Blog

HomeArtikelMengenal Beragam Aksesoris Ada di Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Mengenal Beragam Aksesoris Ada di Kolam Renang

Aksesoris merupakan benda atau objek yang menjadi pelengkap dengan beragam tujuan , seperti menambah kenyamanan, daya tarik, keamanan dan sebagainya. Pada kesempatan ini kita akan membahas aksesoris yang ada di kolam renang ditinjau dari segi fungsinya secara umum.

Perlengkapan / aksesoris yang berguna untuk alat bantu Pembersih Kolam Renang

  1. Leaf Net / Leaf Skimmer
    Alat ini berfungsi untuk menyaring dedaunan dan kotoran lain yang mengambang / melayang di kolam renang Anda. Singkatnya, alat ini digunakan untuk mengangkat kotoran yang terlihat. Sering di sebut juga sebagai serokan atau saringan kolam renang. Alat ini dapat dikatakan wajib dimiliki dan ada di setiap kolam renang, untuk menjaga kolam renang tetap bersih dari kotoran seperti daun, plastik, ranting, dan kotoran berukuran besar lainya sehingga kolam tampak bersih dan sistem filterasi di kolam renang Anda tidak tertutup / cepat penuh.
  2. Sikat Kolam Renang
    Ada banyak tipe dari sikat kolam renang, menyesuaikan dari fungsi dan tujuannya. Ada yang standar berbentuk persegi panjang, ada juga yang menjadi 1 set dengan vakum kolam renang. Pada dasarnya ada beberapa sikat utama yang Anda butuhkan. Pertama, Sikat lantai yang menjadi satu dengan vakum, sering disebut juga vaccum head. Kedua, Anda perlu menyiapkan juga sikat untuk dinding kolam renang (wall brush). Perbedaan Sikat lantai dengan sikat dinding ini terletak pada Bulu sikatnya, sikat yang ditujukan untuk dinding cinderung lebih panjang dari pada sikat untuk lantai.
  3. Vacuum Set
    Seperti telah di singgung sebelumnya, untuk mempermudah proses perawatan dan pembersihan kolam renang, Anda akan memerlukan vaccum set. Agar Anda tidak perlu untuk mengosongkan air kolam renang untuk membersihkan lantai dan dindingnya. Karena biaya untuk pengisian air kolam renang cukup menguras kantong juga.
  4. Wall Skimmers dan bagian lainnya.
    Aksesoris yang satu ini biasanya sudah menjadi satu set dalam sistem sirkulasi air kolam renang Anda dan sudah terpasang permanen. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat melihat pada artikel ( Sistem Sirkulasi Kolam Renang )

Alaram / Perlengkapan bantu keselamatan Kolam Renang

  1. Alaram
    Alaram ini dapat diaplikasikan di berbagai lokasi pada kolam renang, Ada yang dapat di instal di dalam air , di atas, dan Anda juga mungkin memerlukan alaram untuk pintu menuju kolam renang. Kenapa perlu? Alaram ini akan anda perlukan terutama jika anggota keluarga Anda ada yang masih anak-anak. Pengawasan sangat diperlukan demi keselamatan Anak yang belum bisa berenang. Utamakanlah keamanan dan keselamatan.
  2. Pagar
    Anda dapat mengelilingi area kolam renang dengan pagar / pembatas sebagai aksesoris tambahan kolam renang Anda. Selain untuk keselamatan, pagar / pembatas ini akan beguna juga untuk mencegah hewan peliharaan aatau liar masuk ke kolam renang Anda. Jika kolam renang memiliki tingkat kedalaman berbeda, Anda juga dapat mengaplikasikan pagar ini di dalam kolam renang untuk keamanan yang lebih terjamin.
  3. Perlengkapan Keselamatan lainnya
    Masih banyak perlengkapan yang ditujukan untuk meningkatkan tingkat keamanan dan keselamatan kolam renang Anda. Seperti ban pelampung, Tali pembatas dan masih banyak lagi. Aksesoris aksesoris keselamatan ini sangat diperlukan terutama di kolam renang umum.

Penerangan atau lampu kolam renang

Penerangan atau lighting sangat diperlukan kolam renang terutama jika kolam renang digunakan di malam hari. Penting juga untuk selalu menyalakan penerangan / lampu kolam renang Anda saat gelap. Agar batas batas kolam renang terlihat jelas dan mengurangi terjadinya kecelakaan akibat terpeleset karena tidak menyadari adanya kolam renang / lantai yang licin di sekitar kolam. Untuk lebih lengkap tentang penerangan ini Anda dapat menyimak artikel penting lainnya ( Pencahayaan Kolam Renang )

Tangga Kolam Renang

Aksesoris tangga ini diperlukan jika kolam renang Anda belum memiliki step atau tangga permanen yang di buat saat membangun kolam renang. Anda perlu memberikan tangga pada kolam renang walaupun hanya kedalaman 1 meter. Akses keluar dari kolam renang ini sangat diperlukan terutama untuk kolam renang umum. Ada berbagai macam tipe aksesoris tangga baik dari segi bahan, bentuk, dan tujuannya. Bahkan jika Anda memiliki binatang peliharaan seperti Anjing dan kucing yang Anda izinkan untuk menggunakan kolam renang , Sangatlah perlu memberikan Tangga baik berupa bidang datar miring ataupun aksesoris khusus untuk tangga binatang yang masih jarang digunakan di indonesia.

Diving Boards

Aksesoris tambahan ini akan menambah variasi kolam renang Anda, Namun perlu diperhatikan juga dari segi fungsinya. Jika Kolam renang Anda hanya memiliki kedalaman 1-3 meter dan tidak ditujukan untuk berenang dengan gaya menyelam, Anda tidak pelru menginstal aksesoris yang satu ini. Papan ini digunakan untuk menambah daya lompat untuk penyelam. Perhatikanlah tujuan kolam renang Anda, apakah untuk refleksi, bersantai atau untuk profesional.

Slides / Seluncuran Kolam Renang

Nah, Aksesoris yang satu ini sudah tidak asing lagi, banyak di aplikasikan di kolam renang umum untuk anak-anak. Bahkan saat ini sudah ada tipe seluncuran dengan ketinggian yang Wah…. untuk berekreasi keluarga. Aksesoris ini dapat Anda miliki di kolam renang pribadi Anda. Dengan mempertimbangkan keamanan dan keselamatan, awasilah Anak Anda saat menggunakan kolam renang. Hindari menaiki seluncuran dari bagian datar miringnya karena terbuat dari bahan yang licin jika terkena air.

Dekorasi / Hiasan kolam renang

Masih banyak lagi aksesoris-aksesoris yang dapat Anda aplikasikan pada kolam renang pribadi maupun umum. Untuk menambah nilai daya tarik dan suasana kolam renang, Anda dapat menambahakan aksesoris yang ditujukan untuk dekorasi. Seperti pancuran Air, Berbagai jenis tanaman yang cocok untuk area kolam renang.,  dan berbagai macam aksesoris dekorasi dapat Anda aplikasikan untuk mempercantik kolam renang pribadi Anda.  ( Rekomendasi artikel:  tips mempercantik kolam renang )

Masih banyak aksesoris kolam renang yang belum tercantum di artikel kali ini. Namun, secara umum 7 hal di atas sudah mewakili fungsi atau tujuan dari aksesoris kolam renang. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca. Salam. ( Rekomendasi Artikel : Beragam Peralatan yang dibutuhkan Kolam Renang )

Written by / 37 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!