Blog

HomeArtikelMengenal lebih jauh kolam renang overflow
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Mengenal lebih jauh kolam renang overflow

Konsep Kolam renang Overflow


Banyak orang memiliki pemikiran bahwa kolam renang jenis overflow memakan banyak biaya, Namun, berdasarkan pengalaman kami, beberapa orang memilih tetap membangun kolam renang tipe overflow dengan berbagai tujuan dan alasan. Kebanyakan memilih tipe overflow karena menghemat biaya penggunaan air pada kolam renang kedepannya.

Namun, sekarang mari kita coba untuk mengesampingkan terlebih dahulu penilaian-penilaian, serta pendapat yang beredar di kalangan umum tentang kolam renang tipe overflow. Dengan bantuan diagram dan gambar di bawah ini, kita akan lebih mudah memahami prinsip kerja dan konsep dari kolam renang tipe overflow tanpa terlalu dibingungkan dengan permasalahan teknisnya.


Pemakaian air.


Sederhananya, tidak ada perbedaan antara skimmer pool dan overflow pool dalam penguapan, pemakaian, ataupun penggunaan air. Pada kolam renang tipe skimmer, air dari kolam akan di tarik masuk kedalam sistem filterasi melalui skimmer, lalu dikembalikan lagi ke kolam renang. Dengan kata lain, ini dapat dikatakan jalur / sistem yang tertutup. Maka dari itu, berkurangnya air secara natural hanya akibat penguapan, yang akan sangat signifikan pada saat musim panas.

Sedangkan pada kolam renang tipe overflow,  perbedaanya terletak pada air yang masuk ke skimmer akan dikumpulkan / ditampung pada tangki air terlebih dahulu, barulah masuk kedalam sistem filterasi dan disaring yang kemudian dikembalikan ke kolam renang melalui return inlet. Saat air kolam renang telah penuh, air yang kembali dari return inlet akan mendorong air yang berada di permukaan untuk masuk ke skimmer dan ditampung pada penampungan air. Hal ini akan terlihat seperti air melimpah ruah dan luber. Namun Luberan air tersebut tidaklah terbuang, luberan air tersebut masuk ke skimmer yang berada di pinggiran bibir kolam renang, yang terdapat ruang penampungan air sebelum masuk ke sistem filterasi. Sehingga, meskipun secara teknis jalur ini tidak tertutup, namun air tetap saja berputar pada sistem sirkulasi tersebut.

jasa pembuatan kolam renang jogja

Maka dari itu, Anda sesungguhnya tidak perlu memusingkan isu yang beredar di kalangan umum tentang pemakaian air pada sistem overflow.


Biaya?


Point terakhir yang mungkin menarik dan menjadi pertanyaan adalah tentang biaya kolam renang overflow, seperti terlihat pada gambar di atas, pada sistem overflow terdapat tambahan elemen kolam renang yang tidak ada di sistem skimmer. Sistem skimmer + elemen tambahan + modifikasi sistem perputaran air= sistem overflow. Elemen tambahan tersebut berupa 1) Selokan / parit untuk mengarahkan air ke tangki 2) tangki / penampungan air 3) katup untuk pengecekan 4) pengontrol tangki untuk menghindari meluapnya air di tangki, dan 5) Sebuah sistem penyesuaian air dengan katup yang berfungsi untuk melindungi pompa. Melihat hal tersebut tentu terlihat penambahan biaya tertentu untuk melengkapi elemen tambahan di banding sistem skimmer. Namun, hal tersebut tidaklah sesignifikan dengan yang mungkin Anda bayangkan.

Maka dari itu, ketika Anda mempersiapkan sebuah proyek pembangunan kolam renang, sangat kami anjurkan untuk selalu meminta perkiraan anggaran biaya tidak hanya satu tipe, dan satu tempat namun Anda dapat meminta pada banyak kontraktor kolam renang dan berbagai tipe kolam renang, sehingga Anda dapat membandingkan Kontraktor ‘A’ , ‘B’, ‘C’ . dsb dan membandingkan biaya tiap tipe kolam renang. Karena jika anda masih memungkinkan untuk menjangkau tipe overflow ini, yang perbedaanya tidak terlalu signifikan dibanding skimmer, Namun, tipe overflow ini akan sangat menambah nilai estetika serta nuansa pada kolam renang Anda.

Written by / 38 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!