Blog

HomeArtikelMengenal Alat dan Cara menguji Keseimbangan pH kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Mengenal Alat dan Cara menguji Keseimbangan pH kolam Renang

pH merupakan ukuran untuk menentukan seberapa asam atau basakah air. Konsep dari keseimbangan pH ini tidaklah rumit, pH alami akan sangat baik untuk air kolam renang dengan standar ideal 7.4 – 7.6. Range pH ini lah yang menjadi tingkat ideal, mata kita memiliki pH sekitar 7.5. Jika pH air terlalu tinggi, itu akan menggangu pH mata kita, sehingga akan menyebabkan iritasi, gatal dan mata memerah. Jika pH terlalu rendah, mata kita akan terasa kering.

Keasaman (7.2 atau dibawahnya) akan menyebabkan air menjadi agresif, ia akan mengikis berbagai macam elemen di kolam renang terutama elemen-elemen logam dan menimbulkan karat. Soda Ash sering kali digunakan untuk menaikkan pH. Beberapa pemilik kolam renang juga sering menggunakan Sodium Bicarbonate (soda kue) untuk menaikan pH, namun bahan ini juga akan menaikkan Total Alkalinity air.

Kebasaan ( 7.8 atau lebih) jika air kolam renang di atas batas ideal juga akan menggangu kolam renang Anda, terutama kinerja dari klorin menjadi sangat minimal. Untuk menurunkan pH kita dapat menggunakan larutan asam yang tentunya aman saat digunakan untuk kolam renang. Air yang basa akan menimbulkan noda-noda endapan yang dapat merusak keindahan keramik kolam renang Anda. Selain itu, kolam renang juga dapat berubah menjadi berawan / berkabut putih keruh.

Pengukuran pH

Pengujian pH air sangatlah sederhana, kita hanya perlu mencelupkan strip pengukur pH ke air kolam renang, dan mencocokkan hasilnya dengan tabel yang ada di kemasan. Nah, untuk uji dengan DPD / reagen cair, biasanya menggunakan larutan berwarna merah  phenol , Yang akan berubah warna tergantung pada kondisi pH di air. Sebagai contoh penggunaan DPD TAYLOR

  1. Isilah tabung sampel dengan air kolam renang hingga mencapai batas yang ada di sana.
  2. Berikan lima tetes reagen R-0004, dan tutuplah tabung sampel tersebut dan kocoklah. Bandingkan hasil perubahan warna air sampel dengan tabel warna yang ada pada tabung.
  3. Tingkat ideal yang direkomendasikan adalah 7.4-7.6

Penyesuaian atau pengidealan pH

Penyesuaian pH ke tingkat ideal merupakan hal perawatan yang vital dan penting. Direkomendasikan Anda untuk melakukan uji pH air dan penyesuaian minimal seminggu sekali dan setelah pemakaian dengan frekuensi banyak.

pH rendah ( dibawah 7.2 ) – Dimulai dengan menambahkan satu sendok Sodium Bicarbonate ke area  tepi kolam renang yang memiliki paling dalam. Sebarlah ke berbagai area, jangan menambahkannya pada satu area sekaligus, karena akan menimbulkan noda putih pada air kolam renang (berkabut).

pH Tinggi ( diatas 7.8) – untuk menurunkan tingkat pH, tambahkan Asam untuk kolam renang di area yang dalam. Jangan pernah menambahkannya di skimmer.  Biarkan selama satu jam untuk mendapatkan perubahan pH. Tambahkan lagi asam untuk air kolam renang jika pH belum menurun ke tingkat ideal secara bertahap. Jangan memberikan asam sekaligus / langsung banyak, karena akan merusak peralatan logam yang ada di kolam renang.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Tips Penyesuaian pH

  1. Ketika mengidealkan pH menggunakan asam atau sodium bicarbonate, biasanya anda akan melihan hasil tes yang berbeda saat mengeceknya kurang dari satu jam setelah penambahan asam. Pastikan sistem sirkulasi air berjalan, sehingga air bersirkulasi dan bahan kimia asam tercampur merada di air kolam renang. Setelah penambahan asam ke kolam renang, diamkanlah selama 1 jam dengan kondisi sistem sirkulasi menyala.
  2. Jika tingkat pH air kolam renang jauh dari batas ideal, jangan lah menambahkan bahan kimia banyak secara sekaligus. Anda perlu mengidealkannya secara bertahap dari hari ke hari. Tambahkan bahan kimia untuk menstabilkan pH, kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam dengan sistem sirkulasi menyala, lalu tunggulah keesokan harinya untuk melakukan penambahan bahan kimia selanjutnya. Penambahan bahan kimia peningkat asam / basa secara sekaligus dapat menggangu dan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Tingginya tingkat klorin kolam renang dapat menggangu hasil tes pH. Jika kadar klorin tinggi, tunggulah hingga klorin turun ke arah ideal, baru kita melakukan penyesuaian pH
  4. Kolam renang fiber seringkali memiliki pembacaan tingkat pH yang rendah dan mungkin Anda perlu menambahkan beberapa Sodium Bicarbonate untuk menaikkan pH. Jika tidak terjadi perubahan di kemudian hari, atau masalah ini tidak terselesaikan, konsultasikanlah pada tim PROfesional.
  5. Jangan pernah menambahkan lebih dari 1 liter asam per 10.000 liter air secara sekaligus. jika kolam renang membutuhkan bahan lebih banyak, berilah jarak waktu pemberian minimal 12 jam dengan sistem sirkulasi terus berjalan. Hal ini akan membantu agar tidak over pemberian bahan kimia.

 

Written by / 85 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!