Blog

HomeArtikelMemperbaiki lantai cor beton dak kolam renang yang rusak
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Memperbaiki lantai cor beton dak kolam renang yang rusak

Lantai kolam renang Anda terbuat dari finishing beton atau plester ? Lapisan lantai retak-retak, pecah, atau rusak? Nah, walaupun dengan konsentrasi adukan yang bagus dan kualitas hasil pengerjaan permukaan lantai yang baik, tidak menutup kemungkinan akan terjadi retakan atau pecah-pecah, ada ruang kosong di dalam cor dll. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya umur dari beton itu sendiri. Untuk memperbaikinya, Anda akan memerlukan beberapa alat dan bahan seperti berikut ini.

  • Palu
  • Cetok
  • Semen
  • Pasir (Relatif, Sesuai Kondisi kerusakan dan kebutuhan)
  • Kuas
  • Wadah, Ember dll.
  • dan lainnya, silahkan Anda sesuaikan

Alat dan bahan di atas bersifat relatif, menyesuaikan kondisi di lapangan. Sebagai contoh, pada artikel kali ini , kami memberikan langkah-langkah sederhana untuk menambal atau memperbaiki lantai cor / dak / beton kolam renang yang rusak dengan sekala kecil. Kenapa sekala kecil ? karena, untuk sekala menengah dan besar, Agar hasilnya maksimal dan berkualitas, kami sarankan agar Anda menyerahkan masalah tersebut  pada ahli di bidang bangunan, renovasi, dan atau kolam renang. Nah, untuk kerusakan dengan sekala kecil, Anda dapat melakukan perbaikan sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Tentunya langkah-langkah ini perlu Anda sesuaikan dengan kondisi yang Anda hadapi di lapangan. Apa yang kami bagikan pada artikel ini, belum tentu seluruhnya akan cocok di terapkan pada kolam renang Anda, Akan tetapi secara global, inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan saat memperbaiki cor,dak,beton lantai kolam renang yang rusak.

Langkah 1 – Hilangkan Bagian Yang Rusak.

Buanglah bagian-bagian pada lantai cor beton Anda yang mengalami kerusakan. Nah, jika kerusakan lantai beton kolam renang berupa retakan, Anda perlu sedikit memecahkannya untuk mendapat space yang cukup dalam dan lebar untuk menambahkan semen pengganti permukaan agar dapat merekat baik  dengan konsetrat beton di bawahnya. Anda dapat menggunakan palu atau gerinda untuk sedikit meleburkan sebagian dari sisi kiri dan kanan serta bagian tengah yang retak. Buatlah rongga setidaknya 1 inci antara sisi satu dan lainnya (sesuai kondisi).

Langkah 2 – Carilah Lokasi Lantai Beton Yang Didalamnya Kosong

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaAkan sangat mudah menemukan lokasi atau titik dimana kerusakan seperti pecah atau retak pada lapisan permukaan dak beton kolam renang untuk segera melakukan perbaikan. Namun, ada hal lain yang perlu Anda cari selain kerusakan yang dapat terlihat kasat mata. Ada permukaan finishing lantai beton (acian) yang terlihat masih baik-baik saja, tetapi ternyata sudah terlepas dari kontruksi cor dak lantai kolam renang bagian bawahnya. Dengan kata lain, Acian atas permukaan finisihing dak beton kolam renang Anda, memiliki ruang kosong di bawahnya. Nah, jika Anda mengabaikan bagian ini, maka tak akan lama akan muncul pecahan atau retakan baru pada permukaan finishing lantai beton kolam renang. Maka dari itu, bersamaan dengan melakukan perbaikan pada kerusakan yang terlihat, akan lebih baik jika Anda juga memperbaiki bagian-bagian yang kopong atau kosong, agar tidak ada lagi retakan yang akan terjadi pada waktu dekat.

Untuk mencari lokasi atau titik dimana kerusakan seperti dijelaskan di atas, Anda hanya perlu mengetuk-ketuk dengan tangan atau alat yang tidak akan merusak beton. Ketuklah di setiap permukaan terutama bagian-bagian yang terlihat mengembang / mengembung. Dari suara hasil ketukan, Anda  dapat mengidentifikasi titik-titik yang lapisan bawahnya kosong.

Jika sudah ditemukan, lakukanlah perbaikan pada permukaan plester ini dengan pertama-tama menghilangkan lapisan plester yang mengambang / kosong dengan cara menghancurkannya menggunakan palu. Pastikan tidak ada lagi ruang kosong yang tersisa pada sisi-sisinya.

Selanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah membersihkan Permukaan yang telah Anda hancurkan pada langkah sebelumnya. Pastikan tidak ada sisa pecahan-pecahan plester / acian, debu, dan kotoran lainnya.

Langkah-3 Isilah rongga-rongga yang cukup besar dengan adukan semen pasir.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaNah, jika ditemukan kerusakan yang dalam, maka Anda perlu membuat adonan semen pasir (direkomendasikan untuk membuat adonan yang cukup “tua”). Isilah rongga-rongga yang cukup dalam dengan adonan tadi, sisakan sedikit ruang di permukaan, sekiranya cukup untuk penambahan lapisan finishing Acian dan tampak rata dari acian atau plester dak yang lama. Setelah Anda mengisi rongga-rongga yang besar dan dalam, tunggulah hingga plesteran tadi telah kering. (Kami merekomendasikan sebelum memberikan isian pada rongga yang besar dan dalam, taburlah semen murni ke area tersebut kemudian baru di isi dengan adonan. Hal ini ditujukan agar adonan semen pasir dapat merekat kuat pada bagian cor dak lantai kolam renang yang lama.

Langkah-4 Lakukanlah Proses FInishing Permukaan

Setelah tambalan untuk lobang-lobang yang dalam, selanjutnya kita perlu melakukan finishing pada permukaan agar terlihat lebih rapi, dan menutup pori-pori cukup besar dari adonan yang telah kering sebelumnya. Penutupan pori-pori ini dengan semen murni sering disebut dengan proses pelicinan atau acian. Nah, aduklah semen dengan air secukupnya hingga membentuk tekstur lembek (jangan terlalu encer). Siramkan atau oleskan adonan acian tadi ke area-area yang akan di tambal lapisan finishingnya, dan untuk meratakan Anda dapat menggunakan kuas serta cetok.

Langkah-5 Buatlah Tekstur yang Anda inginkan.

Nah, untuk permukaan lantai dak dengan finishing beton / plester, kita memerlukan permukaan yang agak kasar agar tidak licin saat terkena air. Untuk membuat tekstur kasar ini, Anda dapat menggunakan beragam alat yang dapat membuat tekstur tidak rata. Anda daapat menggunakan sapu lidi, kuas, ataupun spon. Yang jelas, jika pada plesteran lantai lama memiliki tekstur, usahakan agar tekstur yang Anda buat saat memperbaiki lapisan finishing lantai kolam renang dari beton ini sama atau mirip dengan finishing tekstur yang lama.

 

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP