Blog

HomeArtikelMembersihkan Filter di Kolam Renang ( D.E Filter )
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Membersihkan Filter di Kolam Renang ( D.E Filter )

D.E filter memerlukan setidaknya perawatan backwash setiap empat hingga enam minggu. Proses ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang terperangkap pada media filter.  Untuk melakukan backwashing filter D.E sangatlah mudah dan hanya memerlukan waktu setidaknya 10 menit. Akan tetapi, filter jenis ini memerlukan perawatan tahunan yang didalamnya termasuk pembersihan grid / serat jaring yang ada didalam filter. Diperlukan tingkat kehati-hatian dan ketelitian untuk membersihkan bagian ini, direkomendasikan untuk menyerahkannya pada tenaga profesional. Grid ini sangat rentan robek.

Setiap DE Filter dan Sand Filter menyediakan fungsi waste pada tuas kontrolnya, hal ini bergunsi untuk mengeluarkan atau membuang air keluar dari area kolam renang. Beberapa jenis dari tipe DE ini juga menyediakan selang pembuangan dengan diameter 2 inci, tujuannya untuk mengarahkan pembuangan air agar tidak mencemari lingkungan. Anda juga dapat membeli selang ini dengan diameter yang perlu disesuaikan pada kondisi sambungan / port pipa yang ada. Jika Anda sudah memilih filter jenis ini dari awal saat proses pembangunan, biasanya sudah disediakan jalur khusus instalasi pemipaan permanen untuk proses pembuangan (waste).

Catatan PENTING : Pahamilah dan kenalilah semua peralatan yang Anda miliki, dalam hal ini peralatan di kolam renang. Pastikan Anda mengetahui fungsi dari handel atau tuas yang ada di filter. JANGAN PERNAH memutar tuas atau memindahkannya ke posisi lain saat pompa masih berjalan. Hal ini dapat berakibat merusak gasket yang ada di dalam tuas, atau lebih buruknya akan merusak peralatan ini secara fatal. Tuas ini harus di set pada posisi FILTER sebagai kondisi normal .  Ada beberapa setting yang tertera pada label di tuas, biasanya 4 hingga 6 settingan. Bacalah selalu petunjuk manual yang tertera pada produk yang Anda miliki.

Apa maksud dan tujuan dari setiap label yang ada di sana ?

  • FILTER – Digunakan ketika Anda menjalankan sistem sirkulasi kolam renang dan filterasi air kolam renang.
  • BACKWASH – membersihkan media filter atau mencucinya.
  • RINSE – Pembilasan setelah proses backwash
  • WASTE – Untuk pembuangan air kolam renang ke luar, digunakan untuk moment tertentu seperti untuk mengurangi ketinggian air.
  • CLOSE – Digunakan jika tingkat air berada di bawah tingkat ideal, atau penutupan fungsi filter secara total. Sering juga di aplikasikan saat kolam renang vakum dalam waktu lama dan tidak digunakan.
  • RECIRCULATE – Fungsi ini digunakan untuk pengaturan sistem sirkulasi tanpa fungsi filter. Jadi sistem sirkulasi tetap berjalan ( pompa menyala ) akan tetapi tidak dilakukan pemfilteran air pada filter yang di set / atur RECIRCULATE. Sering di aplikasikan saat seseorang memiliki lebih dari satu filter, dan salah satunya mengalami masalah.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja


Cara Membersihkan DE Filter :

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

  1. Matikan pompa kolam renang.Jika Anda memiliki selang untuk pembuangan air kolam renang, pasanglah dan arahkan ke area luar kolam renang yang sekiranya tidak akan mengganggu lingkungan. Pastikan jalur selang tertata dengan  baik, tidak ada yang terlipat ataupun tersumbat. Namun, jika kolam renang Anda sudah terinstal sistem pemipaan untuk pembuangan air secara permanen, makan Anda tidak perlu repot-repot menggunakan selang.  Cukup pastikan saluran pengeluaran bebas dari hambatan dan tidak tersumbat.
  2. Putar tuas kontrol ke arah BACKWASH, nyalakan pompa dan biarkan menyala hingga 30 deitk sampai satu menit. Anda akan melihat kotoran-kotoran baik gumpalan atau butiran-butiran akan keluar. Untuk melihat apakah filter telah bersih atau belum, Anda dapat melihatnya dari kaca transparan kecil yang ada di dekat tuas kontrol. Saat Anda melakukan backwashing dengan kondisi filter yang kotor, maka Anda akan melihat air yang melewati kaca tersebut kotor dan tidak jenrih. Nah, saat air sudah terlihat jernih stabil, matikanlah pompa.
  3. Putar tuas kontrol ke arah RINSE dan nyalakan kembali pompa selama 15-30 detik. Matikan pompa.
  4. Kembalikan tuas kontrol ke arah BACKWASHING, nyalakan pompa dan biarkan air keluar hingga bersih, biasanya sekitar 1 menit. Matikan pompa.
  5. Ulangi langkah 2 sampai 4 hingga air yang melewati kaca transparan terlihat stabil dalam kondisi jernih.
  6. Setelah bersih, jangan lupa untuk mematikan pompa. Lalu, ubahlah tuas kontrol kerah FILTER. Buanglah sisa air yang ada di selang, ambilah selang dimulai dari ujung selang yang berada di luar, gulunglah sambil membuang sisa air didalamnya. Letakkan gulungan itu didekat filter, jangan lepas sambungan dari filter ke selang. Jika selang setelah di gulung terisi air lagi, maka ada kemungkinan gasket yang ada di filter mengalami kebocoran atau retak.
  7. Jika sudah semua tertata dan kembali seperti posisi sebelumnya, nyalakanlah pompa dan siapkan serbuk DE yang nantinya akan kita tambahkan.

Menambahkan Serbuk DE untuk DE filter ( jangan pernah gunakan Serbuk DE untuk Sand Filter )

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Serbuk Diatomaceous Earth(DE Powder) saat kita melakukan backwash, akan ada serbuk DE yang ikut terbuang, hal ini karena serbuk yang berbentuk kecil dan lolos dari grid / jala penahannya. Nah, maka dari itu, setelah backwash dan rinse kita perlu menambahkan Serbuk DE sebagai pengganti yang hilang.

Untuk menambahkan serbuk DE, kita tidak perlu membuka casing filter. Cukup menambahkannya di dekat skimmer saat pompa berjalan dan tuas kontrol berada pada posisi FIlter. Serbuk DE akan masuk dan tersangkut pada grid. Takaran penambahan D.E ini perlu Anda sesuaikan dengan Label yang tertera di kemasan produk serbuk DE.

Dianjurkan oleh Produsen Serbuk DE untuk menambahkan serbuk DE, kita perlu melarutkannya terlebih dahulu di ember atau tempat lain. Barulah menuangkan larutan tersebut secara perlahan ke area dekat skimmer kolam renang pada saat sistem sirkulasi menyala (pompa ON, dan Tuas Kontrol FILTER).

PERHATIKAN : Jangan mencium atau membau serbuk DE. Selalu gunakan masker, kacamata pelindung, dan sarung tangan. Biasanya produk serbuk DE berbentuk kemasan dari pabrik, kami rekomendasikan Anda untuk memindahkannya ke wadah lain untuk penyimpanannya. Gunakan wadah yang tertutup rapat ( ada seal karet ) sebagai pengganti kemasan dari pabrik

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP