Blog

HomeArtikelMutu Beton dalam Pembuatan Kolam Renang yang Ideal
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Mutu Beton dalam Pembuatan Kolam Renang yang Ideal

Pertimbangan sebelum membuat kolam renang sangatlah diperlukan. Terutama tentang ukuran dari kolam renang serta bahan yang akan digunakan dalam pembuatan kolam renang tersebut. Beton, menjadi salah satu opsi yang bisa di gunakan.

Setiap langkah memiliki rintangan masing-masing. Memutuskan menggunakan beton untuk bahan kolam renang pasti memiliki resiko tersendiri.  Kebocoran menjadi resiko yang paling dihindari dalam pembuatan kolam renang. Maka dari itu, pemilihan waterproofing haruslah tepat, pengerjaan cloating kolam renang juga harus sesuai prosedur agar dapat menutup pori-pori beton dan meminimalisasi terjadinya bocor. Namun, waterproofing tujuannya bukan untuk menahan tekanan air.

Mutu beton dalam pembuatan kolam renang yang ideal adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan beton dengan mutu minimal K-225 yang bisa didapatkan dari produsen redy mix ataupun membuat adukannya sendiri. Namun tetap menyesuaikan perhitungan pada besar dan dalam kolam renang. Semakin baik mutu beton yang digunakan akan semakin mampu untuk menahan tekanan air kolam renang.
  • Menambahkan bahan superplasticizer bisa saja dilakukan agar beton lebih mudah dalam pengerjaannya. Meningkatkan mutu beton, beton akan lebih cepat mengeras, dan akan menambah daya kedap air.
  • Untuk menghasilkan mutu beton yang ideal, pengecoran sebaiknya selesai dalam satu hari. Jika saja area luas dan tidak memungkinkan proses pengecoran selesai satu hari, Maka diperlukan penggunaan bahan waterstop untuk sambungan beton. Hal ini akan menjaga agar air tidak merembes melalui sambungan tersebut. Setelah beton kering, dan kerangka pengecoran sudah di bongkar, pemeriksaan hasil pengecoran perlu dilakukan.
  • Seandainya ditemukan ada bagian beton yang keropos atau retak-retak, atau  pada sambungan antar beton tidak rapat dan ada celah maka pelru dilakukan perbaikan.
  • Grouting / injeksi dilakukan bila ditemukan keropos, dan ada celah atau antar sambungan beton tidak rapat. Pekerjaan grouting / injeksi beton ini perlu dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi dan meminimalisir kebocoran pada waktu lama. Pada umumnya bahan yang sering digunakan untuk grouting atau injeksi beton ini adalah calgrout dan waterplak.
  • Setelah retak-retak dan celah antar sambungan selesai teratasi, selanjutnya dapat dilakukan tes rendam beton. Hal ini untuk melihat apakah ada bagian beton yang bocor. Perhitungan penguapan air dalam tes rendam ini dapat dilakakukan. Jika air turun lebih banyak dari yang diperhitungkan (selisihnya terlalu besar) maka ada bagian beton yang masih bocor.
  • Setelah proses ini selesai, dan beton sudah mengering. lanjutkan dengan proses cloating / pelapisan dengan 2 komponen dengan bahan dasar semen. Proses ini dilakukan sampai semua permukaan beton terlapisi dan sebaiknya dilakukan pelapisan kedua kalinya. Berbeda untuk bagian sudut-sudut kolam dan bekas  grouting atau injeksi dilakukan setidaknya 3 kali pelapisan.
  • Pastikan hasil waterproofing telah kering dan semua bagian telah terlapisi. Setelah lapisan kering, basahi dengan air bersih ditambah menggunakan spons atau siram dan usap dengan tangan. Lalu, lakukan pengolesan semen agak encer ke beberapa bidang ( setidaknya per 2 meter persegi) permukaan tersebut nantinya di kamprot / screed. Lakukan ini secara bertahap hingga seluruh bidang selesai. Hal ini dilakukan agar menghindari lapisan waterproof sobek / tergores pada proses pemlesteran.

Demikianlah artikel tentang mutu beton kolam renang yang ideal. Sebaiknya setelah ini anda membaca tentang cara plester dinding kolam renang yang benar. Terimakasih

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!