Blog

HomeArtikelMengenal Alat dan Cara menguji Kandungan Klorin Kolam renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Mengenal Alat dan Cara menguji Kandungan Klorin Kolam renang

Sekilas Tentang Klorin

Klorin (atau bahan kimianya akrab disebut kaporit) merupakan salah satu elemen kimia yang penting di kolam renang. ia bekerja sebagai sinitasi atau disinfektan untuk membunuh dan membasmi alga serta bakteri di air kolam renang.

Berapa banyak klorin (kaporit) yang diperlukan ?

Sangat penting untuk menjaga tingkat kandungan klorin di air kolam renang. Klorin bebas (free chlorine) merupakan klorin yang terlarut di air dan menunggu untuk mengoksidasi atau membunuh “kontaminan”. Umumnya, kita perlu menjaga kandungan klorin (free klorin) berkisar 1.0-3.0 ppm. Sehingga kita perlu menambahkan klorin (kaporit) ke air kolam renang untuk tetap menjaga kandungan free chlorine di kisaran tersebut. Dengan melakuka pengujian setiap minggunya, dan menambahkan klorin sesuai takaran yang diperlukan, maka klorin di kolam renang akan mensinitasi air secara optimal dan air terjaga jernih bebas dari kontaminan yang menggangu kesehatan perenang. Selain itu, terjaganya tingkat klorin bebas ini juga akan memperingan kerja filter.

Bagaimana cara kita untuk menjaga klorin di tingkat ideal ?

Untuk menjaga agar klorin berada di tingkat ideal, sangat penting untuk rutin melakukan pengujian klorin di air kolam renang. Minimal, kita melakukan pengujian ini seminggu sekali dan setelah kolam renang dipakai oleh banyak orang. Dengan mendapatkan hasil kadar klorin yang ada di kolam renang, kita dapat melakukan perawatan kimia air kolam renang, dan menambahkan kaporit ke air kolam renang sesuai dengan kebutuhan untuk menjaganya di tingkat ideal.

Kata Penting dan informasinya

  • Free Chlorine – Merupakan klorin aktif yang ada di kolam renang yang paling efektif untuk sinitasi atau disinfectan bakteri dan alga. Tingkat atau level dari free chlorin inilah yang perlu selalu kita jaga pada tingkat ideal.
  • Combined Chlorine – Merupakan klorin yang terlah terkombinasi dengan unsur / senyawa lainnya seperti ammonia, nitrogen atau senyawa organik yang ada di air.
  • Total Chlorine – Merupakan total jumlah seluruh klorin yang terkadung di air kolam renang. Penjumlahan dari free chlorine dan combined chlorine.

Semakin tinggi frekuensi penggunaan, intensitas sinar matahari, Suhu air dan rendahnya stabilizer akan membuat kita memerlukan lebih banyak kadar klorin untuk kolam renang. Sebaliknya, frekuensi penggunaan kolam renang yang rendah, kurangnya intensitas cahaya, dan suhu air yang rendah membuat kita hanya memerlukan penambahan sedikit kadar klorin di kolam renang.

Menguji Kandungan Klorin Bebas (free chlorine)

Menentukan keperluan klorin tambahan yang akan kita berikan ke kolam renang sangatlah penting, karena tanpa angka pasti, kita akan kesulitan menjaga tingkat klorin di air kolam renang. Kolam renang bisa jadi mengandung terlalu tinggi atau terlalu rendah klorin. Nah, semakin akurat alat uji yang kita gunakan, akan membuat kita dapat menentukan keperluan tambahan kaporit di kolam renang. Berikut ini beberapa alat uji yang dapat digunakan untuk menguji kandungan free chlorine di kolam renang.

Sebagai contoh, saya menggunakan alat uji DPD TYLOR Testkit,

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

  1. isilah wadah sampel hingga mencapai batas tertentu, pada kasus ini adalah 9 mL. Tambahkan lima tetes reagen R-0001.
  2. Selanjutnya, tambahkan 5 tetes reagen R-0002, tutup wadah tersebut dengan rapat, dan kocoklah agar merata, bandingkan warna perubahan air dengan skema warna yang ada di wadah tersebut.
  3. Catatlah hasil pengamatan Anda, untuk memudahkan tindak lanjutnya.

Setiap alat tentu memiliki intruksi masing-masing yang akan selalu tertera pada kemasan produk atau panduan manual saat Anda membelinya.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaPembacaan Tinggi – Jika hasil tes sampel mencapai batas atas atau batas bawah tingkat ideal , maka Anda perlu melakukan pengujian ulang untuk memastikan kadar tersebut, pastikan Anda mencuci wadah sampel hingga bersih. Untuk tindak lebih lanjut, Anda dapat membawa sampel air ke jasa perawatan kolam renang, untuk mendapatkan hasil uji yang akurat. Jika saat memberikan reagen R-0002, sampel air berubah warna menjadi merah untuk beberapa detik dan kemudian kembali menjadi jernih, ada kemungkinan kadar klorin terlalu tinggi, sehingga menyerang senyawa reagen.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Pembacaan Rendah – Suhu yang panas, intensitas cahaya matahari yang tinggi dan banyaknya penguna kolam renang, ataupun tingginya curah hujan akan menurunkan tingkat klorin di kolam renang kita. Sehingga sangat penting untuk menstabilkannya lagi, agar perenang selalu aman dari berbagai bakteri, gangang dan kontaminan lainnya.

PENTING : Jika Anda menambahkan banyak chlorine ke kolam renang terutama saat shock treatment, jagalah agar kolam renang tidak digunakan dahulu, hingga kadar klorin kembali ideal.





Written by / 85 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!