Blog

HomeArtikelMengenal Alat dan cara menguji Calcium hardness kolam renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Mengenal Alat dan cara menguji Calcium hardness kolam renang

Calcium Hardness (CA)  atau Kekerasan ( kandungan ) kalsium merupakan ukuran yang menyatakan kadar kalsium yang terlarut di air. Kadar CA perlu di jaga di tingkat minimum 200 ppm. Jika kadar ini nanti telah melebihi 500 ppm, maka air kolam renang perlu dilakukan tindakan pengenceran dengan mengurangi atau membuang air kolam renang 1/3 atau ½ sesuai keadaan, lalu menambahkan air baru yang memiliki kadar CA ideal. Umumnya, kadar CA di kolam renang tidak akan naik secara drastis dalam kurun waktu singkat, Kecuali jika kolam renang kita menggunakan bahan kimia yang memiliki kandungan kalsium seperti kaporit ( Cal Hypo Chlorine ) butiran ataupun tablet.

Cukup banyak permasalahan yang dapat disebabkan kadar CA yang tidak ideal ( sesuai yang direkomendasikan 200-500 ppm). Pertama, aJika kadar CA terlalu rendah (dibawah batas minimal), maka air kolam renang menjadi agresif dengan menjadi lapar akan kandungan pengganti CA untuk menyeimbangkan dirinya sendiri. Keagresifan air ini akan mulai mengikis plesteran pada kolam renang beton, yang awalnya akan mulai mengikis nat atau batas antar kramik untuk kolam renang yang menggunakan finishing kramik. Kedua, jika kadar CA terlalu tinggi, maka kolam renang akan terlihat berawan dan keruh atau akan menyebabkan noda dari pengendapan CA di dinding dan lantai kolam renang.

Menguji Kandungan CA Calcium Hardness

Karena permasalahan CA ini muncul pada kondisi atau situasi yang ekstrim, untuk pencegahan direkomendasikan lakukanlah pengecakan sampel di lab yang menyediakan jasa pemeriksaan kandungan air sebulan sekali, atau undanglah jasa perawatan kolam renang PROfesional untuk memastikan keseluruhan kondisi kolam renang Anda termasuk kondisi air itu sendiri. Faktanya, di lapangan akan ditemukan banyak variabel variabel dan faktor-faktor yang akan mempengaruhi kondisi air kolam renang, jika kita salah menentukan situasi atau kondisi (semisal kesalahan hasil uji), maka permasalahan utama tidak terselesaikan, justru akan menambah dan berdampak munculnya masalah kolam renang baru.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Untuk pengujian kadar CA, kita memerlukan tiga reagen untuk mendapatkan hasil yang mendekati sebenarnya. Pada contoh pengujian kali ini, kita akan menggunakan salah satu produk dari TAYLOR.

  1. Isilah tabung tes Taylor hingga 25 mL dengan air sampel kolam renang, lalu tambahkan 20 tetes dari reagen R-0010.
  2. Tambahkan lagi 5 tetes reagen R-0011L ke sampel dan goyang atau aduklah secara perlahan hingga terlihat warna merah bening.
  3. Tambahkan R-0012 setetes demi setetes secara bertahap, sambil mengaduk atau mengoyangkan sampel secara perlahan dan teruslah menghitung banyaknya tetesan yang diperlukan hingga air sampel berubah warna dari merah , menjadi biru.
  4. Kalikan banyaknya tetesan dengan 10 untuk mendapatkan hasil pembacaan kandungan CA air sampel. Contoh, jika kita memerlukan 30 tetes R-0012 hingga air berubah warna, maka 30 tetes dikali 10 = 300 ppm. Kandungan CA kolam renang beriksar di antara 300 ppm.
  5. Kadar CA yang ideal antara 200 dan 500. Lakukanlah pengujian kadar CA kolam renang sebulan sekali. Terutama jika Anda menggunakan bahan kimia disinfektan yang mengandung kalsium.

 

Written by / 85 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!