Blog

HomeArtikelKenali Bahan Kimia Yang Biasa di Gunakan untuk Perawatan Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Kenali Bahan Kimia Yang Biasa di Gunakan untuk Perawatan Kolam Renang

Siapapun yang memiliki kolam renang wajib memantau dan mengetahui kondisi kolam renangnya, agar kondisi kolam renang terjaga baik dari segi kesehatan , keamanan dan hal lainnya yang dapat mengganggu pengguna kolam renang tersebut. Merawat kolam renang secara mandiri ataupun menyerahkannya pada penyedia jasa perawatan kolam renang merupakan pilihan. Selama Anda memahami cara perawatan kolam renang yang benar dan aman, tentu tidaklah menjadi masalah melakukan perawatan secara mandiri. Namun, jika Anda ragu atau memiliki kesibukan, bekerjasama dengan jasa perawatan kolam renang merupakan pilihan yang tepat.

Artikel kali ini di tujukan untuk Anda yang sedang mencari informasi tentang bahan-bahan kimia yang sering digunakan untuk kolam renang di Indonesia, seperti HCl, Terussi, PAC, Tawas dll. Mari kita bahas satu persatu bahan kimia tersebut, dari nama, fungsi, dan beberapa satruktur kimia dari bahan tersebut,


HCl ( Asam Klorida )


Senaywa Asam Klorida ini sering digunakan sebagai bahan kimia untuk mengatur tingkat keasaman (pH) air kolam renang. Agar air kolam renang tidak menyebabkan iritasi pada mata dan kulit penggunanya, tingkat keasaman air perlu di jaga agar tetap stabil di posisi mendekati netral, Untuk lebih rinci tentang bagaimana cara mengatur pH air kolam renang Anda dapat menyimak artikel berikut ini. ( rekomendasi artikel : Pentingnya tes pH dan Klorin pada perawatan air kolam renang )


PAC (Poly Aluminium Chloride)


Senyawa yang berfungsi untuk menjernihkan air ini pada prinsipnya berfungsi sama seperti tawas. Pada dasarnya penggunaan bahan kimia yang satu ini memeiliki beberapa keuntungan di banding bahan kimia penjernih air lainya. Yang paling mendasar adalah, jika Anda menggunakan senyawa ini terlalu banyak, air tidak akan menjadi keruh, berbeda dengan senyawa Besi klorida, fero sulfat dan Alumunium sulfat. Senaywa PAC di pasaran umumnya berbentuk serbuk, dan mudah larut dalam air. Penggunaan PAC pada air kolam renang akan menyebabkan partikel padat kecil dan koloid berkumpul / menggumpal sehingga dapat terfilter / lebih mudah dibersihkan. Sehingga air akan tampak lebih jernih.


Tawas


Senyawa ini telah di kenal terutama di Indonesia cukup lama. Sesungguhnya yang di sebut tawas adalah senyawa yang mengandung garam rangkap berhidrat yang berbentuk kristal kristal dan memiliki sifat isomorf. Sangat mudah larut dalam air dan efisiensi kinerja tawas ini tergantung pada jenis logam dan suhu lingkungan. Secara singkat, tawas akan mengumpalkan kotoran-kotoran sehingga akan memudahkan dalam proses penjernihan air.


Kaporit


Senyawa yang relatif stabil ini memiliki kandungan klor lebih banyak dibanding cairan pemutih (natrium hipoklorit). Bahan kimia yang dikenal dengan nama Kaporit ini sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk Sinitasi dan kimia organik. Nah, dalam artikel ini kita sebatas membahasnya pada bahan untuk sinitasi air kolam renang saja. Lebih lengkapnya untuk cara penggunaan Kaporit ini,, Anda dapat membacanya di( Rekomendasi Artikel : Tips Membuat Air Kolam Renang Tetap Jernih )

Senyawa dengan nama kimia kalsium hipoklorit ini secara umum di jual dengan kadar kemurnian 68%, namun juga banyak varian menyesuaikan pada kebutuhan penggunaanya. Bahkan ada yang sampai 90% di pasaran. Salah satu contohnya, dipasaran senyawa ini sering dikombinasikan dengan asam sianurat dengan tujuan agar dapat mengembalikan / menjaga kandungan klorin di air kolam renang sehingga kolam renang aman dari gangguan bakteri dan kuman yang membahayakan bagi penggunanya. senyawa kaporit ini akan berpisah menjadi ion-ion Ca2+ dan ClO-. Ion hasil perpisahan inilah yang akan beraksi dengan substansi yang terdapat pada air. Khususnya senyawa ClO-, dengan terdapatnya oksigen yang dapat berfungsi sebagai pengoksidasi, bakteri terdapat kandungan protein, Sehingga oksgen yang terdapad pada senyawa ini dapat mengoksidasi protein yang dimiliki kuman / bakteri hingga mati.

Selain kaporit, ada nama lain sesuai dengan persentase chlorine serta kombinasinya. Seperti TCCA Chlorine 90% yang berbentuk tablet, serta chlorine granular 90%. Pada dasarnya semua memiliki prinsip kerja yang sama.

Demikianlah beberapa bahan kimia yang sering di gunakan untuk proses perawatan kolam renang di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah pengalaman dan pengetahuan Anda dan bermanfaat. Jaga dan pantau secara rutin air kolam renang Anda , agar terlihat menyegarkan, jernih, sehat, Aman dan tentu menyenangkan. Salam.

Written by / 79 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!