Blog

HomeArtikelMengenal Bahan Kimia Perawatan Kolam Renang : Chlorine
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Mengenal Bahan Kimia Perawatan Kolam Renang : Chlorine

Mengenal Bahan Kimia Perawatan Kolam Renang : Chlorine

Lebih mengenal hal-hal yang ada di lingkungan kita, tentu akan memberikan banyak manfaat. Apapun hal tersebut, semisal rumah, jika kita mengenal lebih jauh tentang struktur rumah dan elemen-elemen kontruksinya, tentu akan sangat membantu dalam perawatan, pencegahan, bahkan dengan tambahan kemampuan Anda dapat melakukan perbaikan sendiri. Begitu juga untuk kolam renang, mengetahui segala macam hal yang hadir di sana tentu akan memberikan manfaat. Manfaat yang paling dekat kita dapat memastikan kelayakan penggunaan kolam renang tersebut, keamanan air saat digunakan, perawatan berbagai macam elemen kolam renang, dan lain sebagainya.

Sering kali pemilik kolam renang ragu-ragu jika dihadapkan dengan bahan-bahan kimia. Hal ini wajar, karena kesan bahan kimia sering kali memberikan kesan bahan yang berbahaya dan perlu keahlian khusus untuk penggunannya. Nah, didasari hal tersebut, agar Anda tidak merasa resah saat menggunakan bahan-bahan kimia untuk perawatan kolam renang, kita akan mengulas setiap bahan kimia yang sering digunakan untuk kolam renang. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang chlorine.

Kaporit, begitulah masyarakat umum sering menyebutnya. Bahan kimia yang lekat dengan penjernihan dan pemurnian air dengan fungsinya sebagai anti-bakteri ini memang sering digunakan sebagai bahan chemical untuk kolam renang. Karena mudah ditemukan dan berkemampuan untuk membunuh bakteri secara cepat dan penggunaanya termasuk sederhana. Akan tetapi, tanpa takaran dan perhitungan yang tepat, penggunaan klorin yang berlebih juga dapat memberikan dampak negatif. Maka dari itu, pada artikel kali ini, kita akan coba mengenal lebih dekat apa itu klorin, fungsinya, cara kerja klorin, efek penggunaan klorin, dan lain sebagainya.

Sejarah Singkat Chlorine

Ditemukan oleh Carl pada tahun 1774, karena unsurnya berwarna hijau maka dinamakan Chlorine yang awalnya dari kata bahasa Yunani “Khloros” yang memiliki arti hijau.
Unsur kimia dengan simbol Cl dan memiliki nomor 17 di tabel periodik ini digunakan di banyak segmen dan produk. Salah satunya dimanfaatkan untuk desinfeksi atau sinitasi beragam perralatan, larutan, termasuk juga air kolam renang.


Bagaimana Chlorine ini di buat?

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaKlorin atau Chlorine ini dihasilkan dari elektrolisis air garam (asin). Saat listrik di alirkan ke 2NaCl (garam) dan 2H2O (air), akan menyebabkan atom-atom itu terdisosiasi menjadi Cl2 (klorin) + 2NaOH (sodium Hydroxide) + H2 (Hidrogen).

Lalu, bagaimana Klorin ini dapat berbentuk padat saat di pasaran sehingga di sebut tablet atau bubuk kaporit ? Setelah proses pertama tadi, proses akan dilanjutkan sesuai kebutuhan dan tujuan. Nah, saat pembuatan ini Klorin dengan senyawa Cl2 yang masih berbentuk gas, akan diisolasi. Setelah proses pengisolasian gas Cl2, barulah gas ini di alirkan untuk melewati garam atau dapat juga di alirkan ke air hingga membentuk gelembung gelembung. Hasilnya berupa produk dasar yang akan dilanjutkan dengan proses penakaran dan pengemasan dan akhirnya di pasarkan dalam berbagai macam bentuk. Bisa cair, tablet, ataupun bubuk.

