalah untuk memasangkannya ke lobang skimmer. Pertama-tama gunakan cone dengan ukuran normal “A”. Jika saat Anda memasukkan cone ini ke lobang skimmer, pastikan terpasang dengan rapat. Namun, jika tidak rapat karena lobang skimmer yang lebih besar, maka gunakanlah cone ekspansi atau tambahan “B” atau “C”, untuk membuat kerapatan yang sempurna, agar selang tidak lepas atau masuk terlalu dalam ke jalur pemipaan.

 

Written by / 85 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!