Blog

HomeArtikelMengenal Tipe-Tipe Alat Uji Air Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Mengenal Tipe-Tipe Alat Uji Air Kolam Renang

Ketika merawat kolam renang, terutama airnya mau tidak mau kita akan dihadapkan dengan beberapa aspek kimia. Pada artikel kali ini, kami berusaha mengemasnya agar lebih mudah dipahami. Saat pertamakali di hadapkan dengan serangkaian reaksi senyawa satu dan lainnya, sering kali pemilik kolam renang kesulitan untuk memahami dan perlu waktu untuk mengingat kembali pelajaran saat SMA/ SMK 🙂 , yang membuat ketertarikan untuk dapat merawat kolam renangnya sendiri menjadi hilang. Nah, tujuan kami menulis artikel ini dengan berusaha mengemasnya sedemikian rupa agar mudah dipahami adalah untuk menjadi referensi yang mudah dipahami.

Ada empat cara untuk melakukan tes pada air kolam renang :

  1. Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaDPD Testing Kit—dapat kita temui di toko-toko kolam renang dan umumnya menjadi satu set dengan larutan reagen cair yang dikemas di dalam botol kecil. Alat ini sangat mudah untuk digunakan / diaplikasikan karena hanya melibatkan hitungan tetes atau penyesuaian warna. Realitanya, harga alat uji ini cukup mahal, Namun jika kita menginginkan mendapat hasil yang akurat dengan tingkat error yang kecil tentu menjadi pertimbangan tersendiri.
  2. Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaOTO Testing Kit—Mirip seperti DPD kit kecuali dalam pengujian chlorine, reaksi kimia yang berbeda sehingga membuat perubahan warna menjadi kuning, berbeda dengan DPD untuk chlorine reaksinya menghasilkan warna pink. Namun, entah kenapa untuk beberapa alasan saya lebih mengandalkan DPD kit. OTO kurang efisien dalam membedakan antara klorin aktif dan sinitizer.

    PENTING… Berhati-hatilah untuk menyimpan larutan reagen. Pastikan untuk menggunakan stop-per yang menutup tabung alat uji saat dikocok (tapi tidak di aduk).  Beberapa orang langsung meneteskan reagen langsung ke kolam renang, dan menentukan hasil dari perubahan warna sekilas yang tampak di area yang di tetesi reagen. Hal ini tidak akan memberikan hasil perhitungan yang akurat. Gunakanlah tabung yang telah disediakan untuk mengambil sampel air.

  1. Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaTest Strips – Alat ini menjadi jalan atau sarana paling mudah untuk melakukan tes pada air kolam renang Anda. Anda hanya perlu mencelupkan strip kecil yang terbuat dari plastik dengan beberapa kotak warna ke air kolam renang. Setelah ada perubahan warna, Anda tingal mencocokan dengan tabel yang ada di kemasan produk. Kekurangan dari alat ini adalah terlalu terekspos dengan udara lingkungan yang tentunya akan memberikan ganguan pada hasil uji walaupun sedikit. Kelemban dan suhu juga dapat mempengaruhi tingkat akurasi pembacaan. Solusi dari hal ini adalah untuk memilih alat uji strip dengan kualitas yang tinggi dan menyimpannya pada suhu ruangan. Jika mengambil strip dari botol, cepatlah tutup kembali.
  2. Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaElectronic Reading – Alat uji yang paling mutakhir dan akurat, dengan hasil berupa angka digital. Anda hanya perlu memberikan sedikit sampel air di kolam renang dan langsung mendapatkan hasil pembacaan dengan menekan tombol yang Anda secara akurat. Tentunya alat ini memiliki kemampuan kedap air, sehingga tak perlu kuwatir jika terkena air.

 


11 Tips untuk mendapat hasil akurat dari alat uji strip.

  1. Baca petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan, setiap produsen dan tipe uji strip sering kali memiliki petunjuk yang berbeda dan juga ada kemungkinan perubahan yang dilakukan oleh produsen tersebut untuk produk dengan tipe yang sama. Maka dari itu, pastikan Anda selalu membaca intruksi yang tertulis di produk tersebut, walaupun Anda sudah merasa hafal dengan apa yang tertera di sana.
  2. Jagalah agar alat uji strip ini selalu kering sebelum di gunakan – jari atau tangan yang basah dapat juga mempengaruhi sensitifitas bahkan merusak alat uji.
  3. Letakkan pada tempat yang bersih dan dengan suhu ruang serta tidak terekspos oleh udara dan kelembaban di luar.
  4. Jangan menyentuh bagian strip yang berwarna-warni, dan hindari agar tidak terjadi kontak antara satu dan lainnya. Karena dapat menyebabkan kontaminasi pada bagian yang seharusnya di jaga tingkat sensitifitasnya.
  5. Saat melakukan pengujian, celupkan strip ke kolam renang dengan cara yang tertulis pada kemasan produk.Apakah Anda hanya perlu mencelupkannya sebentar, atau sedikit gerakan tangan saat di celupkan, semua jelas tertera pada intruksi penggunaan prodak.
  6. Jangan memberikan cipratan air ekstra / tambahan, kecuali memang diintruksikan oleh produk tersebut.
  7. Lama atau sebentarnya proses pencelupan, sesuai dengan sensitifitas setiap prodak.
  8. Bacalah dan cocokanlah hasil tes dengan tabel yang tersedia sesuai urutannya. Hindari langsung melompat ke Angka tertentu. Hal ini dapat menambah tingkat kejelian mata kita terhadap kecocokan warna.
  9. Cegahlah agar reagen pada strip tidak mengkontaminasi satu dan lainnya. Saat mencocokan warna, peganglah strip secara horizontal, sehingga air yang terkandung pada reagen satu tidak menggangu reagen lainnya.
  10. Telitilah saat mencocokan warna, gunakanlah cahaya alami dari matahari dan jangan menggunakan kacamata berwarna (sunglass).
  11. Jangan menggunakan strip yang sudah kadaluarsa.

Sedikit Tips Penambahan Bahan Kimia Ke Kolam Renang

Jangan pernah mencampur bahan kimia, baik itu cair, serbuk, ataupun tablet di tempat yang sama ataupun di kolam renang secara bersamaan. Pastikan selalu membaca semua label peringatan yang ada di kemasan bahan kimia agar kita memahami dan menambah tingkat kewaspadaan saat menggunakannya. Ketika melakukan proses penambahan bahan kimia ke kolam renang, pastikan sistem sirkulasi berjalan ( pompa On ), sehingga bahan kimia yang terlarut di air dapat didistribusikan ke seluruh area kolam renang.

Tambahkan setiap jenis bahan kimia secara bertahap dan bergantian, jangan pernah mencampur dan menambahkannya ke kolam renang secara bersamaan, karena dapat menyebabkan reaksi yang tidak kita inginkan. Semisal saat penambahan klorin dan bahan asam ke kolam renang, pastikan Anda menyelesaikannya satu per satu, dan memilih area yang berbeda saat proses penuangan ke kolam.

Bahan-bahan kimia haruslah di simpan di dalam tempat yang tertutup dan terpisah antar satu dan lainnya. Selalu gunakan wadah yang baru jika ada bahan kimia dengan tipe berbeda, sehingga tidak menimbulkan reaksi berbahaya. Serta, jangan lupa untuk selalu memberi label pada setiap tempat yang Anda gunakan untuk wadah bahan-bahan kimia.

Selalu gunakan sarung tangan, masker dan goggle saat berinteraksi dengan bahan kimia.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP