Blog

HomeArtikelMenaikkan dan Menurunkan kadar Calcium Hardness kolam renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Menaikkan dan Menurunkan kadar Calcium Hardness kolam renang

Saat membahas Calcium Hardness, akan sangat dekat kaitannya dengan Total Dissolved Solid (TDS). Jika Calcium Hardness spesifik membahas kandungan kalsium di air dan dampak-dampaknya, sedangkan TDS sendiri merupakan keseluruhan kandungan senyawa padat (Solid) yang terlarut di air kolam renang, yang Calcium sendiri masuk dalam hitungannya.

Calcium hardness digunakan untuk menyatakan tingkat dan kandungan garam kalsium yang terlarut di air. Pada kondisi yang normal, kandungan ini tidak akan menyebabkan masalah pada kolam renang yang tersirkulasi dan terawat dengan baik. Banyak referensi yang memberikan range atau tingkatan kadar CA yang direkomendasikan sebagai titik ideal, pada prinsipnya untuk kolam renang dengan material beton dan finisihing plester / kramik perlu menjaga tingkat CA di kisaran 200 hingga 250. Karena, jika Calcium Hardness terlalu rendah akan menyebabkan air kolam renang menjadi agresif dan haus akan kalsium. Sehingga air akan mengikis kandungan kalsium yang ada di plester atau nat antar kramik yang tentunya dapat merusak permukaan finishing kolam renang kita. Begitu juga jika kadar CA terlalu tinggi, hal ini akan memicu air menjadi keruh berawan dan munculnya pembentukan noda pada dinding dan lantai kolam renang. Selengkapnya dapat Anda simak di Mengenal Istilah Di Kolam Renang : Calcium Hardness.

Untuk menaikkan kadar Calcium Hardness kita dapat menambahkan Produk Peningkat CA yang ada di pasaran. Material atau senyawa yang terkandung dalam produk peningkat kadar CA di air kolam renang ini umumnya mengandung Calcium Chloride.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Untuk menurunkan kandungan calcium hardness di air, Hydrous trisodium phosphate dapat menjadi opsi atau alternatif. Sebagai referensi untuk Anda, salah satu contoh penggunaan takaran bahan kimia ini adalah dengan menggunakan 1 pound atau setara dengan 453.59 gram untuk 10,000 gallons air (sekitar 38.000 liter) dapat menurunkan kadar CA sebanyak 11 ppm. Turunkanlah kadar CA secara bertahap seiring dengan melakukan tes selang beberapa waktu setelah penambahan bahan kimia ini. Metode paling mudah untuk menurunkan kadar CA sekaligus TDS di air kolam renang adalah dengan mengganti sejumlah air kolam renang dengan air baru yang masih fresh. Hal ini akan lebih efektif dan tidak menambahkan kandungan phosphate di air kolam renang.


Berhubung saling berdekatan, pada artikel kali ini kita juga akan menyinggung Total Dissloved Solids (TDS).Seperti sudah di singgung di awal artikel ini tentang TDS, Seiring berjalannya waktu, TDS di air kolam renang akan  terus meningkat. Walaupun, jika secara alami peningkatan ini tidaklah signifikan, Biasanya air kolam renang direkomendasikan di ganti setelah 3-5 tahun. Hal utama yang paling mempengaruhi peningkatan TDS di air kolam renang adalah limpahan air hujan yang membawa senyawa-senyawa padat terlarut dari luar kolam renang, selain itu penggunaan bahan kimia juga akan mempengaruhi TDS di air kolam renang.

Perlu di ketahui, bahwa semakin sedikit TDS yang ada di air kolam renang akan semakin baik, Idealnya jagalah TDS air kolam renang kita di bawah Angka 2.000 ppm. Nah, untuk menurunkan kadar TDS di air kolam renang, satu-satunya cara adalah dengan me”refresh” air kolam dengan air yang baru. Jika tingkat TDS masih pada batas wajar, kita tidak perlu mengganti keseluruhan air kolam renang, Untuk perawatan bulanan juga dapat kita masukkan ke agenda untuk merefresh air kolam. Semisal kita hanya perlu merefresh ¼ atau 1/3 air kolam renang dengan air yang baru di setiap bulannya. Selengkapnya dapat di simak pada artikel Mengenal Istilah di Kolam Renang : Total Dissolved Solids (TDS)

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP