Blog

HomeArtikelMemahami Indikator Kontrol Tekanan Air di Filter
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Memahami Indikator Kontrol Tekanan Air di Filter

Mengetahui cara membaca tekanan air pada filter kolam renang, serta memahami cara perawatan jika tekanan tidak normal akan sangat bermanfaat untuk menghemat waktu dan uang Anda. Kebanyakan kolam renang, filternya akan dilengkapi indikator tekanan air. Alat ini akan membaca besarnya tekanan air yang ada di dalam filter. Memahami cara kerja alat ini akan sangat mempermudah kita untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kolam renang.

Lakukanlah pengecekan secara teratur untuk melihat indikator tekanan air di filter ini. Setidaknya, lakukanlah pengecekan atau kontrol seminggu sekali, bersamaan dengan pengontrolan elemen-elemen lainnya. Akan lebih mudah, jika Anda memiliki checklist atau daftar yang akan membantu Anda untuk mengontrol segala elemen kolam renang. Baik itu cheklist mingguan, bulanan, ataupun triwulan.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaBeberapa tipe filter, memiliki alat indikator ini yang terletak di bagian atas / samping filter. Berbentuk lingkaran yang didalamnya terdapat angka-angka 0 hingga 60 yang diperjelas dengan garis lebih panjang atau tebal di setiap kelipatan angka 5 atau 10. Angka yang ditunjuk oleh jarumĀ  akan merepresentasikan besarnya tekanan air yang ada didalam filter dengan satuan psi (pounds per square). Anda perlu mengetahui tekanan yang ideal dan normal (Angka normal ini bisa Anda dapatkan saat filter pertama kali di pasang dan dioperasikan, catatlah angka yang ditunjukkan oleh jarum pada saat itu). Umumnya, dengan melihat indikator ini, Anda dapat menilai kondisi filter di dalam. Jika tekanan sudah melebihi batas 10 psi, maka disitulah saatnya filter dibersihkan, backwash, ataupun di ganti tergantung kondisi filter Anda. Catatan : pastikan Anda melihat buku panduan manual yang disediakan untuk pemilik kolam renang. Terkadang ada sedikit perbedaan antara filter satu dan lainnya. Jika mengalami kesulitan, panggilah jasa perawatan kolam renang, untuk membantu Anda merawat kolam renang, dan mengajari atau memintanya untuk menjelaskan cara-cara pengontrolan alat-alat kolam renang.

Jika tekanan air yang ditunjukkan oleh indikator terlihat sangat kecil, Maka ada kemungkinan sesuatu atau kotoran menyumbat / menutup jalur sirkulasi kolam renang. Pastikan Anda cek di skimmer, jalur inlet, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya, air kolam bergerak mengarah ke filter malalui tenaga pompa, jika tekanan air di filter sangat kecil, maka ada kemungkinan gangguan di pompa ataupun gangguan di jalur pengiriman air ke filter.

Sedangkan, Jika tekanan air yang terbaca di filter lebih tinggi dari tekanan normal seharusnya, dapat dikatakan filter Anda akan bekerja lebih keras untuk menyaring air. Kemungkinan karena air yang terlalu kotor, atau filter memang sudah saatnya di bersihkan. Akan tetapi, ada kalanya setelah membersihkan kita membersihkan filter, tidak ada perubahan, pada saat inilah dapat diartikan adanya gangguan pada sambungan, pipa, katup, atau perangkat lainnya di mesin filter.

Jika indikator jarum tidak setabil, atau naik turun. Ada kemungkinan karena ketinggian air kolam renang Anda kurang, terutama untuk kolam renang berjenis skimmer. Ketinggian air yang kurang akan menyebabkan air tidak mencapai skimmer sepenuhnya. Sehingga ada udara yang masuk ke sistem sirkulasi dan akan mempengaruhi tekanan pada filter. Namun, jika di lihat tidak ada masalah di ketinggian air, Maka ada kemungkinan skimmer atau bak skimmer Anda sudah penuh dan saatnya dibersihkan. Tersumbatnya jalur inlet ini akan mempengaruhi masuknya air ke dalam sistem sirkulasi terutama ke filter yang akan mempengaruhi indikator tekanan air tidak stabil.

 

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP