Blog

HomeArtikelMembuat Sendiri  Air Terjun Sederhana Dengan Batu Bertingkat
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Membuat Sendiri  Air Terjun Sederhana Dengan Batu Bertingkat

Menambahkan fitur air terjun pada kolam renang akan menambahkan nuansa kesegaran air. Mendengar suara gemercik jatuhnya air akan membuat suasana lebih rileks. Ada banyak macam fitur pembuat air terjun yang ada di pasaran, hanya dengan menambahkan jalur outlet sistem sirkulasi, kita dapat memiliki air terjun. Tapi, pilihlah tipe dan jenis air terjun yang sesuai dengan tema kolam renang Anda. Nah, bagi Anda yang punya kolam renang dengan nuansa alami, membuat air terjun dengan menggunakan elemen batu air dan tanaman akan memberikan nilai boost pada  nuansa alami di kolam renang yang sangat signifikan. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan langkah-langkah sesederhana mungkin bagaimana membuat air terjun (waterfall) kolam renang dirumah dengan mudah dan material yang minimal.

Pertama, berikut ini beberapa alat dan bahan yang akan Anda butuhkan.

  • alat ukur / Meteran
  • Gergaji
  • 2 x 4“ balok kayu (sesuai kebutuhan)
  • Lembaran papan ¾” (sesuai kebutuhan)
  • Paku dan Palu
  • Sambungan Pipa T
  • Sistem Pemipaan Tambahan Sesuai Kebutuhan
  • Pelapis Waterproof
  • Batu asli & buatan
  • Semen Instant (Mortar yang kuat)
  • Cat berbahan Latex
  • Gabus / styrofoam
  • dll

Langkah 1 – Membuat Landasannya

Langkah awal untuk pekerjaan ini adalah membuat landasan yang kuat. Ukurlah panjang dan lebar dari sisi kolam renang yang akan Anda tambahkan elemen air terjun di sana. Lalu, tentukan berapa banyak tingkat atau tinggi tumpukan batu yang akan Anda buat. Dengan mengetahui kedua hal itu, kita dapat menentukan ukuran kerangka yang diperlukan dan akan kita buat dengan bahan kayu.

Potonglah balok 2×4 sesuai dengan ketinggian yang Anda perlukan, yang akan digunakan sebagai pilar atau kaki pondasi penahan kerangka yang nantinya akan di isi dengan bebatuan dan tanaman. Buatlah beberapa pilar untuk dapat menyongkong beban batu yang nantinya kita letakkan. Banyaknya pilar-pilar ini sesuai dengan panjang area di sisi kolam renang yang akan dibuat air terjun. Perkuat pilar dengan menambahkan beberapa balok kayu ukuran kecil untuk membuat kerangka rak sesuai dengan jenjang tingkat yang diinginkan.

Kemudian, potonglah papan untuk membuat jenjang rak pada kerangka yang telah di buat,  dan jalur pipa yang diperlukan. Pastikan Anda membaut skema krangka yang sedemikian rupa agar air yang nantinya mengalir akan jatuh kembali ke kolam renang dan tidak keluar dari jalur. Anda juga perlu untuk membuat cassing atau penutup pada jalur pipa yang akan ditutup batu bagian atasnya agar tidak terlihat. Sehingga aliran air tampak muncul secara alami dari celah batu.

Jika kontruksi di atas sudah jadi, pindahkan kerangka tadi ke tempat dimana Anda akan membuat air terjun, cobalah apakah kerangka dapat kokoh pada posisi tersebut, atau masih memerlukan beberapa tambahan kerangka pendukung. Setelah Anda yakin, Lapisilah kerangka rak tadi dengan linner atau semacam plastik / vinyl berwarna sehingga kerangka kayu tidak terlihat.

Langkah 2 – Memodifikasi Pompa Kolam Renang ( jalur pemipaannya )

Anda tidak perlu membeli pompa tambahan untuk memberi dorongan air pada air terjun yang akan dibuat. Anda dapat melakukan sedikit modifikasi untuk sistem sirkulasi yang sudah ada. Pertama, matikan pompa dan perangkat lainnya. Nah, selanjunya Anda tinggal menambahkan satu jalur pada sistem pemipaan yang sudah melalui filter. Carilah posisi yang terdekat dengan lokasi air terjun, dan pastinya buatlah sistem pemipaan yang rapi dan tidak menggangu pemandangan ataupun menggangu pengguna kolam renang nantinya. potonglah bagian pipa return (yang kembali ke kolam renang) dan tambahkan sambungan pipa T. Lakukan instalasi jalur pemipaan yang menuju ke kerangka yang telah Anda posisikan pada lokasi air terjun yang diinginkan. Untuk mencegah kebocoran, Anda dapat menambahkan cairan waterproof pada pipa saat menyambung satu pipa dan lainnya.

Cobalah untuk menyalakan pompa, pastikan ada air yang akan melewati jalur pemipaan yang mengarah pada air terjun Anda. Jika tidak ada yang muncul atau terlalu kecil, permasalahan sebenarnya adalah pemilihan titik percabangan pipa. Tekanan air lebih cinderung mengarah lurus dibanding naik atau berbelok ke samping, kecuali di jalur depan terdapat hambatan sperti T, L dan lainnya.

Langkah 3 – Susunlah Struktur bebatuan.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaSekarang, Anda tingal memberikan sedikit sentuhan dekorasi artistik. Anda bisa mulai menyusun bebatuan membentuk miniatur tebing alami. Potong dan letakkanlah sytrofoam di sekeliling dasar yang terbuat dari kayu, bentuklah dan rangkailah potongan-potongan tak beraturan sedemikian rupa hingga cocok dan pas berada di sana dan buatlah tampilan dan warnanya semenarik mungkin. Akan sangat membantu jika Anda sudah memiliki sketsa perencanaan hasil akhir yang diinginkan, jadi anda tinggal menyesuaikan bentuk dan susunannya sesuai dengan apa yang telah ada di sketsa.

Setelah Anda selesai dengan styrofoam, mulailah menaruh bebatuan asli. Gunakanlah bebatuan bebatuan alam asli untuk membentuk struktur pada permukaan air terjun Anda, karena air sedikit demi sedikit akan mulai mengikis styrofoam jika digunakan untuk permukaan. Setelah pada bagian aliran air tersusun bebatuan alam asli, penuhilah area sekitarnya dengan bebatuan buatan yang dapat Anda beli di toko dekorasi.

Setelah selesai dengan keseluruhan bentuk yang diinginkan, lapisilah dengan kertas berlapis logam (metal lathe) untuk menyelimuti permukaan dan lumasilah dengan mortar. Gunakanlah material mortar yang cepat kering dan buatlah tekstur sesuai dengan yang Anda inginkan semisal tekstur tebing curam, retak-retak, bergelombang atau yang lainnya sesuai dengan gambar yang Anda inginkan. Pembuatan tekstur ini merupakan bagian terpenting saat kita menginginkan tampilan yang sealami mungkin.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Langkah 4 – Finishing atau penyelesaian

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaAir terjun sudah terbentuk dan hampir selesai, hanya saja masih terlihat buruk karena warna mortar polos yang kurang terlihat menarik. Maka dari itu, setelah mortar kering, Anda perlu memberikan warna pada struktur dan tekstur yang telah terbentuk dengan cat yang berbahan dasar latex untuk exterior. Cat dengan bahan latex akan lebih tahan air , pilihlah warna yang dapat mempercantik air terjun Anda. Tapi, beberapa lapis cat memang diperlukan untuk menghasilkan finishing yang sempurna. Buatlah benda-benda ini terkreasi dengan baik dan terciptalah suasana alami yang diinginkan.

Setelah Cat keirng, jalankan sistem pompa, setelah semua berjalan dengan baik maka air dari pipa yang tersembunyi akan tampak keluar dari celah-celah batu bagian atas dan turun mengikuti gravitasi dan teraarah kembali ke kolam renang. Untuk lebih memperindah, Anda dapat memberikan sentuhan tanaman-tanaman untuk memberikan nuansa lebih alami dan sejuk segar.

 

Written by / 97 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP