Blog

HomeArtikelMenaikkan dan Menurunkan Total Alkalinity (Buffer) Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Menaikkan dan Menurunkan Total Alkalinity (Buffer) Kolam Renang

Jika kita membahas Total Alkalinity (TA) akan sangat dekat kaitannya dengan pH yang sudah di bahas di artikel sebelumnya. Jika tingkat pH di hitung dari kandungan ion hidrogen di air, Total Alkalinity atau di singkat TA merupakan hasil ukur yang dinyatakan dalam satuan parts per milion (ppm), yang merupakan hasil pengukuran tingkat kandungan total alkali yang ada di air diantaranya karbonat, bikarbonat dan hidroksida, akan tetapi yang paling umum dan mendominasi adalah kandungan bikarbonat (bicarbonates). Nah, kandungan ini yang sering kita sebut sebagai (buffer) penetral asam, karena kandungan ini akan mencegah perubahan pH secara drastis. Sehingga dapat dikatakan bahwa Total alkalinity merupakan istilah untuk perhitungan kemampuan air dalam melakukan perlawanan atau pencegahan perubahan terhadap tingkat pH.

Tingkat Total Alkalinity harus di jaga pada range 80 hingga 150 ppm.

Jika tingkat TA terlalu TINGGI : pH air kolam menjadi labil dan sulit untuk di idealkan. Tingginya pH akan menyebabkan masalah seperti air menjadi berawan / berkabut, mengurangi keefektifan kinerja dari zat disinfectant, munculnya noda di lantai / dinding kolam renang serta dapat menyebabkan permasalahan pada filter dan heater kolam renang.

Jika tingkat TA terlalu RENDAH : pH juga akan menjadi labil dan saat kita gunakan bahan kimia perawatan kolam renang lain yang mengandung asam, pH dapat turun secara drastis dan dapat menyebabkan pengikisan ataupun karat pada material logam.

Baik tinggi atau rendahnya TA yang ada di air, jika tidak berada pada range yang direkomendasikan 80 – 150 ppm, tentunya akan menyebabkan permasalahan. Yang paling utama adalah menggangu kestabilan pH, dan tidak stabilnya pH akan berpengaruh juga pada keefektifan bahan kimia pembasmi kontaminan di air. Semua kandungan yang ada di air perlu kita jaga di kondisi ideal yang telah direkomendasikan, karena jika salah satu dari elemen yang ada di air ini tidak ideal, akan mempengaruhi elemen-elemen lainnya.

Nah, pada artikel kali ini juga akan kami berikan beberapa tabel takaran sebagai contoh untuk menaikan ataupun menurunkan kandungan Total Alkalinity atau Alkalinitas air kolam renang (Buffer), dengan berbagai macam bahan kimia. Akan tetapi, pastikan Anda selalu membaca label yang tertera pada produk bahan kimia kolam renang yang Anda beli. Karena setiap produk memiliki nilai atau tingkat konsetrat kimia yang berbeda-beda. Tabel berikut ini hanya sebagai referensi ataupun contoh kasus yang bahwa untuk menggunakan bahan kimia, kita perlu menyesuaikan takarannya dengan volume kolam renang.

*Catatan : selalu gunakan perlengkapan keamanan saat berinteraksi dengan bahan kimia seperti kacamata pelindung, sarung tangan karet, masker dan lain sebagainya.


Menaikkan Tingkat Total Alkalinity (buffer)

 Jika kandungan TA air kolam renang Anda berada pada tingkat dibawah 80 ppm, maka Anda perlu untuk menaikkannya dengan bantuan bahan kimia, berikut ini beberapa bahan kimia yang sering digunakan untuk menaikkan tingkat Total Alkalinity kolam renang. Disini yang kita bahas adalah bahan kimianya bukan nama produk yang ada di pasaran. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi untuk menentukan produk yang mengandung bahan kimia ini.

Kadar atau tingkat Total Alkalinity dapat di naikkan dengan menambahkan sejumlah soda bicarbonate (sodium bicarbonate, baking soda). Menambahkan soda bicarbonate pada 10.000 gallons air akan menaikkan kandungan TA air sebesar 10 ppm. Untuk lebih lengkapnya, dapat Anda simak di tabel 1.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Tabel  1  Menaikkan Alkalinity dengan Sodium Bicarbonate.

Pada beberapa kasus atau kejadian di lapangan, bahan soda ash juga dapat digunakan untuk menaikkan total alkalinity air. disetiap 1 lb (pound) atau sekitar 453,6 gram soda ash akan menaikkan 60% lebih banyak TA dibanding 1 lb (pound) Sodium Bicarbonate. Selain lebih efektif, soda ash juga lebih murah dan mudah didapatkan. Akan tetapi, permasalahannya saat kita menggunakan soda ash untuk menaikkan TA, ia juga akan mempengaruhi peningkatan pH air. Hal ini dapat menyebabkan air menjadi tampak keruh dan akan memicu munculnya noda. Maka dari itu, penggunaan soda ash sangatlah tepat digunakan untuk menaikkan TA jikalau kondisi tingkat pH kolam renang perlu dinaikkan juga. Ataupun, jika kita hanya perlu menambahkan sedikit TA dengan sedikit dosis soda ash, sehingga tidak terlalu mempengaruhi kenaikan pH.  Selengkapnya dapat Anda lihat di tabel 2.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Tabel 2. Menaikkan Alkalinity Menggunakan Soda Ash

Di pasaran, kita akan menjumpai beragam macam produk bahan kimia kolam renang untuk meningkatkan Total Alkalinity dengan berbagai macam kandungan kimia yang ada di dalamnya. Nah, ada satu produk yang mengkombinasikan kedua bahan kimia di atas, Sodium Bicarbonate dan Soda As. Hasil kombinasi dari kedua senyawa kimia itu akan menghasilkan produk berupa sodium sesquicarbonate atau sodium hydrogen carbonate yang akan memberikan fungsi untuk meningkatkan kandungan TA di air kolam renang lebih banyak dibanding sodium bicarbonate, akan tetapi tidak menyebabkan pH naik secara signifikan seperti soda ash. Simaklah tabel 3 untuk melihat takaran yang diperlukan menyesuaikan dengan volume kolam renang di rumah Anda.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Tabel 3. Menaikkan Alkalinity Menggunakan Sodium Sesquicarbonate

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja


Menurunkan Tingkat Total Alkalinity

Total Alkalinity dapat kita turunkan tingkatnya dengan menambahkan sejumlah muratic acid atau sodium bisulfate.  Senyawa asam memerlukan takaran atau dosis hingga 1 quart untuk setiap 10,000 gallons air. Pengujian tingkat TA perlu dilakukan setidaknya 2 jam setelah penambahan senyawa asam ke air kolam renang. Catatan, saat menggunakan bahan kimia dalam dosis yang cukup besar, dianjurkan untuk menambahkannya secara bertahap ke kolam renang seiring dengan dilakukannya pengujian, agar kadar TA terus terpantau dan dari hasil yang didapat akan menunjukan takaran yang diperlukan untuk tahap selanjutnya.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Tabel 4. Menurunkan kadar Alkalinity Menggunakan Muratic Acid

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Tabel 5. Menurunkan kadar Alkalinity Menggunakan Sodium Bisulfate

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP