Blog

HomeArtikelMengenal Sistem Mekanikal Kolam Renang yang Benar
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Mengenal Sistem Mekanikal Kolam Renang yang Benar

Pada artikel sebelumnya tentang mengenal sistem sirkulasi kolam renang, kita sudah membahas tentang bagaimana sistem kolam renang yang baik dan benar. Secara garis besar, untuk membangun sistem sirkulasi itu dapat di golongkan menjadi Instalasi sistem mekanikal, elektrikal serta pemipaan / jalur pipa sirkulasi kolam renang.

Saat memasuki proses desain kolam renang , selain mendisain arsitektur, struktur dan finising, hal yang tidak boleh terlupakan adalah merencanakan atau merancang sistem kolam renang tersebut dengan tujuan agar perputaran air kolam renang dapat berjalan optimal dan seluruh air kolam renang dapat melalui filter. Sehingga mampu menjaga kejernihan air kolam renang lebih lama. Agar efisien dan berkerja optimal, perlu beberapa hitungan untuk merencanakan dan mengaplikasikan sistem sirkulasi ini.

Bagaimana instalasi sistem mekanikal yang benar ? Artikel kali ini akan membahas tentang hal tersebut.

Saat taham perancangan sistem sirkulasi, salah satu tahapan yang perlu direncanakan adalah sistem mekanikal kolam renang. Seperti disebutkan sebelumnya, perlu adanya beberapa hitungan yang matang dan sesuai kondisi / bentuk kolam renang agar sistem mekanikal ini dapat berjalan efisien.

Peralatan / equipment sistem mekanikal dapat digolongkan menjadi dua yaitu, primer dan sekunder.

Primer equipment terdiri dari pompa dan filter kolam renang, sedangkan Sekunder equipment terdiri dari ionizer, PH Controller, Chemycal Feederm Chlorine Controller, Dozzing Pump, dan masih banyak lagi baik itu berkerja secara otomatis maupun manual. Pembahasan lebih rinci untuk equipment atau peralatan ini dapat di lihat pada artikel lain tentang peralatan kolam renang.

Primer Equipment / peralatan utama merupakan bagian paling penting, untuk sistem sirkulasi kolam renang. Baik itu pompa ataupun filternya merupakan peralatan mekanikal yang paling utama dan harus ada pada kolam renang, jika menginginkan kejernihan air bertahan lama. Efisiensi kinerja dari peralatan utama ini perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan.

Efisien yang seperti apa ? Efisien di sini berarti peralatan-peralatan mekanikal ini dapat berkerja optimal, sehingga sistem sirkulasi air kolam dapat efisien pula. untuk mencapai titik efisien ini tentu saja perlu dukungan dari peralatan primer / utama. Perhitungan kemampuan pompa saat memilih pompa, dan perhitungan keperluan filter saat memilih filter. Kesesuaian pompa dan filter terhadap lingkungan dan kondisi kolam renang akan sangat berpengaruh pada tingkat efisiensi sistem sirkulasi kolam renang tersebut.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!