Blog

HomeArtikelLangkah Sederhana Merencanakan Pembangunan Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Langkah Sederhana Merencanakan Pembangunan Kolam Renang

Langkah awal di setiap pembangunan adalah perencanaan. Kita harus menentukan dan memilih berbagai macam hal secara hati-hati, disamping mengingat budget atau dana yang dimiliki. Perencanaan yang matang dan semakin mendekati real akan mempermudah Anda saat proses pembangunan kolam renang. Terutama jika kolam renang yang Anda pilih bertipe inground, maka kolam renang ini menjadi bangunan permanen. Sehingga sangat disayangkan jika hasilnya tidak sesuai perencanaan dan impian Anda. Kualitas dan ketahanan perlu menjadi pertimbangan ekstra, agar kontruksi kolam renang tidak mengalami berbagai macam masalah seperti rembesan, keretakan, terkelupasnya lapisan luar, dan lain sebagainya.

Nah sebagai panduan atau langkah sederhana saat merencanakan pembangunan kolam renang, berikut ini beberapa tahap yang dapat membantu Anda untuk memulai mewujudkan keinginan Anda dan keluarga memiliki kolam renang.


Langkah 1 : Tentukan Bagaimana Kolam Renang Ini Nantinya Digunakan.


Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Apa tujuan utama Anda membangun kolam renang tersebut, dan manfaat utama apa yang Anda ingin dapatkan dari kolam renang itu. Hal-hal ini perlu dipertimbangkan sebagai gambaran awal untuk mewujudkan kolam renang sesuai keinginan. Semisal Anda ingin kolam renang ini sebagai sarana rileksasi, tempat hiburan bersama keluarga dan teman, ataupun sebagai sarana olah raga. Perlunya mendefinisikan tujuan utama kolam renang Anda adalah untuk gambaran yang akan membantu tahap perencanaan lainnya. Seperti tema, nuansa, corak, warna dan lain sebagainya. Selain tujuan dari kolam renang, Anda juga perlu mendefinisikan siapa yang nantinya akan menggunakan kolam renang ini. Jika Ada anak-anak, ataupun orang yang sudah usia lanjut tentu perlu ada pengamanan ekstra dan perlengkapan tambahan. Karena keselamatan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dan dijaga.

Untuk lebih rinci dan detail tentang tahap perencanaan ( Planning ), agar Anda dapat lebih mengambarkan dan mendeskripsikan kolam renang ini nantinya. Bacalah artikel berikut ini : Tahapan Pembuatan Kolam Renang ( Planning )


Langkah 2 : Pertimbangkan Aspek Keuangan / Budget yang diperlukan dan tersedia.


jasa pembuatan kolam renang jogjaSebaik apapun rencana Anda untuk membangun kolam renang, tanpa adanya perhitungan dan persiapan budget atau dana khusus akan mengganggu proses pembangunannya. Bisa saja proses pembangunan berhenti di tengah jalan akibat kurangnya dana. Nah, maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan Aspek keuangan. Aspek ini tentu saja seiring dengan rencana Anda.

Nah, selain dari sisi persiapan dana Anda. Ada sisi positifnya juga untuk lebih memastikan perlindungan untuk mengawal proses pembangunan kolam renang ini. Masih masuk di aspek finansial, Sebaiknya Anda Memiliki Perlindungan Asuransi. Terutama jika kolam renang yang akan dibangun bersifat komersial dan besar. Kontraktor yang baik, akan menyarankan dan membantu Anda dalam proses kepengurusan asuransi, selain itu kontraktor juga akan memberikan garansi tertentu. Pastikan pengawalan dan perlindungan ini jelas dan tertulis di kontrak.

Diluar tahap pembangunan, terutama bagi Anda yang merencanakan membangun kolam renang pribadi, perlu untuk mempertimbangkan juga untuk pengeluaran tambahan di setiap bulannya. Karena , kolam renang tidak dapat dibiarkan begitu saja, perlu adanya perawatan untuk menjaga kesehatan, keamanan dan kenyamanan kolam renang. Jika Anda tidak ingin waktu tersita oleh hal-hal perawatan tersebut, pastikan Anda mengontrak jasa perawatan kolam renang. Hal ini tentu memerlukan biaya ekstra, namun untuk kesehatan dan keamanan Anda dan Keluarga saat berenang tentu bukanlah masalah yang perlu Anda pusingkan berlebihan.

Pembahasan Terkait : Perkiraan Harga Jasa Pembuatan Kolam Renang


Langkah 3 : Tentukanlah Ketersediaan dan kondisi lahan yang akan di bangun kolam renang.


Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaUntuk membangun kolam renang, tentu diperlukan space atau tempat yang cukup. Selain memperhitungkan dimensi ketersediaan lahan yang akan Anda manfaatkan sebagai kolam renang atau sekedar tempat spa (berendam). Perlu diperhatikan juga kemiringan permukaan tanah, tipe tanah serta aksesbilitas untuk keluar masuknya material kontruksi.

