Blog

HomeArtikelMengenal Istilah Chemical Kolam Renang : Total Alkalinity
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Mengenal Istilah Chemical Kolam Renang : Total Alkalinity

Istilah “TA (Total Alkalinity) sering kita temui baik melalui media bacaan atau mendengarnya. Seperti pada artikel-artikel sebelumnya, kita telah banyak menyinggung istilah ini. Pada kesempatan ini, mari kita dalami apa yang dimaksud dengan Total Alkalinity, pengaruhnya, tujuan dan fungsinya, serta sedkit menyinggung kimiawinya.

Pada dasarnya, Total Alkalinity merujuk pada kemampuan atau ability dari air kolam renang untuk tidak mengalami perubahan pH. Kuncinya, total alkalinity ini  berfungsi untuk membantu menstabilkan dan mengontrol pH air kolam renang. Prinsip kerjanya seperti buffer, jadi ketika ada material yang dapat mempengaruhi pH air ditambahkan ke kolam renang, Kandungan TA air dengan sedemikian rupa reaksi akan mencegah terjadinya perubahan pH.

Saat ada material mengandung kimia yang dapat mempengaruhi pH kolam renang, TA akan bereaksi untuk menetralkan dan membantu untuk menjaga agar tidak terjadi perubahan pH air kolam renang. Total Alkalinity tidak berkaitan dengan tingkat pH berapapun, tapi ia berguna untuk membantu menjaga kesetabilan tingkat pH. Sehingga kitalah yang harus menentukan tingkat pH berapa yang perlu di jaga keseimbangannya.

TA dihitung menggunakan satuan parts per million (ppm) dengan menggunakan alat uji total alkalinity. Direkomendasikan tingkat ideal TA kolam renang berada pada 80-120 ppm. Ketika kandungan TA di air kurang dari 80 ppm, air akan menjadi agresif dan pH air akan sangat rawan berubah. Keagresifan air ini dapat menyebabkan karatnya pipa, tangga, pompa skimmer dan peralatan yang berbasis logam lainnya. Sedangkan jika tingkat TA lebih dari 120 ppm, air akan menjadi berawan / berkabut, dan munculnya endapan-endapan yang menyebabkan noda di dasar / dinding kolam renang. Hal ini juga merupakan dampak dari tingkat pH yang terlalu tinggi.

Saat menyesuaikan total alkalinity, kita dapat menurunkan kadarnya dengan asam yang sama yang digunakan untuk menurunkan pH. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit dosis asam baik cair ataupun padat secara continu selama beberapa hari. Jika Anda memaksakan dengan menambahkan banyak senyawa asam sekaligus, akan menurunkan pH dan menyebabkan karat pada peralatan logam yang ada. Saat menaikkan kandungan TA di air,  Anda dapat menggunakan bahan kimia untuk menaikkan alkalinity. Sirkulasikanlah air kolam renang saat menambahkan kimia untuk menaikkan kadar alkalinity. Sirkulasikanlah air selama beberapa jam. Hindari penggunaan kolam renang saat perawatan atau proses perawatan keseimbangan air ini berlangsung.

Jika kondisi pH air rendah dan kadar TA tinggi, naikkan dan aturlah terlebih dahulu tingkat pH air ke arah ideal antara 7.2 – 7.8, selanjutnya barulah Anda menurunkan TA sesuai cara yang tertera di atas. Ketika TA rendah dan pH tinggi, maka Anda perlu menaikkan kadar TA terlebih dahulu, barulah menurunkan pH.

Dalam semua kasus, jangan menambahkan senyawa asam di kolam renang jika pH kurang dari 7.2, walaupun jika kadar TA nya tinggi. Tunggulah hingga pH naik terlebih dahulu sebelum menyelesaikan permasalahan TA. Jika pH tidak naik dengan sendirinya setelah ANda tunggu dalam sehari atau dua hari maka ANda perlu menambahkan bahan kimia yang dapat menaikkan pH sesuai takrana sebelum mengendalikan kadar TA.

 

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP