Blog

HomeArtikelPerawatan Filter Kolam Renang Agar Tetap Efisien dan Optimal
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Perawatan Filter Kolam Renang Agar Tetap Efisien dan Optimal

Fungsi dan tujuan adanya filter yang menjadi salah satu elemen dalam sistem sirkulasi kolam renang tentunya bertujuan untuk menyaring kotoran-kotoran berukuran kecil yang mampu melewati skimmer leaf, skimmer, dan  keranjang pompa.  Maka dapat dikatakan filter ini sangat membantu pemilik kolam renang untuk menjaga keseimbangan air, kejernihan air, dan tentunya kebersihan air.  Sehingga efisiensi atau keoptimalan filter dalam menjalankan fungsinya perlu terus di jaga.

Saat ini, kita mengenal 3 jenis filter yang ada dipasaran dan dikhususkan untuk filter kolam renang dan spa. Ketiga filter ini adalah Sand Filter, Catridge Filter, dan D.E. Filter. Untuk lebih mengenal ketiga jenis filter ini Anda dapat menyimaknya di artikel Mengenal Beragam Tipe Filter Kolam Renang.

Dari ketiga jenis filter ini, tentu memiliki perbedaan spesifik pada cara perawatannya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas apa hal-hal yang perlu dirawat pada filter.

Sand Filter

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Spesifikasi tabung sand filter yang beredar di pasaran saat ini terbuat dari berbagai macam material. Diantaranya metal / logam, beton atau fiberglass yang diisi dengan pasir (sand). Saat memfilter, air yang kotor dari kolam renang yang masuk melalui jalur inlet akan diteruskan ke jalur inlet filter menggunakan tenaga dari pompa. Sehingga air kotor ini akan masuk melalui bagian kepala filter. Dengan tambahan tenaga dari gravitasi, akan menarik air kebawah melalui butiran-butiran pasir ini. Sedangkan kotoran akan terperangkap diantara butiran pasir. Pada bagian bawah tabung filter, air yang telah terfilter oleh pasir tadi akan mengalir ke elemen sirkulasi lainnya dan diteruskan ke pipa outlet untuk dikembalikan ke keolam renang.

Jika pergerakan air yang ada di dalam tabung filter ini lambat, akibat pasir pada permukaan filter sudah penuh kotoran, maka akan memicu bergeraknya indikator tekanan.  Indikator tekanan pada inlet dan outlet filter, akan memberikan keterangan pada pemilik bahwa filterasi air tidak berjalan selancar biasanya. Jika tekanan pada pipa inlet filter lebih tinggi dari tekanan pada pipa outlet, maka dapat dikatakan atau disimpulkan bahwa pasir telah tertutup / penuh oleh kotoran. Anda perlu untuk melakukan backwash pada filter ini.

Kekasaran setiap butir pasir yang digunakan untuk menjebak kotoran dan meneruskan air, seiring  berjalannya waktu akan terkikis. Pasir ini akan menjadi lebih halus dan tingkat kekasarannya berkurang. Sehingga direkomendasikan untuk mengganti pasir sebagai media sand filter ini setiap lima tahun sekali. Namun, tentunya bergantung pada jenis pasir yang Anda gunakan dan frekuensi penggunaan filter itu sendiri. Hubungi atau kontak jasa perawatan kolam renang PROfesional untuk membantu Anda mencari pasir pengganti dan menggantikannya, atau Anda dapat melakukannya sendiri.

Catridge Filters

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaFilter kolam renang dengan media katrid ini bekerja dengan cara memperangkap kotoran, debu, dan partikel-partikel yang lebih besar dari celah katrid dan tetap meneruskan air ke outlet filter. Catridge atau katrid ini akan menangkap dan menjaga kotoran-kotoran kecil tetap berada di katrid hingga Anda membersihkannya.

Filter katrid ini memiliki lebih besar penampang katrid atau lebih luas dibandingkan dengan sand filter. Sehingga memperkecil kemungkinan tersumbat atau buntunya saat proses filterasi air kolam renang.  Katrid ini juga dianggap lebih mudah perawatannya dibanding dengan sand filter. Selain itu, catridge filter memelukan lebih sedikit tekanan dibanding sand filter. Karena catridge filters memiliki lebih sedikit pantulan tekanan / tekanan balik ke pompa, sehingga aliran air di sistem sirkulasi lebih stabil.

Sistem filter katrid ini sangat mudah di rawat dan cukup terjangkau dibanding DE-Filter. Untuk perawatan filter ini, Anda hanya perlu untuk mengeluarkan katrid dari tabung, kemudian menyiram dari arah berlawanaan atau dari dalam bagian katrid dengan menggunakan selang biasa. Anda juga dapat menambahkan bahan pembersih katrid khusus untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih dan maksmial. Akan tetapi, tekanan air yang terlalu kuat Akan merenggangkan jarak Antar sekat katrid, termasuk besarnya kotoran / partikel kotoran juga dapat meninggalkan celah yang cukup besar. Sehingga, jalan terbaik untuk tetap menjaga dan memastikan filter selalu berjalan maksimal, rawatlah. Anda harus mengganti katrid ini setidaknya setelah 3-5 tahun.

Diatomaceous Earth Filters ( D.E. Filters)

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaFilter kolam renang DE filter berbeda dengan kedua tipe lainnya hanya pada media penyaringnya. Pada prinsip kerjanya sama seperti  sand filters akan tetapi, pada DE Filter, yang digunakan sebagai media penyaring adalah butiran-butiran DE.  Filter jenis ini merupakan filter yang paling efektif dan optimal dalam menyaring kotoran. DE merupakan bubuk atau serbuk yang butirannya sangat kecil, didapat dari proses penghancuran fosil exoskeletons of diatoms. Karena butirannya yang kecil, sehingga diperlukan grid atau jaring-jaring serabut filter untuk menjaga agar DE tidak ikut terbawa ke air akibat dorongan / tekanan air dari atas. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit serbuk DE ini akan ikut terbawa air bersih ke kolam renang. Sehingga pada jangka waktu tertentu, kita perlu menambahkan serbuk DE untuk menggantikan DE yang terlarut.

Menambahkan serbuk DE cukup sederhana. Anda tinggal meletakkan bubuk ini di skimmer sehingga serbuk DE akan terbawa ke filter oleh arus sirkulasi dan akan menempati posisi di atas serbuk sebelumnya. Anda dapat mengetahui kurangnya DE di filter dengan melihat pada indikator tekanan. Jika pada indikator tekanan menunjukkan angka jauh dibawah 8 pon, maka Anda perlu menambahkan serbuk DE baru.

Hal-hal lain dalam pengoprasian DE Filters sama seperti Sand Filter. Untuk mencuci DE filter ini, Anda hanya perlu melakukan backwash yang tersedia di tuas filter. Jangan lupa saat proses backwash untuk mengarahkan outlet filter ke arah pipa waste. Agar kotoran tidak masuk ke kolam renang. Setelah proses back wash, biasanya Anda perlu untuk menambahkan beberapa DE sesuai takarannya. Setidaknya, Anda perlu menambahkan DE Filter sekali atau duakali dalam setahun.

 

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP