Blog

HomeArtikelMengatasi Noda Metal Tanpa Menguras Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Mengatasi Noda Metal Tanpa Menguras Kolam Renang

Identifikasilah noda atau bercak yang mengotori kolam renang Anda agar penangannanya sesuai dan tepat. Karena, noda metal dengan noda organik menggunakan bahan kimia yang berbeda untuk mengatasinya. Pada artikel kali ini, sebagai lanjutan artikel sebelumnya kita akan membahas cara mengatasi noda metal tanpa harus menguras kolam renang.

Persiapkanlah bahan kimia yang akan digunakan untuk mengatasi noda metal, agar lebih optimal dan tersebar merata, letakkanlah pada ember skimmer dan diamkan beberapa hari. Langkah ini merupakan langkah pertama dari serangkaian proses untuk membersihkan noda logam / metal.  Ada beberapa produk yang di tawarkan di pasaran dengan variasi tingkat kekuatanya. Biasakan untuk betanya dan menggali informasi lebih mendalam tentang produk-produk tersebut agar dapat menentukan dosis dan tingkat kekuatan bahan kimia yang diperlukan.  Jika masih ragu, konsultasikanlah pada konsultak kolamr renang yang PROfesional dan dapat memberikan keterangan yang tepat tentang masing-masing produk.

Selanjutnya, Matikanlah semua mesin listrik dan perangkat-perangkat yang ada di area kolam renang. Hal ini dapat meminimalisir pengikisan elemen kolam renang yang bersifat logam dari dampak yang disebabkan oleh bahan kimia yang akan digunakan. Matikanlah seluruh perangkat kolam non-filterasi untuk meminimalisir kontak saat perawatan kolam renang menggunakan bahan kimia yang tergolong berat.

Sifat asam ascrobic yang lebih optimal bekerja saat kadar klorin di kolam redah akan memberi banyak keuntungan. Pastikan bahwa kolam renang Anda tidak digunakan selama proses pembersihan ini. Turunkanlah kadar klorin yang terkandung di kolam renang Anda hingga tingkat antara 0-2 ppm. Cara menurunkan kadar klorin ini dapat dilakukan secara alami dengan waktu yang memang cukup lama ataupun dengan penambahan bahan kimia yang dapat menurunkan kadar klorin kolam renang. Salah satu bahan kimia yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar klorin kolam renang adalah sodium thiosulfat. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang ada di kemasan produk bahan kimia tersebut. Setelah itu, untuk pengganti fungsi klorin sebagai pembasmi organisme di air kolam renang, Anda dapat menambahkan algaesida untuk pencegahan pertumbuhan lumut dan alga sementara selama kadar klorin turun.

Selanjutnya, penggunaan bahan kimia asam ascorbic untuk menghilangkan noda metal di kolam renang. Senyawa asam ascrobic ini juga terkandung di beberapa buah, jika asam iini terkonsentrasi maka akan memberikan kemampuan untuk membersihkan noda metal. Ada alternatif lain sebagai tips untuk pertolongan pertama pada kolam renang pribadi, sebagai cara alternatif selain mencari bahan kimia asam ascrobic, Anda dapat menggunakan tablet vitamin C yang hampir selalu ada di minimarket sekitar rumah. Geruslah vitamin C berbentuk tablet tersebut lalu gosokkanlah ke noda, diamkan beberapa menit noda akan luntur atau terkikis sedikit demi sedikit. Bantulah proses penguraian pengumpalan noda logam dengan menyikatnya. 

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaBersihkanlah noda yang ukurannya atau bentuknya besar dengan memberikan asam ascorbic ke dalam kolam renang. Anda dapat memercikkan larutan ini secara merata ke permukaan air. Sesuaikan dengan kadar kebutuhan yang tertera di produk yang Anda beli. Aturlah tuas filter ke posisi “Circulate” atau sirkulasi, kemudian nyalakanlah pompa. Diamkan kondisi ini selama setengah sampai satu jam. Lalu, periksalah kondisi noda, apakah sudah hilang, mulai terkikis atau masih tetap ada. Jika noda masih ada, maka Anda perlu menambahkan lebih banyak asam ascorbic untuk membasmi noda tersebut dan kondisi tersebut hingga setengah jam bergantung pada spesifikasi sistem sirkulasi dan keluasan kolam renang Anda. Ulangi proses ini hingga kolam bersih.

Terakhir, kembalikanlah kondisi keseimbangan air ke tingkat ideal.  Lakukanlah pemeriksaan pH dan kandungan keseimbangan air lain seperti kekerasan dan alkalinitas berada pada tingkat yang ideal. Setelah kondisi air seimbang atau dapat dikatakan juga sehat, Anda dapat mengembalikan semua peralatan yang sebelumnya telah Anda singkirkan atau matikan pada proses pelenyapan noda logam. Kembalikanlah kondisi perangkat tersebut seperti semula dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk mengembalikan tingkat klorin ke tingkat ideal, yang sebelumnya telah diturunkan.

Tips Pencegahan Agar Noda Logam Tidak Muncul Lagi.

Agar noda logam ini tidak muncul kembli di kolam renang Anda, tentu perlu adanya kegiatan rutin untuk mengendalikan dan tindak pencegahan penggumpalan zat logam di kolam renang. Nah, berikut ini kegiatan pencegahan agar noda logam tidak muncul di kolam renang Anda.

Rutinlah melakukan perawatan kolam renang.  Salah satu faktor timbulnya noda di kolam renang adalah sistem sirkulasi dan filterasi yang tidak berjalan secara optimal. Nah, melakukan perawatan secara rutin dan benar dapat menjadi kegiatan pencegahan yang paling ampuh. Untuk mengetahui kadar atau tingkat kandungan logam di air kolam renang Anda, bawalah sample dengan teknik pengambilan sampel yang tepat ke laboratorium atau meminta bantuan jasa kolam renang untuk mengeceknya. Karena peralatan yang digunakan untuk mengukur kadar dan tingkat kandungan logam di air secara akurat dapat dikatakan mahal, maka opsi inilah yang paling tepat.  Selain mengontrol kandungan logam, tentu Anda juga perlu mengontrol tingkat pH dan kesieimbangan air kolam lainnya. Pastikan kondisi air sehat dan berada di tingkat yang ideal.

Untuk ekstra perawatan Anda dapat melakukan pembersihan dengan “shock treatment” dengan kadar sedang untuk mencegah pertumbuhan lumut dan rutin melakukan penyikatan dasar dan lantai kolam renang setidaknya seminggu sekali.

Pencegahan lain adalah dengan mengetahui kadar kandungan logam pada air sumber yang Anda gunakan untuk mengisi ataupun menambah air kolam renang. Karena air sumber ini juga menjadi salah satu penyebab penambahan kadar logam di kolam renang. Pastikan air yang anda gunakan untuk menambah air kolam renang tidak mengandung tingkat logam yang tinggi. Gunakanlah agen air yang resmi dan profesional jika ingin lebih praktis dan terkontrol. Selain tindakan pencegahan ini Anda juga dapat menggunakan zat pengisolir yang sering dikenal juga dengan sebutan Chelators. Zat ini akan mengikat mineral yang dapat menjadi tindakan pencegahan mineral yang mengambang bebas di air dan sehingga menimbulkan noda. Terlebih lagi jika Anda menambahkan kantong filter / absorben yang sekali pakai. Ini tentu akan meringankan kerja filter. leteakanlah kantung ini pada keranjang saring yang ada di pompa.

Selain itu, menggunakan perangkat-perangkat tambahan yang dapat membantu pencegahan masuknya logam dari lingkungan tentu akan sangat membantu. Salah satu perangkat tambahan yang dapat Anda aplikasikan adalah memanfaatkan penutup / cover kolam renang. Cover ini dapat meminimalisir air hujan yang masuk ke kolam ataupun kotoran-kotoran seperti debu dan lain lainnya yang dapat membawa molekul-molekul logam.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP