Blog

HomeArtikelMengenal Alat dan Cara menguji Kandungan Alkalinity Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Mengenal Alat dan Cara menguji Kandungan Alkalinity Kolam Renang

Jika air kolam renang menjadi terlalu asam ( pH terlalu rendah ), air akan menjadi “lapar”, agresif dan mencoba untuk menyeimbangkan dirinya sendiri. pH air kolam renang dapat seimbang dengan sendirinya dengan satu dari dua cara berikut ini :

  1. Air akan mengikis dan mengurai bagian dari plester ( nat keramik kolam renang ), dan mengikis material logam seperti yang ada di pompa, filter dan pemanas.
  2. Air akan mengurai beberapa kandungan material alkaline (Total Alkalinity) yang ada di kolam renang. Tentu saja jalan ke dua ini merupakan jalan yang kita inginkan untuk membantu menjaga keseimbangan pH air kolam renang. Karena TA lebih mudah di ganti atau ditambahkan dibanding jika kita harus mengganti plester, pompa, filter dan pemanas kolam renang.

Kandungan Alkalinity yang ideal akan mencegah pH berubah drastis dan tidak mengikis elemen kolam renang lainnya. Kandungan ideal yang direkomendasikan untuk TA beriksar 80 hingga 120 sehingga mampu membantu untuk menjaga kestabilan pH.

TA yang rendah ( dibawah 80) akan menyebabkan pH tidak stabil dan cepat berubah-ubah baik naik ataupun turun, dan jika dibiarkan, air akan menjadi agresif lalu mengikis / menguraikan berbagai elemen logam di perangkat  dan kalsium di plester di kolam renang.

TA yang tinggi ( lebih dari 120 ) akan menyebabkan air telrihat keruh berawan.

Penggunaan Sodium Bicarbonate ( baking soda ) dapat kita gunakan untuk menaikkan tingkat kandungan TA. Ketika keasaman kolam dapat menurunkan kandungan TA, kita dapat menjaga kekonsistenan dan kestabilan kimia ini dengan melakukan pengujian keseimbangann air seminggu sekali. Sehingga kandungan TA kolam renang dapat konstan dan terkendali pada tingkat ideal yang direkomendasikan.

Pengujian Tingkat Alkalinity Kolam Renang.

Pengujian TA ini akan melibatkan tiga reagen pada DPD tes kit untuk mendapatkan hasil yang akurat.

  1. Isilah tabung / wadah sampel air hingga batas yang tertera di produk dan tambahkan 2 tetes dari reagen R-0007 untuk menetralkan kandungan klorin di sampel tersebut. Jika kadar klorin melebihi 5 ppm, tambahkan lebih banyak tetesan reagen ini untuk menetralisir klorin / mengidealkannya.
  2. Tambahkan 5 tetes dari reagen R-0008, lalu goyanglah hingga air berubah warna dan terlihat kehijauan.
  3. Tambahkan reagen R-0009 setetes demi setetes sambil sedikit menggoyangkan wadah dan hitunglah banyaknya tetesan yang diperlukan hingga air sampel berubah warna dari hijau ke mereah. Kalikan banyaknya tetes yang diperlukan dengan 10 untuk mendapatkan hasil kadar total alkalinitas. Contoh, air berubah dari hijau ke merah memerlukan 9 tetes reagen R-0009. Jadi, 9 tetes reagen x 10 = 90. Sehingga Anda mendapatkan hasil kandungan TA air kolam renang sebesar 90 ppm.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Catatan : jika kandungan klorin terlalu tinggi, akan tampak sekilas perubahan warna dari biru ke kuning. bukannya hijau ke merah. Anda perlu mengulai pengujian dengan menambahkan lebih banyak reagen R-0007 seperti pada langkah nomor 1.

Mengontrol dan Menyesuaikan Total Alkalinity – penyesuaian tingkat pH dan TA akan memberikan pengaruh antar satu dan lainnya. Selalulah untuk melakukan penyesuaian tingkat TA terlebih dahulu, setelah TA ideal barulah Anda melakukan penyesuaian tingkat pH air kolam renang.

Menaikkan kadar TA yang rendah ( dibawah 80 ppm) – dengan sistem sirkulasi yang menyala, tambahkan 500 gr Sodium Bicarbonate secara bertahap di area dekat skimmer dan tepi kolam yang paling dalam. Jangan menuangkan atau menaburkannya sekaligus di satu tempat, karena dapat menyebabkan area tersebut terlihat keruh atau berawan. Diamkan hinggal lebih dari satu jam, lalu lakukanlah pengujian ulang untuk memastikan kadar TA kolam renang. Selalu catat nilai pengukuran keseimbangan air sebelum dan sesudah dalam periode-periode waktu. Sehingga Anda dapat melihat grafik keperluan takaran setiap bahan kimia yang diperlukan oleh kolam renang Anda untuk meningkatkan atau menurunkan salah satu unsur keseimbangan air tertentu.

Menurunkan kadar TA yang tinggi ( di atas 120 ppm ) – tambahkan sekitar satu liter asam kolam renang ( tergantung pada tingkat keasaman dari produk ), bacalah label produk untuk menentukan takaran yang diperlukan.  Tambahkan larutan asam untuk kolam renang ini di area jauh dari perangkat skimmer / inlet agar tidak merusak elemen sirkulasi. Selain itu, tuangkan sejauh mungkin dari dinding kolam renang, Asam ini akan menguraikan TA yang terkandung di air, tanpa terlalu menggangu kestabilan pH. Diamkan selama lebih dari satu jam, dan ujilah kembali kadar TA kolam renang, catatlah hasilnya dan buatlah kesimpulan untuk tindak lanjut berikutnya. Jika kadar TA masih tinggi, Anda perlu melakukan penambahan larutan asam dengan takaran yang disesuaikan dari perubahan di hasil sebelumnya.

 

Written by / 85 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!