Produk yang sudah stabil seperti Tri-Chlor tablet ataupun Di-Chlor untuk shock treatment sering kali di tambahkan asam sianurat dan zat-zat aditif lainnya. Hal ini bertujuan untuk menambah efektifitas agar meningkatkan kinerja klorin dalam menjalankan tugasnya sebagai sanitizer air. Nah, nama kaporit yang sering kita dengar di pasaran, sesungguhnya adalah Kalsium Hipoklorit (Ca(ClO)2), dan ini juga merupakan hasil penstabilan klorin menggunakan kimia kalsium yang pastinya juga dilengkapi oksigen.


Seberapa banyak Chlorine yang diperlukan ?

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaDasarnya kadar klorin di kolam renang perlu memiliki kadar yang konstan. Jika kondisi kadar klorin ini turun dari tingkat ideal terutama sampai dibawah 1,0 ppm. Gangang dan bakteri akan mulai berkembang biak tanpa adanya hambatan. Awalnya, 1,0 ppm merupakan standar yang belaku untuk kesehatan kolam renang, akan tetapi hasil penelitian terbaru menunjukkan asam sianurat di air kolam memiliki fungsi dan berefek pada penyebaran dan kekuatan molekul klorin. Nah, untuk alasan tersebut, saat ini direkomendasikan kadar klorin bebas untuk kolam renang umum ideal adalah 3-6 ppm. Meningkat selaras atau seiring dengan peningkatan kadar asam sianurat dari 30-60 ppm. Sedangkan untuk kolam renang pribadi, direkomendasikan antara 2-4 ppm, walaupun jika kolam renang Anda memiliki sistem Ozonator atau pemurni mineral dapat mengurangi penggunaan klorin hingga setengahnya. Tri-chlor berupa tablet digunakan untuk mempertahankan kadar klorin sehari-hari atau secara rutinnya. Biasanya digunakan sekitar 2 hingga 3 tablet untuk 10.000 galon air di setiap minggunya agar tercapai kondisi ideal.

Catatan : Selalu baca aturan pakai produk klorin yang Anda beli. Karena setiap produk memiliki kadar yang berbeda-beda. Dengan membaca aturan tersebut, Anda dapat melakukan tes kandungan klorin di air kolam renang dan dapat memperhitungkan keperluan produk tersebut untuk meningkatkan kadar klorin di air menuju ideal sesuai petunjuk yang tepat.


Bagaimana Cara Kerja Klorin Sebagai Pembersih Air atau Sanitize ?

Saat klorin ditambahkan ke air atau dilarutkan, maka dapat digambarkan Cl2 (klorin) + H2O (air) akan terjadi reaksi yang menyisakan atau menghasilkan HOCl (hypochlorous acid) + HCl (hydrochloric acid). Tingkat atau banyaknya hasil tersebut dipengaruhi oleh kondisi suhu air, tingkat asam sianurat dan pH air. Hasil reaksi yang berupa HOCl inilah yang berfungsi aktif membunuh bakteri dan gangang.

Inilah proses yang terjadi di dalam air kolam renang saat klorin bekerja. Molekul atau ion-ion chlorine ini akan membunuh mikroorganisme dengan membelah atau menembus diding cell mikroorganisme tersebut dan menghancurkan enzim, protein dan lainnya yang ada didalam sel mikroorganisme tersebut. Ketika ini terjadi, sel-sel mikroorganisme tersebut akan menjadi non-aktif dan teroksidasi. Senyawa HOCl akan terus melakukan pemotongan dan pembakaran sampai bereaksi dengan senyawa nitrogen ataupun amonia dan menjadi kloramin atau senyawa HOCl akan terpisah dan menjadi tidak aktif. Beberapa Senyawa ini juga dapat terurai dan menguap terutama di kolam renang terbuka.


Apa perbedaan dari berbagai tipe klorin yang berada di pasaran ?

