Blog

HomeArtikelKenali beragam peralatan yang dibutuhkan kolam renang
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Kenali beragam peralatan yang dibutuhkan kolam renang

Pemilik kolam renang wajib mengetahui dan mengenali peralatan-peralatan yang harus  siap sedia digunakan untuk kolam renangnya. Peralatan kolam renang ini digunakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kolam renang, sehingga tidak menjadi faktor besar atau kecilnya kolam renang yang Anda miliki, peralatan ini wajib tersedia berdampingan dengan kolam renang.

Peralatan yang tergabung dalam sistem sirkulasi kolam renang.


  1. Pompa
    jasa pembuatan kolam renangDidalam sistem sirkulasi kolam renang, pompa dapat dianalogikan sebagai jantungnya sistem tersebut, yang secara fungsionalnya adalah sebagai pemberi daya tarik dan dorong atau daya hisap dan tekan agar sistem perputaran air dapat berjalan. Pompa akan menarik air dari kolam renang yang pertama masuk melalui skimmer, dari skimmer melalui jalur pipa akan masuk ke skimmer pompa kemudian di dorong oleh pompa menuju ke filter untuk proses penyaringan utama. Pompa wajib dimiliki setidaknya satu, karena sistem sirkulasi ini akan sangat membantu menjaga kejernihan air kolam renang Anda. Sebagai tambahan Anda dapat membaca artikel tentang panduan atau tips memilih pompa kolam renang.


  1. Filter
    jasa pembuatan kolam renangAda tiga jenis filter kolam renang (mengenal filter kolam renang), dari ketiga jenis tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat menentukan pilihan filter. Fungsi utama dari filter ini sendiri sesuai dengan namanya, menyaring kotoran kotoran yang terdapat pada air. Kotoran besar akan tersaring di skimmer dan saringan pompa, dan kotoran berukuran kecil akan tersaring di filter ini. Maka dari itu, filter dapat dikatakan hal kedua yang wajib ada di kolam renang Anda. Nah, sebagai tambahan anda dapat menyimak artikel cara memilih filter kolam renang.


  1. Return Inlet
    jasa pembuatan kolam renang jogjaSetelah melalui serangkaian proses sirkulasi, air bersih akan dialirkan kembali ke kolam melalui alat ini. Kenapa perlu return inlet? Kenapa tidak dibiarkan pipa saja ? dengan memanfaatkan daya dorong dari pompa, return inlet ini akan mempengaruhi sistem mekanikal air kolam renang Anda. Air yang bersih akan mendorong air kotor menuju skimmer, inilah sistem mekanikal yang benar.


  2. Skimmer
    Seperti telah di sebutkan pada nomor satu dan dua, dalam sistem sirkulasi skimmer sangat diperlukan. Skimmer ini akan menyaring kotoran-kotoran berukuran besar, sehingga tidak menghambat / menyumbat daya hisap dari pompa. Anda perlu secara rutin membersihkan dedaunan atau kotoran lain yang tersangkut di skimmer ini dengan cara menyaringnya, agar fungsi sistem sirkulasi tetap berjalan lancar.


  3. Main drain
    Main drain dapat kita sebut sebagai pelengkap namun ini juga dapat disebut wajib. Kenapa? Main drain akan sangat efektif jika suatu saat dirasa perlu untuk mengganti air didalam kolam. Jangka panjangnya alat ini akan sangat diperlukan.


Peralatan yang digunakan secara manual yang wajib tersedia di kolam renang.


  1. Serokan atau penyaring dedaunan ( leaf Skimmer)
    jasa pembuatan kolam renang jogjaWalaupun sudah tersedia skimmer pada sistem sirkulasi kolam renang, Anda tetap memerlukan leaf skimmer ini. Alat ini perlu digunakan untuk mengangkan kotoran seperti dedaunan, plastik, ranting yang terlihat melayang / mengambang  di kolam renang. Sistem sirkulasi memang sangat membantu menjaga kejernihan air, Namun jangan terlalu bergantung pada sistem tersebut, semakin sering Anda membersihkan kotoran kolam renang yang tampak, akan semakin awet juga peralatan sirkulasi Anda. Dengan mengangkan kotoran secara manual, akan meminimalisir penumpukan kotoran pada skimmer dan saringan di pompa.


  1. Sikat Kolam
    jasa pembuatan kolam renang jogjaDaya dari pompa terkadang tidak memiliki cukup kekuatan untuk menghisap kotoran yang menempel pada dinding atau lantai kolam renang Anda, terutama pada bagian pojok pertemuan dinding dan lantai. Bagian tersebut sering pertama kali yang ditumbuhi oleh lumut dan menyebabkan lantai / dinding terasa licin. Hal ini lah yang perlu Anda sikat dalam periode waktu tertentu, Agar lumut, gangang, dan kotoran yang menempel terangkat, dan larut bersama air menuju sistem filterasi kolam renang.


  1. Vakum Head
    Kekuatan tekanan sikat seringkali juga kurang menjangkau kedalaman kolam renang Anda. Sehingga diperlukan vakum / pompa sekunder yang dikombinasikan dengan vakum head ini untuk menyikat dan mengangkat kotoran tersebut. Perlu memiliki alat ini agar dinding dan lantai kolam Anda terawat dengan baik.
  1. Selang Kolam
    Hal ini jelas wajib dimiliki dan tersedia di kolam renang. Selain untuk jalur penambahan air, selang kolam ini juga digunakan untuk vakum kolam Anda. Sehingga lebih baik memilih selang khusus untuk kolam renang, dari pada selang biasa yang cinderung mudah terlipat.


  1. Staff ( pemanjang) atau gagang
    Kedalaman air kolam renang memerlukan jangkauan lebih dari sekedar tangan dan gagang pegang yang ada di peralatan. Maka dari itu diperlkannya staff khusus untuk memperpanjang jangkauan sikat atau vakum head Anda. Kenapa tidak pakai gangang / staff kayu ? tumbuhan, daun, atau hal – hal organik dapat menjadi bibit atau sumber pemicu tumbuhnya alga / lumut. Untuk meminimalisir hal tersebut, baiknya menggunakan staff khusus dan holow agar lebih ringan untuk bergerak di air.


  1. Test kit
    jasa pembuatan kolam renang jogjaUntuk memastikan kondisi kesehatan air, dan keperluan kadar penambahan bahan-bahan  kimia ( chemical ) Anda memerlukan tes kit untuk mengukur tingkat keasaman, klorin, serta kandugnan lainya. Ini alat wajib yang perlu dimliki serta Anda perlu rutin melakukan tes pada air kolam renang, untuk menjaga stabilitas dan keamanan Air kolam renang Anda.

 

Written by / 36 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!