Blog

HomeArtikelKolam Renang Menurut Jenis dan Fungsinya
pembuatankolamrenang-4pembuatankolamrenang-4

Kolam Renang Menurut Jenis dan Fungsinya

Kolam renang dalam pandangan masyarakat umum dianggap sebagai kebutuhan tersier / pelengkap bagi papan (rumah) yang termasuk dalam kategori kebutuhan mewah. Namun, perlu di ketahui ada beberapa orang yang memang membutuhkan / perlu memiliki kolam renang pribadi di rumahnya. Karena, tidak sedikit orang yang merasa kurang nyaman berenang di kolam renang umum, selain untuk menjaga privasi fisik juga ada orang yang memiliki alergi kulit pada bahan kimia tertentu yang pada umumnya digunakan di kolam renang umum seperti kaporit, padahal hoby berenang atau berenang menjadi refreshing yang ia rasa paling sesuai dan sehat. Sehingga perlu memiliki kolam renang pribadi yang dapat menjamin kesehatannya dengan perawatan secara khusus menghindari bahan kimia yang menyebabkan alergi tersebut. Banyak faktor seseorang atau keluarga membuat kolam renang di rumahnya.

Membuat serta merawat kolam renang agar tetap sehat dan aman perlu mengikuti prosedur yang benar, selain itu untuk memberikan suasana dan nuansa tertentu perlu memperhatikan desain dan bentuk kolam renang itu sendiri. Banyak jenis dan bentuk kolam renang yang ditawarkan, baik melalui foto atau media lain. berikut ini kolamrenangpro akan memberikan informasi tentang beragam Kolam Renang Menurut Jenis dan Fungsinya. Semoga dapat menjadi referensi Anda.

Berdasarkan Penempatan kolam renang dapat di bagi menjadi dua kategori, yaitu kolam renang indoor ( dalam ruangan) dan Outdoor (luar ruangan). istilah ini sudah tidak asing lagi.

Kolam renang pribadi (private pool) yang merupakan kolam renang yang digunakan oleh pemilik beserta keluarga atau kerabat. Ukuran private pool ini relatif lebih kecil dari public pool. karena efisiensi dan frekuensi penggunaan yang tidak serutin dan sebanyak kolam renang umum.

Kolam renang umum (public pool) merupakan kolam renang yang sengaja di desain dan di bangun untuk kebutuhan umum, sebagai tempat berenang yang digunakan bersama-sama dengan orang lain. public pool ini biasanya di bangun untuk tujuan komersial seperti menjadi fasilitas suatu tempat wisata, ataupun sebagai fasilitas sebuah hotel. Bahkan ada beberapa rumah makan yang menyediakan fasilitas ini.

Kolam renang untuk kompetisi ( competition pool ) merupakan kolam renang di desain khusus dengan standar internasional maupun nasional. Dikhususkan untuk suatu perlombaan.

Kolam renang latihan (exerise Pool) merupakan kolam renang yang dibuat khusus untuk sarana latihan, ukurannya relatif kecil dengan sistem pengerak air yang menyebabkan air memiliki arus dan perenang hanya berenang di tempat. Biasanya kolam renang ini dimiliki untuk peserta kompetisi.

Kolam renang bermain (play pool) merupakan kolam renang yang didesain untuk digunakan oleh anak-anak. Kolam dengan ketinggian air sekitar 0.5 m ini hanya di tujukan untuk tempat anak-anak bermain. kolam dengan tipe ini seringkali dimanfaatkan juga sebagai tempat bersantai menggunakan pelampung. Dengan tujuannya untuk bermain, tentu saja desain dan perlengkapan play pool ini disesuaikan dengan kesenangan anak-anak. Warna yang menyuguhkan kesan ceria, sarana seluncuran, bola-bola warna warni dan banyak lagi.

Terdapat juga kolam renang geometris, tipe kolam renang ini memiliki desain yang berdasarkan pada garis garis, Yang memberikan kesan formal. Kolam renang tipe ini sering di gunakan di sekolah dan pengaplikasian resmi dengan menyesuaikan standar digunakan untuk competition pool.

Kebalikan nuansa yang ditawarkan pada tipe geometris, ada tipe kolam renang free form. Jenis kolam renang free form ini adalah jenis bebas, berbentuk tidak beraturan, konsep dasar natural landscape sehingga nuansa yang ditawarkan alami menyatu dengan alam. Pengaplikasian tipe free form ini banyak digunakan di kolam renang rumah pribadi, selain menyesuaikan tempat yang tersedia dengan fleksibelitas desain juga memberikan kesan menyatu menjadi bagian dari rumah tersebut.

Lap pool, tipe kolam renang ini memiliki ukuran lebar yang sempit namun panjangnya seperti membentuk jalur kusus nampak seperti jalan / lintasan. kolam renang ini dapat dijadikan tempat terapi bagi mereka yang memiliki permasalahan kesehatan yang dianjurkan untuk olah raga dengan berenang secara intensif. Tipe ini biasanya juga dikombinasikan dengan tipe lainnya sebagai jalur penghubung antar satu kolam dan kolam lain, biasanya ditambahkan mesin yang dapat membuat arus pada air kolam sehingga perenang dapat bersantai dengan pelampung mengikuti arus air.

Jenis overflow. untuk jenis ini bukan mengacu pada gaya / desain dinding kolam melainkan kesan unik didapat dari air yang meluap melebihi batas ketinggian dinding kolam, tentu saja dilengkapi dengan sirkulasi air yang baik sehingga tidak membuat dek kolam licin / banjir. Kesan yang diberikan ini memberi nuansa air yang melimpah.

Sudah mendapat gambaran jenis kolam renang idaman / impian anda ?
Biaya ? coba beberapa tips membuat kolam renang murah dapat menjadi referensi anda selanjutnya.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!