Blog

HomeArtikelKetahui hal berikut ini sebelum backwash filter kolam
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Ketahui hal berikut ini sebelum backwash filter kolam

Proses backwash filter kolam renang pada dasarnya kita membalikkan aliran arus air di filter untuk membersihkan sand atau D.E filter.

Untuk menghilangkan atau membersihkan kotoran yang terperangkap di filter dengan media pasir (sand) ataupun D.E (Diatomaceous Earh) kita perlu untuk mencuci media tersebut. Cara mencuci ini yang kita kenal dengan istilah backwashing. Jika media filter bersih, sistem sirkulasi kolam renang kita akan menjadi lancar, dan tentunya akan mengoptimalkan kinerja pompa, filter, dan elemen lainnya yang terinstal di sistem sirkulasi. Berbeda dengan cartridge filter, kita harus mengeluarkan katrid untuk membersihkannya di luar, sehingga kita tidak mengenal istilah backwashing pada cartridge filter.

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaMelakukan backwashing pada sand atau DE filter sangatlah mudah. Kita hanya perlu mematikan pompa, mengatur posisi tuas kontrol ke posisi backwash, Ulur selang pembuangan (dapat juga sudah terinstal secara permanen di sistem pemipaan kolam, Anda tinggal menutup katup pipa ke kolam dan membuka katup pipa pembuangan. Nyalakan pompa dan biarkan selama 3 hingga 5 menit (proses backwashing telah berlangusng) hingga air di kaca kontrol transparan terlihat jernih, lalu matikan pompa dan kembalikan tuas ke posisi filter. Sangat mudah bukan ? dan saya rasa hal ini bukan lah menjadi hal baru yang pastinya sudah Anda dapatkan saat dijelaskan oleh pemborong kolam renang tentang fungsi dan tata cara pengoprasian kolam renang setelah proses instalasi selesai, atau, sudah banyak di bahas pada artikel-artikel sebelumnya juga.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk melaksanakan proses backwash filter, berikut ini beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan.

Kapan backwash perlu dilakukan ?

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaIndikator tekanan yang pastinya terinstal di sistem kolam renang, akan menunjukkan waktu yang tepat untuk melakukan proses backwash. Seiring dengan  banyaknya kotoran yang terperangkap di media filter kolam renang, baik sand filter atau DE filter, maka aliran air pada tabung filter akan berkurang, dan menyebabkan terkumpulnya air di tabung yang berdampak pada naiknya tekanan. Naiknya tekanan ini ditunjukkan oleh indikator tekanan. Nah, saat indikator tekanan ini menunjukkan pembacaan tekanan 7 hingga 9 psi ( lebih dari tekanan pada kondisi bersih  / normal ) maka di saat itulah waktu yang tepat untuk melakukan proses backwash. Akan tetapi, jika arus air pada jalur inlet (skimmer) kolam renang secara signifikan turun 5 psi, jangan tunggu hingga mencapai angka 7, lakukanlah proses backwashing.

Kapan backwash tidak perlu dilakukan?

Melakukan proses backwash terlalu sering juga akan menurunkan kinerja filter, terutama untuk filter dengan media pasir. Karena sand filter akan bekerja sangat optimal ketika terdapat sedikit kotoran / debu yang terperangkap di antara pasir didalam tabung. Kotoran kecil seperti debu yang terperangkap di antara pasir filter, akan membantu menutup celah antar pasir dan memungkinkan kotoran yang lebih kecil mudah terperangkap. Bahkan pada kondisi setengah kotor ( belum mencapai sangat kotor sehingga mempengaruhi tekanan terlalu drastis) masih dalam tekanan air yang wajar, filter berbasis sand / pasir akan memberikan hasil filterasi air kolam renang dua kali lebih efektif dalam menyaring kotoran air kolam renang. lakukanlah backwash ketika tekanan mencapai angka lebih besar 5 psi dari tekanan normal.

Sedangkan untuk DE filter, dapat kita lakukan penataan ulang atau peremajaan media filter dengan cara melakukan proses backwash secara cepat. Maksudnya adalah, lakukanlah proses backwash hanya pada hitungan 5-7 detik. Hal ini juga sering disebut sebagai metode “nge-bump”. Kondisi yang terjadi di dalam tabung DE filter saat kita lakukan proses ini adalah, air akan teraduk dan mencampurkan antara kotoran dengan bubuk DE, lalu ketika kita mengembalikannya pada posisi filter, DE yang telah tercampur tadi akan menata ulang posisinya secara alami di antara jaring (grid) yang ada di dalam fitler.  Proses ini akan memperlancar aliran air dan meringankan tekanan yang ada didalam filter. Dengan cara ini, kita dapat menghemat waktu dibanding harus melakukan proses full backwashing DE filter. Selain itu, kita juga lebih menghemat bubuk DE yang ada di dalam filter.

Berapa lama proses backwash perlu dilakukan.

Sepert i yang sudah disebutkan sebelumnya, kita perlu melakukan backwash pada sand filter antara 3-5 menit, sambil menyesuaikan dengan kondisi kejernihan air yang terlihat di tabung kaca yang memperlihatkan kondisi air yang melaluinya. Filter yang berkapasitas lebih besar, akan memerlukan waktu yang lebih lama, jadi gunakanlah patokan tabung transparan sebagai penanda lamanya waktu proses backwash perlu dilakukan.

Apakah air pembuangan dari backwash berbahaya ?

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaTidak sepenuhnya, semua kembali pada kondisi air kolam renang Anda dan bagaimana kondisi lingkungan pembuangan. kolam dengan air yang memiliki kandungan klorin dan algaecide yang normal hanya akan sedikit berdampak pada lingkungan tempat pembuangan. Namun, jika kadar kedua hal tersebut tinggi, akan menggangu lingkungan dimana Anda membuang air kolam, air dengan algaecide dan klorin yang tinggi dapat membunuh serangga dan hewan air lainnya, serta akan mempengaruhi kondisi tanah sehingga juga dapat merusak tanaman.

Bubuk DE yang terikut pada pembuangan air juga dapat menyebabkan matinya rerumputan dan tanaman kecil yang ada di sekitar tempat pembuangan. Dalam sekala besar, dapat merusak nutrisi dan kandugan alami tanah sehingga dapat menyebabkan gangguan pada kondisi lingkungan. Maka dari itu, buatlah sistem pembuangan limbah kolam renang yang perlu direncanakan sejak awal, sehingga dapat sesuaikan dengan kondisi peralatan dan kebutuhan.

 

Written by / 85 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!