 

Seperti telah dibahas sebelumnya, pada keadaan murninya klorin ini memiliki wujud berupa gas. Tentu saja bentuk murni gas tanpa proses lanjutan ini memiliki harga yang lebih murah dibanding bentuk-bentuk yang telah terproses dan dikemas. Akan tetapi, penggunaan klorin murni tanpa unsur atau senyawa pengikat dan pengangkut akan sangat berbahaya. Karena kadar klorin yang 100% ini perlu pengawasan ekstra oleh ahli kima dan kesehatan sehingga penggunaanya sangat dibatasi terutama untuk air-air yang dikonsumsi. Sehingga akan sangat jarang ditemukan kolam renang yang menggunakan klorin murni terutama di indonesia. Penggunaan Klorin murni untuk kolam renang biasanya hanya ditemukan di kolam renang yang sangat besar dengan kondisi air yang sangat buruk / lama terdiam tanpa perawatan. Tentunya kolam renang yang menggunakan klorin murni ini memiliki standar prosedur keselamatan dan keamanan yang terawasi oleh tim ahli khusus. Selain berbahaya, Klor yang berbentuk gas murni ini juga memiliki sifat yang sangat asam dengan pH mendekati tingkat asam muriatic. Dengan kata lain, jika kolam renang menggunakannya perlu adanya penyeimbang pH tersebut berupa basa yang sangat banyak sehingga pH kembali ke netral. Maka dari itu, klorin jenis gas akan sangat sulit Anda temui di pasaran. Beberapa jenis atau tipe klorin yang beredar di pasaran berupa :

Liquid atau cair.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaSalah satu tipe klorin yang dibuat melalui proses yang sebelumnya telah di bahas, namun dilewatkan melalui larutan soda kaustik / caustic soda. Cairan kuning (kuat, namun secara kimiawi identik dengan pemutih) memiliki kadar klorin antara 10-15 % dan memiliki tingkat pH yang sangat tinggi hingga 13. Kolam renang yang menggunakan klorin jenis ini cinderung memiliki karakteristik tertentu. Semisal, saat kondisi pH kolam benar-benar asam, sehingga penambahan cairan ini dapat sedikit membantu penyeimbang pH air di samping kandungan klorinnya. Pada prinsipnya, setelah penambahan klorin jenis ini ke kolam renang, dan menunggu beberapa saat hingga klorin cair ini merata ke seluruh air kolam renang, Anda perlu melakukan tes pH dan mengembalikan tingkat pH ke Ideal.

Klorin Cair ini juga sering disebut Sodium Hypochlorite (NaOCl), dan karena sudah berbentuk larutan, sodium-hypo menghasilkan hypochlorus secara instan saat tercampur dengan air. Kita akan sering menemukan penggunaan klorin cair ini pada kolam renang yang besar dan untuk komersial. Namun, cara penggunaan atau pengaplikasian klorin bebentuk cair ini perlu keahlian khusus dan peralatan khusus. Karena dianjurkan jika menggunakan klorin jenis ini pengaplikasiannya melalui proses penyuntikan cairan ke pipa saluran air menggunakan pompa peristaltik. Walaupun harganya cinderung murah dibanding jenis lainnya, Namun, dengan tingkat kesulitan serta keperluan penambahan asam sebagai penetral pH air tentu perlu masuk perhitungan juga.

Tablet Tri-Chlor merupakan klorin berbentuk tablet.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaTri-chlor sesungguhnya adalah kependekan dari Trichloro-s-triazinetrione, bentuk klorin yang telah stabil dan sering digunakan di bebagai jenis kolam renang. Dikatakan “stabilisasi” sebenarnya memiliki arti bahwa klorin ini telah memiliki pendamping, maksudnya pada bentuk tablet klorin sudah terkandung asam sianurat. Sianurat ini juga sering disebut sebagai stabilizer ataupun conditioner yang dapat menjaga molekul klorin dari sinar matahari.

Tri-Chlor ini dibuat dengan megabungkan klorin (Cl) dan garam asam sianurat yang kemudian di press atau di cetak ke bentuk tablet. Pada penerapannya, Anda perlu menguji kandungan asam sianurat setidaknya 1 semester sekali dan mempertahankannya 30-50 ppm.

Klorin berbentuk tablet ini kebanyakan memiliki kadar yang tinggi seperti 90%. Jika dibanding dengan tipe lainnya, klorin berbentu tablet ini cinderung memiliki kadar pH yang rendah berkisar di pH 3. Kebalikan dengan penggunaan jenis sebelumnya, setelah menggunakan klorin jenis ini, Anda mungkin perlu untuk menambahkan cukup banyak basa untuk menstabilkan pH air ke arah ideal.