Pembangunan kolam renang akan lebih mudah dan murah jika kondisi medan tanahnya cinderung datar, berbeda jika kondisi lahan miring seperti di daerah pegunungan, lereng, ataupun puncak. Biaya pembangunannya akan lebih mahal, karena perlu adanya kontruksi khusus yang disesuaikan dengan kemiringan yang Ada, serta ada kemungkinan perlunya timbunan jika kondisi tanah terlalu curam. Selain kemiringan, kondisi tanah yang berbatu akan lebih sulit digali, namun memiliki kepadatan yang baik. Sebaliknya kondisi tanah yang gembur memerlukan pemadatan terlebih dahulu agar meminimalisir kemungkinan penurunan tanah yang dapat menyebabkan keretakan cukup besar di semua jenis kontruksi baik rumah, jembatan, kolam renang, ataupun lainnya.

Untuk lebih meyakinkan, dan memastikan kondisi lahan, sebaiknya Anda mengkonsultasikan ataupun meminta bantuan kepada tenaga profesional. Ada beberapa kontraktor yang menawarkan survei dan konsultasi GRATIS… Manfaatkanlah hal tersebut semaksimal mungkin. Kami KolamRenangPro membuka pintu untuk Anda yang memerlukan bantuan baik konsultasi ataupun survei.


Langkah 4 : Desain lah Kolam Renang Impian Anda.


Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaSetelah Anda mendapatkan ukuran dan kondisi lahan yang tersedia, tujuan kolam renang itu, dan ketersediaan ataupun perencanaan dana yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah menuangkan semua hal tersebut kedalam sebuah desain. Dengan menyesuaikan dengan beberapa hal tersebut, akan membuat Anda lebih mudah mendapatkan gambaran tentang desain dan bentuk kolam renang yang akan Anda bangun. Anda dapat mencari beragam referensi dan inspirasi dari berbagai gambar desain kolam renang yang ada di internet, akan tetapi pastikan tidak menirunya. Karena setiap kolam renang memiliki keunikan masing-masing hasil dari penyesuaian hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya. Sederhananya, tentu semua orang ingin kolam renang seperti di hotel-hotel yang indah dan penuh pernak pernik cahaya di malam hari, akan tetapi apakah budget, ketersediaan lahan mendukung? atau, apakah hal tersebut pantas hadir di kolam renang pribadi yang bukan ditujukan untuk komersil. Hal inilah yang dimaksud setiap kolam renang pribadi memiliki keunikannya tersendiri.

Pembahasan Terkait : 5 Langkah Mudah Mendesain Kolam Renang


Langkah 5 : Konsultasikanlah Pada Jasa Konsultasi Profesional Kolam Renang


Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaHal inilah yang selalu di ulang-ulang di setiap artikel. “konsultasi” Janganlah ragu untuk konsultasi tentang rencana ataupun perawatan kolam renang Anda. Kami akan menjadi sahabat Anda dan memberikan solusi yang pas dan tepat sesuai kondisi perencanaan Anda. Konsultasikan desain atau sketsa kasar hasil gambaran keinginan Anda kepada tim Profesional Kolam Renang Kami. Sehingga kami dapat memberikan kepastian apakah desain ini dapat diaplikasikan di lahan yang tersedia. Ataukah jika diperlukan tambahan-tambahan kontruksi penguat jika lahan memiliki kondisi yang tidak rata atau tanah bersifat labil. Semisal Anda mengalami kesulitan dalam menuangkan ide atau keinginan kolam renang tersebut di dalam sketsa atau desain, kami siap membantu Anda untuk mengambarkan kolam renang impian Anda yang sesuai dengan hal-hal di atas.


Langkah 6 : Pilihlah Tenaga atau Jasa Pembangunan Profesional untuk Kolam Renang Anda.


jasa pembuatan kolam renang jogjaMemilih kontraktor atau jasa pembangunan kolam renang yang profesional perlu waktu ekstra dan kehati-hatian. Janganlah terpengaruh atau tergiur dengan berbagai macam promo murah-murah. Pastikan Jasa Kontraktor Pembangunan yang akan Anda ajak kerjasama memiliki trackrecord yang baik. Anda dapat meminta rekomendasi dari teman, kerabat, sanak saudara yang sebelumnya sudah pernah berkerja sama dengan kontrakor pembangunan. Selain itu, Anda perlu pembanding, setidaknya Anda perlu berbicara dengan 3 kontraktor tentang rencana pembangunan kolam renang. Bandingkanlah dan pilihlah yang menurut Anda Profesional dan telah terbukti hasil kerjanya nyata baik dan tepat waktu.

Pembahasan Terkait : Tips Memilih Kontraktor Kolam Renang


Langkah 7 : Pilihlah Peralatan Kolam Renang Anda.


peralatan kolam renangDengan memilih jasa penyedia peralatan yang mutunya terjamin Anda dapat dengan santai dan rileks melihat brosur dan menyesuaikannya dengan kebutuhan peralatan kolam renang Anda. Selain elemen atau peralatan utama untuk sistem sirkulasi kolam renang, pastikan Anda juga memiliki peralatan untuk perawatan dan teskit. Hal yang paling utama dalam pemilihan peralatan adalah saat menentukan kapasitas, fitur, dan spesifikasi dari elemen penyusun sistem sirkulasi kolam renang. Karena sistem inilah yang akan membantu menjaga kejernihan dan kebersihan air kolam renang Anda.

Pembahasan Terkait : Beragam Peralatan Yang Dibutuhkan Kolam Renang

Written by / 36 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!