Blog

HomeArtikelMembuat Jadwal Perawatan Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Membuat Jadwal Perawatan Kolam Renang

Kolam renang perlu perawatan. Hal itu sudah sering di singgung di artikel-artikel sebelumnya. Faktanya, memang kolam renang membutuhkan perawatan dari segala macam elemen, terutama airnya. Sebagai elemen utama kolam renang, air perlu di jaga agar tidak mengganggu kenyamanan atau kesehatan penggunanya. Nah, dengan desain kolam yang baik dan dengan perencanaan yang matang, membersihkan dan perawatan kolam renang pasti akan lebih dipermudah. Apalagi jika didukung oleh segala jenis alat-alat yang akan membantu kita menjaga kebersihan kolam renang.

Merawat air kolam dengan RUTIN maka Anda akan menghemat Bahan Kimia (chemical) kolam renang. Mungkin akan terkesan berlawanan, tapi jika Anda memahami dua hal di bawah ini, tentu kalimat di atas akan masuk akal.

Lebih mudah untuk menjaga kadar kimia di kolam renang dibandingkan jika harus memperbaikinya.

Analogikan saat anda mengedarai sepead kayuh. Anda akan memerlukan lebih tenaga saat memulai mengayuhnya, namun setelah sepeda berjalan dengan lancar, Anda akan lebih mudah untuk menjaga kecepatan sepeda tersebut. Selama Anda dapat menjaga kecepatan dan keseimbangan yang baik, Anda tidak perlu memulai untuk mengayuh sepeda dari awal lagi. Sehingga dapat berpergian dengan waktu yang cukup lama dengan tambahan sedikit kayuhan hanya sekedar untuk menjaga kecepatannya.

Prinsip sepeda tadi sama seperti kandungan kimia di kolam renang Anda. Jika Anda menjaga keseimbangan dari kandungan kimia air di tingkat ideal, Anda akan mendapati kolam renang terjaga jernih dan sehat tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra untuk pembelian bahan kimia jika terjadi permasalahan seperti gangang, keruh, berbau dan lain sebagainya.

Berarti, merawat dan menjaga kondisi keseimbangan air kolam renang di tingkat Ideal, lebih mudah, hemat waktu dan tenaga karena tidak banyak yang perlu Anda lakukan.

Semua kandungan kimia air di kolam renang Anda saling berkaitan dan berefek antara satu dan lainnya.

Menjaga dan Merawat kolam renang Anda tidak memerlukan kuliah atau pemahaman kimia murni, karena sudah banyak fitur, alat, dan sarana-sarana yang akan membantu Anda untuk menguji, menentukan kadar keperluan bahan kimia, dan menggunakan bahan kimia tersebut ke kolam renang.

Dengan kata lain, selama Anda mengikuti jadwal, perencanaan, serta melakukan cek yang akurat pada kandungan kimia air kolam renang, Anda tidak akan perlu kuwatir dengan hal-hal mendetail yang rumit seperti unsur-unsur yang terdapat di air kolam renang Anda, dan pengaruh antara satu dan lainnya. Dengan perawatan rutin dan terjadwal, Anda akan terhindar dari penggunaan bahan kimia dengan ekstra dosis di luar perencanaan dan penjadwalan. Seperti penambahan kimia untuk pembasmi alga / ganggang , akibat kolam renang yang hijau. Karena penggunaan bahan kimia dengan dosis tinggi, akan mempengaruhi kandungan kimia air kolam renang lainnya. Sehingga Anda perlu melakukan pengecekan ulang, dan pengidealan hingga semua kandungan keseimbangan air berada pada tingkat ideal.

Dari kedua poin di atas, rasanya sudah cukup meyakinkan jika merawat kolam renang secara rutin dan terjadwal akan lebih efisien dan hemat dibandingkan harus melakukan kerja ekstra dan pengeluaran ekstra akibat permasalahan-permasalahan spesifik di kolam renang. Nah selanjutnya, kita akan sedikit membahas tentang apa hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat jadwal perawatan kolam renang, dan bagaimana cara membuat jadwal perawatan kolam renang (maintenance schdule)

1) Pilihlah Satu Sumber Perawatan Kolam Renang

Setiap kolam itu berbeda, dan setiap orang juga berbeda, jadi tidak ada sumber atau perencanaan yang “cocok untuk semua jenis” yang dapat menyelesaikan semua masalah. Karena setiap permasalahan, perlu adanya penelusuran dan pendeskripsian sumber-sumber dari masalah tersebut, sehingga dapat diselesaikan secara tepat, efisien , dan efektif. Tapi dari manapun Anda mendapat sumber, keterangan & saran tentang perawatan kolam renang baik itu dari aplikasi, website ini, toko kolam renang, atau teman. Hal yang paling penting adalah konsisten.

Pastikan Anda tidak terburu-buru untuk mengambil langkah, terutama saat awal memiliki kolam renang. Pilihlah dan mintalah saran dari situs atau penyedia layanan perawatan kolam renang yang memiliki reputasi baik, PROfesional dan dapat Anda percaya. Bacalah setiap petunjuk baik dari artikel atau tips-tips yang ada hingga Anda benar-benar paham. Terutama tentang chemical yang akan digunakan untuk perawatan kolam renang Anda. Bertanyalah pada pihak tersebut, jika Anda mengalami kendala atau kurang paham akan penjelasan yang mereka berikan.

Setelah Anda memahaminya, pilihlah satu perencanaan dan metode perawatan kolam renang dan buatlah itu sebagai pegangan utama Anda. Berikan tambahan-tambahan dan sesuaikan dari sumber lainnya jika memang sesuai dengan kolam renang yang Anda miliki. Kami berharap, Anda akan memilih untuk berkonsultasi kepada TimPRO 🙂

2) Pilihlah seseorang untuk membantu

Anda tidak harus melakukan semua hal berkaitan perawatan sendiri. Anda dapat meminta bantuan anggota keluarga yang tinggal di rumah. Merawat kolam renang bersama dapat mempererat hubungan Anda dan keluarga, serta menumbuhkan rasa memiliki bersama dan menjaga kebersihannya bersama. Akan tetapi, jika Anda termasuk orang yang baru akan memulai melakukan perawatan sendiri, pertama kali tentu akan terasa berat dan merepotkan, ini hal yang wajar karena Anda belum terbiasa. Maka dari itu, mencari pendamping untuk merawat kolam renang bersama akan memperingan serta ada teman untuk berdiskusi dan bercanda.

Jika Anda memiliki seorang anak, dan Anda memilih anak untuk membantu Anda merawat kolam renang bersama, Sebaiknya, pekerjaan perawatan kolam renang lebih banyak Anda yang menangani. Keterlibatan Anak hanya untuk menumbuhkan rasa memiliki bersama, hindari memberikan tugas yang rumit kepada Anak Anda. Berikan mereka tugas yang spesifik, dan bagilah tugas sesuai kemampuan setiap Anggota keluarga Anda. Terkecuali jika Anak Anda sudah memiliki cukup umur untuk memahami hal-hal tentang perawatan kolam renang ini. Semisal SMA / SMK, bimbing lah mereka secara bertahap. Mulai dari mengangkat penampungan skimmer dan membersihkannya, menyikat dek kolam renang, lalu bimbing dan ajarkan mereka untuk memvakum kolam renang. Untuk tugas keseimbangan air serta pompa dan filter, sebaiknya Anda tangani sendiri sebelum Anak Anda dewasa.

3) Mengetahui Frekuensi dan Kebiasaan Keluarga Menggunakan Kolam Renang

Membaca banyak panduan dan banyak bertanya tentu akan membantu Anda lebih memaami tentang perawatan kolam renang, tapi seperti yang sebelumnya di sebutkan, setiap kolam renang dan orang itu berbeda. Terutama jika menyangkut pengaturan jadwal perawatan. Salah satu perbedaan itu terlihat dari keunikan dan keefektifan jadwal jika di sesuaikan dengan frekuensi atau kebiasaan keluarga menggunakan kolam renang.

Apakah Anda atau keluarga berenang setiap hari atau mungkin hanya dua kali saat hari Sabtu dan Minggu? Apapun kebiasaan Anda atau keluarga, diskusikanlah bersama untuk menentukan waktu yang tepat. Sehingga jadwal ini tidak berbenturan dengan kegiatan / aktifitas harian, serta tidak menggangu saat kolam renang sedang digunakan.

4) Mulailah Membuat Jadwal

Selanjutnya, berikut ini langkah perawatan yang harus dilakukan dan ada di list perawatan mingguan. Anda bebas untuk menambah poin-poin lain yang tentunya di sesuaikan dengan kondisi kolam renang Anda. Pastikan poin-poin utama dan umum ini masuk dan dilaksanakan secara konsisten.

  • Vakum kolam renang, walaupun lantai terlihat bersih dan masih jernih, Anda perlu melakukan pemvakuman agar menghindari terjadinya penumpukan kotoran di lantai kolam renang.
  • Angkat Kotoran dari kolam renang dan sikatlah kolam renang 2x dalam seminggu. Mengangkat dan menjaring dedaunan, plastik, ranting, bahkan hewan mati yang terlihat di kolam renang perlu Anda lakukan sesering mungkin. Karena ini bukan pekerjaan yang berat dan perlu teknik khusus, maka Anda dapat memberikan tugas ini kepada anggota keluarga yang lain.
  • Jalankan pompa 10-12 jam per hari.
  • Perawatan Kimia 2x seminggu. Lakukan pengujian dan perawatan kimia air setidaknya 2 x seminggu dengan frekuensi yang konsisten. Sehingga kolam renang selalu siap di gunakan.
  • Lakukan Shock Treatment seminggu sekali dan setelah kolam renang digunakan oleh banyak orang. Jika ada tamu keluarga besar dan menggunakan kolam renang, setelah kolam tidak digunakan, lakukanlah shock treatment.

Poin dan daftar di atas akan memenuhi kebutuhan perawatan mingguan kolam renang Anda. Akan tetapi, berikut ini beberapa daftar atau poin yang bersifat continu namun tidak dapat masuk dalam penjadwalan mingguan. Tapi poin di bawah ini juga penting untuk dilaksanakan.

  • Dapatkan keakurasian hasil pemeriksaan air setidaknya dua bulan sekali dengan membawanya ke lab. Atau sebulan sekali untuk mendapatkan perawatan ekstra dari penyedia jasa perawatan KOLAMRENANGPROfesional
  • Lakukanlah pengekcekan pada alat-alat kolam renang Anda seperti filter, pompa, tangga, telusuran, dll. Pastikan Bersih dan tidak ada korosi atau karat.

5)     Jadwal yang Sederhana

Buatlah list dan jadwal perawatan kolam renang yang sederhana dan tempelkan di dinding, dekat pompa, atau di sekitar lingkungan kolam renang yang mudah di akses dan di lihat. Selain itu, buatlah cheklist yang dapat di bawa saat melaksanakan perawatan kolam renang. Checklist ini juga sebagai panduan dan pengingat untuk hari perawatan berikutnya, terutama jika di jadwal Anda ada lebih dari dua orang untuk pembagian tugas. Tuliskan nama penanggung jawab kolam renang di hari tersebut dalam kolom jadwal. Sehingga jelas siapa yang bertangung jawab di hari A,B,C atau minggu pertama, minggu kedua dst.

Jika Anda menggunakan apliakasi panduan perawatan kolam renang sebagai cheklist perawatannya, Maka pastikan Anda menempelkan jadwal dan nama penanggungjawab di pembagiannya sehingga tidak ada alasan dan semua Anggota keluarga yang terlibat dapat saling mengingatkan. “Pembagian Jadwal Piket yang Sederhana” akan mudah dipahami bersama.

Buatlah List Kebutuhan Perawatan, Rencanakan se-real mungkin, lalu mulailah dan konsistenlah melaksanakannya.
Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana langkah untuk membuat jadwal dan list perawatan kolam renang, di artikel sebelumnya kami sudah memberikan beberapa contoh list yang dapat Anda gunakan sebagai refrensi. Buatlah daftar APA yang akan Anda lakukan dan DI HARI APA Anda akan melakukannya. Tambahkan nama penanggungjawab jika Anda meminta bantuan Anggota kelaurga lainnya , sehingga dapat tetap konsisten dilaksanakan. Lakukanlah Evaluasi di setiap akhir bulan untuk memperbaharui dan membuat jadwal lebih efisien dan efektif untuk diterapkan di kolam renang Anda.

Written by / 79 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!