Bentuknya yang berupa tablet ataupun stik ini cinderung lambat mengalami proses pelarutan saat ditempatkan di alat floater atau pengambang. Tidak disarankan meletakkan tablet klorin di skimmer atau peralatan logam, karena sifatnya yang asam sehingga dengan kata lain memiliki sifat korosif. Karat yang disebabkan dapat mempengaruhi keseimbangan air kolam renang. Selain itu, jenis tablet ini juga tidak dianjurkan langsung melemparnya ke kolam renang dan membiarkannya di dasar. Karena dapat menyebabkan pengikisan pada plester dan menodai lantai. Dengan alat pengambang dan beberapa alat lainnya, penggunaan klorin jenis tablet ini sangat efektif untuk mengendalikan perkembangan ganggang, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Namun, memang harganya cukup mahal dibanding jenis sebelumnya.

Granular Chlorine atau klorin yang berbentuk granular ( butir-butir kecil, atau serbuk).

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaTipe klorin berbentuk granular, berasal dari famili iso-sinurat yang terklorinasi yang disebut Di-chlor. Di-chlor ini kependekan dari Sodium Dichloro-s-triazinetrione. Cara pembuatannya hampir sama dengan tri-chlor, Namun produk yang dihasilkan berbeda. Dengan pH netral 7, tentu sangat dapat diterima masyarakat. Apalagi jenisnya yang berbentuk butiran-butiran sehingga mudah larut dan cepat tersebar ke segala penjuru kolam renang. Berbeda dengan bentuk tablet (tri-chlor), Di-Chlor ini rata-rata memiliki kadar klorin 62%. Dengan kandngan asam sianurat, kadar klorin mampu bertahan lebih lama di air sehingga dapat membantu menjaga kestabilan kondisi air kolam renang Anda. Jenis ini sangat diminati pemilik atau jasa perawatan kolam renang saat ini. Namun, Di-klor ini memiliki kekurangan dari segi biaya, karena harganya lebih mahal dibanding klorin jenis lainnya. Tentu saja, semakin mantap fitur, kemudahan dan efektifitas yang ditawarkan, harga juga cinderung ikut naik.

Ada jenis tambahan klorin bertipe granular ini, dengan nama Hypo-chlorites ( Lithium Hypochlorite ), hampir sama seperti Di-Chlor, jenis yang ini merupakan produk yang tergolong mahal. Dengan hanya 35%, kadar litium yang diperlukan hampir 3lbs yang setara dengan 1 lb tri-chlor. Dengan pH 11 memerlukan penambah asam untuk menjaga keseimbangan air kolam renang. Keuntungan jenis ini dibanding yang lainnya adalah, tidak adanya kandungan kalsium sehingga tidak ada kecinderungan menggumpal atau mengeras yang menjadi faktor air berkabut / berawan. Selain itu, klorin granular jenis ini juga bebas debu dan tidak mudah terbakar, larut dengan cepat sebelum sampai ke dasar kolam renang Anda. Aman digunakan untuk kolam renang dengan lantai/dinding vinyl (yang masih jarang di indonesia).


Selain itu sebenarnya ada nama-nama lain dari jenis klorin yang beredar di pasaran, Namun, kami rasa ketiga hal tersebut sudah cukup mewakili. Selain itu, beberapa jenis lainnya juga memiliki tingkat ketidakstabilan yang cukup merepotkan, dan mudah terkontaminasi oleh zat asing. Jadi, disarankan atau direkomendasikan Anda untuk memilih diantara ketiga hal di atas. Akan tetapi, lebih disarankan untuk menggunakan yang jenis granular ataupun tablet, terutama jika Anda memilih melakukan perawatan sendiri. Jika ada kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya kepada kami. Karena tidak semua hal dapat kami tuliskan di artikel ini. Semoga artikel sebagai penyela kesibukan ini dapat bermanfaat untuk Anda dan menjadi referensi yang berguna untuk kolam renang Anda. Kolam sehat, aman, dan terjamin kesehatannya. Salam.


“Konsultasi GRATIS…!!!,  RAGU untuk BERTANYA..!!? 


Written by / 56 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!