Blog

HomeArtikelMenaikkan Menurunkan pH Air Kolam Renang dan Faktor yang Mempengaruhinya
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Menaikkan Menurunkan pH Air Kolam Renang dan Faktor yang Mempengaruhinya

pH menjadi salah satu elemen yang penting untuk keseimbangan kimia air kolam renang. Tingkat keasaman-kebasaan air ini dapat mempengaruhi kinerja bahan kimia yang kita gunakan untuk menyeimbangkan air kolam renang.

pH merupakan istilah yang merujuk pada kadar ion hidrogen (H+) yang terkandung di air. Nilai atau hasil dari pengukuran ini akan menunjukkan apakah air masuk ke kategori asam atau basa. Sekala ukur yang digunakan untuk membagi kedua kategori ini ditunjukkan oleh angka 0 hingga 14, dimana semakin mendekati angka 0, maka kondisi air dinyatakan semakin Asam dan jika semakin mendekati angka 14 kondisi air dikategorikan semakin basa. dengan nilai air yang netral di angka 7.

Pada kasus kolam renang, tingkat keasaman-kebasaan (pH) air yang direkomendasikan dan dinyatakan ideal berada di tingkat 7.4 – 7.6 atau beberapa sumber juga menyatakan 7.2 – 7.6. Karena pada tingkat inilah air kolam renang aman dan nyaman digunakan oleh manusia dan pada tingkat ini free chlorine dapat bekerja optimal, dan tidak akan menyebabkan oksidasi ( karat ) pada material logam kolam renang, ataupun membentuk endapan noda pada lantai ataupun dinding kolam.

Jika pH terlalu rendah ( di bawah 7 )

  • Air akan menjadi asam
  • Klandungan klorin di air akan hilang secara cepat.
  • Menyebabkan iritasi pada mata
  • Pengikisan pada dinding plester dan nat kramik kolam renang
  • Material logam yang ada di sekitar area kolam renang akan mengalami korosi / karat
  • Mineral logam yang terlarut dapat menyebabkan noda pada dinding.

Jika pH terlalu tinggi ( di atas 8 )

  • Chlorine ( kaporit ) akan bekerja tidak efisien dan lambat.
  • Membentuk noda dan memudarkan warna dinding kolam
  • Air menjadi keruh berawan
  • Filter cepat penuh dan dalam jangka waktu lama akan cepat merusak filter (overworked)
  • Dapat menyebabkan iritasi mata

Maka dari itu, pH sangatlah perlu untuk rutin di pantau dan di jaga keseimbangannya pada tingkat yang ideal, agar kolam renang kita terhindar dari masalah-masalah di atas. DIrekomendasikan untuk menjaga tingkat pH pada range 7.4 – 7.6. Seperti telah disinggung sebelumnya, kita memerlukan beberapa bahan kimia untuk menjaga kestabilan pH air kolam renang. Nah, untuk menaikkan pH, kita akan menjumpai beberapa produk bahan kimia yang ada di pasaran, diantaranya adalah Soda Ash ( Sodium carbonate ). Jangan pernah menambahkan lebih dari 2 lbs sodium karbonat di 10.000 gallons pada sekali perawatan, ada aturan main yang perlu di ikuti. Selain itu, saat menambahkan bahan kimia ke kolam renang, selalu nyalakan pompa dan sistem sirkulasi agar bahan kimia yang kita tambahkan dapat didistribusikan ke seluruh zona air kolam renang. Berikut ini tabel yang dapat menjadi contoh penggunaan bahan kimia, Namun, selalu perhatikan label yang tertera pada produk yang Anda beli, karena setiap bahan kimia memiliki nilai konsentrat yang berbeda-beda.

Tabel Pertama, – Menaikkan Tingkat pH Air kolam renang dengan Soda Ash ( Jika pH kolam renang berada di bawah 7.4, maka kita perlu menambahkan soda ash sesuai takaran, tapi, jika kondisi air kolam renang terlalu asam, jauh di bawah 7, maka kita perlu melakukan perawatan secara bertahap, jangan pernah memberikan lebih dari 2 lbs soda ash pada 10 ribu gallons air dalam sekali perawatan )

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Tabel kedua – Jika pH terlalu tinggi kita perlu menurunkannya dengan memanfaatkan bahan kimia muratic acid ( hydrochloric acid) atau sodium bisulfate. Berhati-hatilah saat menambahkan larutan asam ini ke area kolam renang, pastikan Anda tidak menuangkannya di dekat material yang berbahan logam ataupun di dekat dinding kolam. Ingatlah konsep kita menambahkan bahan kimia ke air, bukan sebaliknya. Maka, jika Anda ingin melarutkan bahan kimia terlebih dahulu dalam sebuah ember sebelum menuangkannya kekolam renang, pastikan Ember terisi air terlebih dahulu, barulah Anda berikan bahan kimia sesuai takaran. CATATAN : 10 lbs sodium bisulfate dapat sebanding dengan 1 gal muratic acid.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

 

CatatanPastikan untuk selalu membaca label produk dan petunjuk penggunaan, karena setiap produk bahan kimia, khususnya bahan kimia untuk kolam renang memiliki tingkat konsentrat yang berbeda-beda. Selalu ikuti takaran yang tertera di produk dan sesuaikan dengan volume air kolam renang Anda. Selain itu, selalu gunakan peralatan keamanan saat berinteraksi dengan bahan kimia jenis apapun, seperti sarung tangan khusus untuk bahan kimia, masker, kacamata pelindung, dan direkomendasikan untuk menggunakan pakaian panjang untuk melindungi lengan dan kaki jika terjadi cipratan bahan kimia.

 

Faktor Yang Dapat Mempengaruhi pH

Menurunkan pH Menaikkan pH
Larutan Asam Soda Ash
Klorin Sodium Hypochlorite
Penggunaan Tri-Chlor Calcium Hypochlorite
Penggunaan Di-chlor Caustic Soda
Air Hujan Bicarbonate of Soda
tawas Ekskresi Pengguna
Organik Pertumbuhan Alga
Penambahan air eksternal Penambahan air eksternal

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP