Blog

HomeArtikelMengenal beragam kotoran yang mengganggu kondisi air kolam renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Mengenal beragam kotoran yang mengganggu kondisi air kolam renang

Untuk menangani segala masalah kolam renang, tentu kita perlu mengetahui dahulu penyebab dan karakteristik dari kotoran tersebut. Ibaratkan saat berobat di rumah sakit, kasus pada kolam renang juga perlu kita diagnosa dan analisa terlebih dahulu agar dapat menangani dan mengobatinya secara tepat. Nah, untuk itu, kita perlu mengenali beberapa jenis dan karakteristik dari kotoran ataupun noda yang umum mengganggu kolam renang.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaPertama, hal yang paling sering menggangu kondisi kolam renang adalah kotoran-kotoran dedaunan, hewan yang mati di kolam, plastik, dan kotoran lain yang paling mudah di bersihkan dan di kenali asalnya. Untuk kotoran-kotoran jenis ini, Anda hanya perlu mengangkatnya dari kolam dan memindahkannya ke tempat sampah. Sedangkan untuk pencegahannya perhatikanlah pepohonan dan tanaman di sekitar kolam, apakah ada jenis tanaman yang mudah kering dan rontok, jika ia sebaiknya Anda cepat mengganti tanaman tersebut dengan tanaman yang lebih awet. Sedangkan untuk kotoran yang bukan dari tanaman, Anda perlu menjaga kebersihan dari pengguna kolam renang, selain itu biasanya ada plastik=plastik yang terbang di tiup angin, Maka pastikan kolam renang Anda terlindung baik dinding atau atap yang dapat menghambat kotoran ini masuk ke kolam. Untuk pecegahan lebih maksimal, jika kolam renang tidak digunakan tutuplah dengan terpal atau penutup lain yang didesain khusus untuk kolam renang.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaNah, untuk kotoran yang berbentuk noda atau bercak-bercak di kolam perlu tindakan lebih ekstra dari pada kasus kotoran yang pertama. Kita perlu mengenali terlebih dahulu jenis dari noda atau bercak di kolam renang ini. Ada yang mengambang, tenggelam atau melayang di air kolam renang, tergantung dari karakteristik noda tersebut. Anda dapat mendiaknosa atau menganalisa jenis kotoran yang satu ini dari sifat dan karakteristiknya. Berikut ini penjelasannya.

Noda yang bersifat organik di dasar kolam. Noda ini kemungkinan besar hadir di kolam renang Anda dibawa oleh kasus pertama, yaitu kotoran organik seperti kotoran dari tanaman atau bangkai binatang yang mati di kolam. Timbulnya noda akibat sampah organik ini dapat dikarenakan pembiaran terhadap kotoran yang bersifat organik dalam kurun waktu yang cukup lama. Akibat pembiaran kotoran organik yang awalnya mengapung di permukaan kolam ini, perlahan akan terurai, membusuk, dan tenggelam atau melayang di air kolam renang Anda.

  • Karakteristik dari noda ini terlihat memiliki warna hijau, ungu kebiruan ataupun coklat. Atau anda melihat noda ini bersamaan dengan melihat kotoran organik yang tenggelam ataupun melayang di air kolam renang.
  • Pertolongan pertama, saat Anda melihat noda ini, cobalah untuk sedikit memberikan klorin langsung ke daerah dimana noda itu berada. Jika noda ini sudah menempel di dinding atau dasar kolam, Anda dapat menguraikannya dengan sikat lalu membiarkannya terfilter melalui sistem sirkulasi air kolam renang.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaNoda yang bersifat metal atau non organik. zat non-organik ataupun metal ini dapat masuk ke dalam kolam renang Anda tanpa terlihat. Berbeda dengan organik, yang secara visual umumnya terlihat penyebabnya Selain dari terkikisnya kulit mati pengguna kolam renang yang merupakan penyebab lain dari munculnya noda orgnaik. Zan non-organik ini dapat masuk melalui sumber air baik sumur atau lainnya ataupun akibat pengikisan pipa tembaga dan pengikisan dari peralatan kolam renang lainnya. Secara umum, zat yang sering terlarut ke air kolam renang berupa karat, besi, tembaga, dan mangan. Terutama jika peralatan atau perlengkapan kolam renang Anda terbuat dari bahan-bahan metal seperti tangga kolam renang yang sering kita jumpai. Tangga ini dapat menimbulkan noda berwarna karat di dinding dekat tangga itu berada. Berikut ini karakteristik noda dan penyebabnya.

  • Zat metal yang sebelumnya sudah di singgung sering menyebabkan noda di kolam adalah mangan, besi & tembaga. Warna noda yang ditimbulkan dapat terlihat berwarna biru, hujau, teal, ungu ataupun hitam. Penyebabnya adalah dari zat besi yang bersumber dari air tanah / sumur, korosi dari pipa yang terbuat dari besi dengan noda karat kecoklatan, atau agak keabuan. Sedangkan untuk zat Mangan dapat berasal dari air sumur yang nodanya terlihat berwarna merah muda, hitam gelap dan sedikit kecoklatan ataupun ungu. Sedangkan penyebab lainnya dapat muncul dari zat kalzium yang dapat berasal dari kontruksi dinding atau lantai kolam seperti material plester, nat, penggunaan klorin setelah proses perwatan. Noda dari kalzium ini berwarna kristal putih seperti berkabut.
  • Cara mengatasi atau pertolongannya lebih merepotkan dari kotoran organik, untuk noda dari zat non organik ini perlu kita ketahui dahulu jenis zat penyebab munculnya noda. Cara mengatasinya akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Selain faktor penyebab diatas, proses perawatan kolam renang yang salah juga dapat menyebabkan munculnya noda-noda non organik ini. Seperti saat pH terlalu asam atau rendah dapat mempercepat proses karat pada material logam dan menjadi penyebab timbulnya noda-noda di atas. Serta pemberian klorin yang terlalu tinggi seperti telah di singgung sebelumnya, klorin tinggi ini dapat mempercepat proses terkikisnya lapisan tembaga. Rawatlah kolam renang Anda secara tepat.

Written by / 37 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!