Blog

HomeArtikelKetahui 6 Hal Sebelum Membuat Kolam Renang
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Ketahui 6 Hal Sebelum Membuat Kolam Renang

Ada muncul ide membuat kolam renang? Saat ini sudah banyak rumah dilengkapi kolam renang pribadi, bahkan kolam renang menjadi salah satu daya tarik di bisnis properti. Dari kedua hal tersebut setidaknya dapat dilihat kolam renang memiliki manfaat tersendiri yang dapat memberikan keinginan untuk menggunakan atau mempunyainya.

Jika anda memiliki ide untuk membuat kolam renang, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum membuatnya.

Konsep yang Anda inginkan

Sebelum membuat kolam renang, konsep atau dasar pemikiran utama harus Anda miliki. Konsep ini dapat diartikan sebagai bayangan kolam renang yang akan anda bangun, termasuk tujuan adanya kolam renang itu.
Anda menginginkan kolam renang untuk refreshing pribadi, dan keluarga. Atau anda menginginkan kolam renang sebagai salah satu fasilitas rumah yang dapat Anda gunakan menyambut Tamu atau teman-teman Anda, sehingga dapat mengobrol dengan santai di sekitar kolam.

Konsep / dasar pemikiran ini akan mempermudah Anda saat berkonsultasi / menyampaikan kolam renang sesuai keinginan anda kepada pihak yang akan membangun kolam tersebut ataupun saat menuangkan keinginan anda kedalam desain.

Lokasi

Ketersediaan tempat dan lokasi sudah sewajarnya menjadi PR pertama setelah berkeinginan memiliki kolam renang. Pastikan Anda memiliki lahan / tempat yang sekiranya cukup untuk membangun kolam renang yang sesuai dengan keinginan Anda.

Jika lahan tidak menjadi permasalahan, Anda memiliki tanah yang cukup luas yang dapat memberikan banyak pilihan tempat pembangunan kolam renang. Pemilihan lokasi yang sesuai perlu di pertimbangkan. Menyesuaikan dengan konsep kolam renang yang Anda inginkan.

Sebagai contoh, Ketika menginginkan kolam renang untuk keluarga dan tetap menjaga privasi, pemilihan lokasi kolam renang yang tersembunyi / tertutup dari area publik akan menjadi pilihan tepat.

Jika Anda menginginkan kolam renang untuk tempat berdiskusi / ngobrol santai dengan teman maupun tamu anda, pemilihan lokasi di belakang rumah tanpa adanya akses dari pintu utama menjadikan lokasi kurang tepat. Karena ketika ada tamu / teman berkunjung, dan Anda ingin mengajak mereka duduk santai sambil berbincang menikmati suasana kolam renang, Namun, ketika menuju kolam renang Anda dan teman harus melewati ruang keluarga, dapur, atau kamar utama hal ini akan menjadi kurang tepat. Memilih lokasi di samping rumah disertai dengan taman hijau akan menjadi pilihan yang tepat untuk tujuan seperti ini. Seandainya terpaksa, lokasi yang tersedia hanya di belakang rumah, tentu saja harus adanya jalan akses masuk ke kolam renang dan taman ini tanpa melewati ruangan-ruangan yang seharusnya menjadi privasi penghuni rumah.
Sebelum membangun kolam renang Anda perlu memperkirakan tersedianya lokasi / lahan yang cukup untuk mewujudkan kolam renang sesuai keinginan Anda.

Keamanan

Keamanan yang dimaksudkan dalam hal ini adalah mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak Anda inginkan, baik untuk keluarga / penghuni rumah ataupun rumah itu sendiri. Kesan masyarakat umum dengan sebuah tempat hunian yang dilengkapi kolam renang menggambarkan kemampuan dari segi materi penghuni rumah tersebut. Hal ini bisa memancing kriminalitas (pencurian) dalam memilih target sasarannya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sekiranya kehadiran kolam renang Anda perlu di samarkan dalam artian tidak terlalu mencolok saat dilihat dari akses publik.

Selain dari segi materi, keamanan dan keselamatan Anggota keluarga / penghuni rumah juga perlu diperhatikan. Sebagai contoh, sebuah rumah yang memiliki penghuni seorang balita / anak-anak, setidaknya di sekeliling maupun jalan akses masuk kolam renang diberikan pembatas untuk menjaga keselamatan anak / balita yang cinderung aktif eksplorasi.

Keamanan dan keselamatan tentu saja menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Termasuk dalam membangun kolam renang. Perlu adanya antisipasi untuk menjaga keamanan serta keselamatan Anda dan pengguna lainnya.

Desain

Dengan sudah dimilikinya konsep, lahan / lokasi yang cukup dan ideal, serta memperhatikan dari segi keamanan dan keselamatan Anda perlu menuangkan bayangan / gambaran / keinginan Anda tentang kolam renang ini kedalam suatu media. Tentu saja tidak diharuskan anda dapat membuat suatu desain yang bagus atau terlihat realistik, Anda dapat menggunakan jasa yang dapat membantu anda menuangkan ide / gagasan kolam renang idaman Anda kedalam desain.

Adanya desain arsitektur kolam renang yang ingin di bangun, akan mempermudah dan memberikan gambaran peralatan / bahan serta perhitungan biaya yang diperlukan dalam proses pembangunannya.

Biaya Pembuatan

Seperti dijelaskan pada bagian desain, dalam menentukan biaya pembuatan perlu adanya gambaran terperinci kolam renang yang akan di bangun. Sehingga membantu dalam perhitungan materi yang dibutuhkan. RAB (Rencana Anggaran Belanja) perlu di susun dan perlu Anda ketahui. Dengan bantuan RAB ini setidaknya anda dapat memperkirakan kebutuhan awal yang diperlukan dan dibutuhkan untuk membangun kolam renang dan Anda dapat melihat biaya total yang anda perlukan untuk membangun kolam renang tersebut.

Mempersiapkan anggaran yang cukup untuk memulai pembangunan dan menyelesaikannya tentu saja merupakan hal penting. Jika anda tidak menginginkan pembangunan pada nantinya berhenti di tengah jalan. Oleh sebab itu, mengetahui biaya pembuatan kolam renang sangat diperlukan sebelum membangun kolam renang.

Biaya Perawatan dan Oprasional

Selain biaya dalam pembuatan, tentu saja ada biaya oprasional untuk perawatan harian kolam renang. Biaya oprasional ini didapat dari perhitungan keperluan perawatan kolam renang Anda, seperti peralatan perawatan kolam renang yang Anda butuhkan, Penambahan konsumsi listrik untuk peralatan elektrik seperti penerangan kolam renang, alat pompa, dan sebagainya.

Biaya perawatan diperlukan walaupun anda menggunakan tenaga sendiri untuk merawat kolam renang, mengetahui perkiraan biaya perawatan dan oprasional sebelum anda membangun kolam renang akan sangat bermanfaat dan membantu. Sehingga Anda mampu memperkirakan rutinitas pengeluaran materi yang Anda perlukan untu periode waktu tertentu semisal setiap bulan dalam melakukan perawatan kolam renang Anda. Sehingga keindahan dan kecantikan kolam renang Anda tetap terjaga, Nuansa yang anda inginkan tidak memudar.

Itulah 6 hal yang perlu anda ketahui sebelum membuat kolam renang. Sekiranya artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda. Semoga pembuatan serta pengoprasian kolam renang Anda dapat berjalan Lancar sesuai kondisi yang Anda inginkan. Terimakasih.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!