Blog

HomeArtikelPERMASALAHAN AIR KOLAM RENANG AKIBAT ALGA
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

PERMASALAHAN AIR KOLAM RENANG AKIBAT ALGA

Masuknya alga ke kolam renang tidak dapat dihindari, karena spora alga yang berbentuk sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata telanjang. Spora alga ini dapat masuk ke kolam renang karena terbang terbawa angin, hujan, bahkan dari perlengkapan pembersih kolam renang ataupun dari pakaian yang digunakan perenang. Saat spora alga ini masuk ke kolam renang, dan kodisi kolam renang mendukung pertumbuhannya alga akan tumbuh dan berkembang hanya dalam hitungan jam. Kondisi yang di maksud ini termasuk kadar keseimbangan air, suhu yang hangat, sinar matahari, dan kandungan nitrat, fosfat dan atau karbon dioksida di air. Kurangnya sirkulasi air, filterasi, dan sinitasi menjadi penyebab utama tumbuhnya alga di kolam renang.

Makhluk hidup ini dapat berkembang biak dengan cepat terutama di kondisi air yang hangat dan siang hari (cahaya matahari) cerah. Adanya klorofil pada alga membuktikan bahwa ia berfotosintesis. Artinya, mereka akan mengambil senyawa karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Alga memang memerlukan mata hari, namun sebagian besar jenis alga hanya memerlukan sejumlah sedikit cahaya matahari untuk bertumbuh. Sehingga memiliki kolam renang di dalam ruangan bukan berarti terbebas dari makhluk yang satu ini.

Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan untuk bertahan hidup. Sedangkan kolam  renang, bagi alga menjadi gudang makanan yang lezat. Hampir setiap angin yang berhembus membawa debu yang terkontaminasi menjadi sumber utama makanan alga di kolam renang. Selain itu, dengan jumlah atau frekuensi penggunaan kolam yang tinggi juga menjadi sumber makanannya, debu-debu yang dibawa perenang di pakaian, ataupun pengikisan kulit mati manusia serta sisa-sisa sel alga yang telah mati menjadi sumber makanan untuk alga. Tak heran, jika kolam renang yang hanya sebentar terabaikan dapat ditumbuhi alga.

Walaupun kolam renang bersih dan terlihat bening segar tidak berarti terbebas dari alga. Alga akan hadir selalu walaupun dengan ukuran yang mikro. Ia akan menanti  kesempatan untuk berkembang saat kondisi klorin rendah, pH tinggi dan saat pompa serta filter tidak berjalan efisien.

Permasalahan apa yang dapat disebabkan oleh alga?

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaPermasalahan utama adalah tidak ada yang berminat untuk berenang di kolam tersebut. Kedua, membutuhkan banyak tenaga dan materi untuk membersihkan air kolam dari gangang. Ketiga, jika alga sudah tumbuh banyak, maka dimasa depan alga akan lebih mudah untuk berkembang biak. Maka dari itu, gunakanlah bahan kimia dan teknik yang tepat untuk pencegahan dan secara continu mengendalikan pertumbuhan alga di kolam renang Anda. Sehingga Alga tidak membuat kolam renang Anda terlihat buruk dan kurang menarik, serta menggangu kesehatan.

Alga akan memperkeruh dan membuat air kolam renang Anda berwarna yang sangat mengurangi kenyamanan visual. Penanggulangannya cukup sulit seperti yang telah diterangkan di paragraf pertama. Walaupun alga secara individu tidak berbahaya bagi manusia. Namun, alga ini dapat menjadi sarang dan memicu berkembang biak bakteri yang dapat membahayakan kesehatan perenang, salah satunya bakteri E-coli.

Nah, alga ini tidak berdampak pada manusianya langsung, tapi dapat menggangu sistem sirkulasi Anda. Karena jika sudah membentuk kelompok, alga akan seperti serabut-serabut yang dapat menyimbat jalur sanitasi dalam air, dan juga pertumbuhan alga yang pesat dapat mempercepat kotornya filter kolam renang sehingga Anda perlu melakukan backwasing atau pergantian media fitler.

Tergantung pada jenisnya, namun alga ini sering kali bersebuyi di celah-celah saringan, ataupun di tempat yang kasar seperti pada plester atau sela-sela antar kramik kolam renang, di belakang lampu penerangan bawah air ataupun di bawah tangga kolam. Sehingga jika diabaikan akan menodai dinding, lantai atau daerah tersebut dan mengotori kolam renang Anda. Jika kolam renang terlapisi oleh vinil, maka seringkali alga bersarang dibawah vinil tersebut, dan di area lapisan dinding atau lantai di bawah liner.

Alga ini akan membuat klorin untuk dirinya sendiri, dan ia mengkonsumsi klorin yang seharusnya bekerja untuk kontaminan jenis lain. Sehingga, dengan tumbuhnya alga ini dapat memicu pertumbuhan kontaminan lain akibat kurang efisiennya fungsi klorin sebagai pembasmi. Pengaruh lainnya adalah, pertumbuhan alga ini dapat mepengaruhi tingkat pH air kolam renang akibat dari karbondioksida yang ia hasilkan. Tingkat pH air akan naik ke arah basa.

Ibaratkan seperti rumput liar yang tumbuh di taman atau kebun pekarangan Anda. Tumbuh pada tempat-tempat yang tidak diinginkan, menambah pekerjaan untuk menebas dan mencabutinya, serta akan menyedot nutrisi yang sesungguhnya kita inginkan untuk tanaman hias yang sudah kita tanam di area tersebut. Merepotkan adalah kata yang tepat, karena akan tetap tumbuh dalam waktu yang cukup singkat.

Bagaimana Cara Mengendalikan Pertumbuhan Gangang Di Kolam Renang ?

Sinitasi yang baik, penggunaan bahan kimia yang tepat, keseimbangan air menjadi faktor utama yang dapat menghambat pertumbuhan alga. Tingginya tingkat pH dan rendahnya kadar klorin (ataupun sinitasi lain) dapat merupakan kondisi ideal untuk pertumbuhan alga. Selain itu, penggunaan stabilizer atau conditioner seperti asam sianurat untuk menjaga kadar klorin dari pengaruh sinar matahari juga akan memberikan tambahan aktivitas untuk klorin, sehingga akan memberi kesempatan tumbuhnya gangang. Kecuali, ada penambahan kadar klorin bersamaan dengan asam sianurat ini.

Perawatan kolam renang dan lingkungannya juga sangat penting. Material organik dan bakteri dapat memicu pertumbuhan alga. Rutinlah menangkat dedaunan yang masuk ke kolam, ataupun berada di sekitar kolam, sikatlah dinding dan lantai secara rutin dan pastikan sistem sirkulasi dan filterasi kolam renang berjalan setidaknya 8 jam per hari. Kontrollah kondisi media filter Anda, jika menggunakan sand filter ataupun D.E filter, lakukanlah backwashing jika permukaan sudah terlihat kotor. Nah, untuk mempermudah perawatan ini gunakanlah fitur-fitur dan perlengkapan kolam renang yang dapat membantu proses pembersihan dan menjaga kondisi air kolam.

Demikianlah artikel tentang Permasalahan air kolam renang yang disebabkan oleh Alga. Kendalikanlah pertumbuhan Alga dengan prosedur yang tepat. Jika gangang ini terlanjur berkembang dan tumbuh, maka akan lebih merepotkan untuk membasminya. Selain itu, sekali alga atau gangang ini tumbuh, akan memicu kecepatan tumbuhnya di kemudian hari. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat menyimak beberapa artikel yang berkaitan di bawah ini.

 

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP