Blog

HomeArtikelPenting Kontrol Ketinggian Air Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Penting Kontrol Ketinggian Air Kolam Renang

Kebanyakan pemilik kolam renang menambah ketinggian air di kolamnya saat mendekati musim kemarau. Kenapa? dari beberapa jawaban masyarakat, kedua jawaban ini yang paling sering diungkapkan. Pertama, karena di musim kemarau penguapan air lebih tinggi sehingga air kolam perlu di tambah. Kedua, karena itulah yang dikatakan oleh orang (kontraktor atau jasa pembangunan) yang membangun kolam renangnya. Nah, untuk itu, bisa dikatakan ada beberapa orang yang belum memahami tentang tingkat ketinggian air yang tepat untuk kolam renang dan kenapa ketinggian air ini penting.

Berapakah ketinggian permukaan air kolam renang yang tepat / benar ?

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang JogjaUntuk menentukan ketinggian air yang benar, gunakanlah jalur inlet atau skimmer sebagai patok atau panduan. Ketinggian air kolam renang Anda harus mencapai sepertiga atau setengah dari kotak skimmer. Skimmer akan berfungsi lebih optimal jika ketinggian air berada ½ diantara kotak skimmer.

Permasalahan jika permukaan air kolam renang terlalu “TINGGI”.

Jika ketinggian air kolam renang Anda melebihi kotak skimmer atau sampai menutup kotak skimmer, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kotoran seperti dedaunan, plastik, ranting yang mengambang di permukaan air kolam tidak dapat masuk ke skimmer. Sehingga fungsi skimmer tidak effektif lagi, dan menyebabkan mekanikal atau perputaran air di kolam tidak berjalan efisien sehingga air kolam tidak bersih seluruhnya.  Sampah-sampah organik yang tidak tersaring atau sempat terabaikan beberapa waktu akan memicu pertumbuhan organisme-organisme yang tentunya akan menggangu keseimbangan air kolam renang Anda. Tau kan pentingnya menjaga keseimbangan air kolam renang.

Permasalahan jika permukaan air kolam renang terlalu “RENDAH”

Ketika permukaan air kolam renang Anda terlalu Rendah, skimmer dan jalur inlet sirkluasi akan kemasukan udara terlalu banyak. Hal ini akan menyebabkan permasalahan pada sistem di kolam renang Anda. Mesin di kolam renang Anda seperti mesin pompa ataupun heater bisa terbakar. Tanda-tanda awal adanya udara yang masuk adalah suara pompa yang terdengar lebih berisik dari pada biasanya. Tentunya kerusakan mesin ini akan menambah pengeluaran Anda.

Menjaga Ketinggian Permukaan Air pada Level yang Tepat.

Sudah jelas, bahwa sangatlah penting untuk terus memantau dan memonitor tingkat ketinggian Air untuk mencegah hal-hal seperti yang disebutkan pada paragraf sebelumnya. Terutama saat musim kemarau, dimana penguapan air lebih besar dibanding musim penghujan. Namun, bukan berarti kita lepas kontrol saat musim penghujan, air hujan yang masuk ke kolam renang membawa beragam zat, organisme, dan macam sebagainya. Berbeda dengan air sumur atau PDAM yang kita gunakan untuk menambahkan air kolam renang, yang tentunya dapat kita tes terlebih dahulu keseimbangannya agar tidak terlalu menggangu keseimbangan air di kolam renang.

Terutama di musim kemarau, selain penguapan air frekuensi pengguanaan kolam renang juga semakin meningkat. Semakin banyak perenang atau pengguna kolam renang, maka semakin besar kemungkinan pertumbuhan organisme-organisme jika air tidak dirawat secara baik. Salah satu pencegah pertumbuhan organisme pengganggu ini adalah sistem sirkulasi yang didalamnya terdapat filterasi air kolam renang. Nah, seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika air kolam renang terlalu tinggi, akan menurunkan efisiensi sistem sirkulasi kolam renang. Dengan kata lain, tidak seluruh air di kolam renang malalui sistem filterasi sehingga dapaat memicu berkembang biaknya organisme penggangu.  Jika terlalu rendah, akan merusak mesin ditambah lagi dedaunan, ranting, dan kotoran yang terapung di permukaan tidak tersaring di skimmer akan lebih memicu percepatan pertumbuhan organisme penggangu.

Menjaga dan mengontrol permukaan air secara manual memang memerlukan waktu dan energi. Sebagai pendukung dan pemeringan pekerjaan Anda untuk merawat kolam renang, Ada opsi untuk memiliki alat otomatis pengontrol ketinggian air. Alat ini akan membuang dan mengisi air sesuai ketinggian yang ditentukan (di-set) pada alat tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu kuwatir lagi tentang ketinggian permukaan air, alat ini akan mengaturnya. Yang paling utama Adalah pemahaman kita semua tentang pentingnya menjaga ketinggian permukaan air kolam renang. Jadi, dengan bantuan alat ataupun tidak, selama kita memegang prinsip dan dasar yang benar, semua akan berjalan sebagaimana mestinya dan kita dapat meminimalisir resiko resiko seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Demikian artikel kali ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan menjadi referensi Anda. Salam.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP