Blog

HomeArtikelMetode sederhana untuk tes kebocoran kolam renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Metode sederhana untuk tes kebocoran kolam renang

Pemilik kolam renang tentunya tidak ingin adanya kebocoran di kolam renang mereka. Tapi, seiring berjalannya waktu dan umur kontruksi bangunan kolam renang, tentunya akan ada penyusutan demi penyusutan yang dapat menyebabkan kebocoran / keretakan pada dinding atau lantai kolam renang. Jika masih dalam jangka waktu kurang dari 5 tahun, namun kolam renang sudah bocor / ada retakan, kemungkinan besar terjadi akibat kontruksi pondasi awal kurang padat dan terjadi penurunan tanah drastis. Penurunan tanah ini menyebabkan pondasi menggantung, dan lama-kelamaan akan terjadi penurunan kontruksi sehingga menyebabkan keretakan yang terlihat di sebagian permukaan lantai dan dinding kolam renang.

Untuk menditeksi letak keretakan dan kebocoran, tentu akan sangat membantu jika Anda mengetahui posisi-posisi kontruksi kolam renang yang paling rawan terjadi keretakan / kebocoran. Atau Anda dapat langsung mengontak jasa renovasi kolam renang untuk memperbaiki kebocoran jika sudah terditeksi.

Ada beberapa tempat yang paling sering mengalami kebocoran. Ada kemungkinan bocor atau retak di peralatan pemipaan bagian dasar kolam renang, di bagian belakang skimmer, atau di dekat-dekat elemen-elemen kolam renang. Jika kontruksi kolam renang baik, maka kebocoran di daerah cor lantai, dinding jarnag terjadi. Sehingga Anda perlu mengecek pada sambungan-sambungan antara elemen-elemen kolam renang dengan dinding atau lantai kolam renang.

Tapi, sebelum mengecek lokasi kebocoran, sebaiknya Anda pastikan dahulu apakah benar-benar ada kebocoran atau hanya akbiat penguapan air terlihat berkurang. Begitu juga sebelum mengontak jasa renovasi untuk menditeksi kebocoran, sebaiknya Anda lakukan 3 hal sederhana ini untuk memastikan apakah terjadi kebocoran atau hanya penguapan air biasa.

Tes dengan media Ember.

Langkah pertama untuk menditeksi berkurangnya air kolam renang apakah akibat penguapan atau kebocoran adalah dengan mengunakan media ember. Untuk melakukan tes ini, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Matikan pompa kolam renang
  • Sapkan Ember, di sarankan yang berwarna cerah agar terlihat batas airnya.
  • Atur ketinggian air hingga batas normalnya, tambahkan dengan air sumur / pdam yang biasa Anda gunakan untuk menambah air kolam renang.
  • Isi ember dengan air kolam renang hingga 1 inci dari permukaan atas ember.
  • Letakkan ember yang sudah terisi air tadi di Anak tangga kolam renang Anda, hingga sebagian ember terendam air.
  • Berikan Tanda menggunakan spidol / isolasi pada batas permukaan air di ember.
  • Berikan Tanda juga pada permukaan air kolam renang yang di permukaan luar ember.
  • Jalankan pompa dan sistem sirkulasi selama 24 jam.
  • Setelah 24 jam, bandingkan penurunan permukaan air di ember dan kolam renang dengan patokan tanda yang sebelumnya dibuat. Ukurlah turunnya permukaan air, dan bandingkan.

Jika permukaan air yang berada di luar ember mengalami penurunan lebih banyak dari pada yang di dalam Ember, ada kemungkinan terjadinya kebocoran di kolam renang Anda. Jika terjadi hujan saat proses pengecekan ini, Anda perlu mematikan pompa dan melakukannya ulang keesokan harinya.

Tes 24 Jam dalam kondisi ON

Dari tes ember pertama, Anda sudah mendapati kesimpulan apakah ada kebocoran atau tidak. Jika perbedaan keduanya tidak terlalu drastis, maka pengurangan air kolam hanya akibat penguapan. Sehingga Anda tidak perlu melanjutkan tes yang satu ini. Namun jika terlihat perbedan drastis dan permukaan bagian luar ember mengalami penurunan lebih banyak, berarti ada kemungkinan kebocoran, lanjutkan ke proses tes ini.

Dengan tes kedua dan ketiga ini, kita akan memastikan letak kebocoran apakah berada di permukaan kontruksi kolam renang, ataukan ada di dalam jalur instalasi pemipaan kolam renang. Berikut ini langkah-langkah pengujiannya.

  • Isilah air kolam renang hingga mencapai setengah dari kotak skimmer / jalur inlet paling atas.
  • Berikan tanda pada ketinggian air dengan membuat tanda di dalam skimmer atau di keramik luar.
  • Nyalakan pompa sistem sirkulasi, pastikan jika dilengkapi alat pengaturan ketinggian air otomatis Anda OFF.
  • Tinggalkan pompa selama 24 jam, jika terjadi hujan, Maka Anda perlu mengulai hal ini dari awal.
  • Setelah 24 jam, lakukanlah pengecekan tinggi permukaan air dari tanda yang kita buat hari sebelumnya.

Jika ketinggian air turun jauh dari hari sebelumnya, maka ada kemungkinan kebocoran terletak di sekitar instalasi pemipaan kolam renang Anda. Sebelum masuk ke tahap selanjutnya, Anda perlu memeriksa sistem filterasi kolam renang. Pastikan sirkulasi kolam renang berjalan pada posisi filter dan tidak ada kebocoran di sistem filterasi / pompa. Jika ada kebocoran di bagian ini, maka Anda perlu memperbaikinya sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya . Bisa jadi berkurangnya air selain akibat penguapan adalah akibat adanya kebocoran di sistem sirkulasi dekat pompa, filter atau heater kolam renang.

Tes 24 Jam dalam kondisi OFF

Setelah Anda mengidentifikasi kehilangan air saat pompa berjalan yang tentunya dikurangi dengan penguapan air di ember pada tahap pertama. Anda perlu menyelesaikan langkah diteksi kebocoran yang terakhir ini.

  • Isi air kolam renang hingga setengah kotak skimmer.
  • Berikan tanda ketinggian air di kramik atau di skimmer.
  • Matikan pompa, dan pastikan jika ada pengisi air otomatis berada apda kondisi OFF
  • Tingalkan keadaan ini, hingga 24 jam.
  • Setelah 24 jam, periksa penurunan permukaan air.

Jika permukaan air turun di bawah tanda dengan ukuran yang sama seperti saat tes 24 jam ON, maka Anda dapat menyimpulkan bahwa kebocoran ada di permukaan kontruksi kolam renang. Jika ketinggian air tidak turun drastis atau kurang dari tes sebelumnya, maka dapat dikatakan kebocoran terjadi di jalur instalasi pemipaan kolam renang, bukan di permukaan kontruksi

Setelah Anda berhasil mengidentifikasi kemungkinan kebocoran kolam renang, Dan mendapatkan hasil positif kolam renang mengalami kebocoran, maka sudah saat nya Anda memanggil atau mengkontak jasa renovasi dan perbaikan kolam renang PROfesional.  yang Anda percaya. Agar mereka dapat melakukan pengecekan ulang untuk memastikan kondisi kolam renang secara lebih akurat tentunya.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP