Blog

HomeArtikelKekurangan serta kelebihan Tipe Filter Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Kekurangan serta kelebihan Tipe Filter Kolam Renang

Memilih filter yang tepat untuk kolam renang sering kali merepotkan pemilik. Karena masih kurang mengetahui tentang masing-masing filter yang beredar di pasaran saat ini. Memilih filter yang tepat, artinya filter yang nantinya Anda pilih sesuai dengan kebutuhan kolam renang serta budget yang ada. Selain dari sisi harga dan guna, memilih filter yang tepat juga perlu disesuaikan dengan frekuensi perawatan serta penggunaan untuk filter itu sendiri.

Artikel kali ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis filter yang beredar di pasaran, tujuannya agar Pembaca memahami lebih rinci dan dapat menemukan filter yang tepat untuk kolamrenangnya. Termasuk Anda, pastikan Anda memilih filter yang tepat, sesuai guna, budget, waktu pemeliharaan dan lainnya. Jangan sungkan untuk bertanya kepada Tim Kami, konsultasi gratis, dan kami akan memberikan informasi untuk membantu Anda menentukan pilihan.

Filter kolam renang mana yang benar-benar Anda butuhkan ?

Di pasaran saat ini, terdapat tiga jenis filter kolam renang, dengan Keunggulannya masing-masing.

Sand Filter,

Banyak pemilik kolam renang yang mempercayakan filterasi kolam renangnya dengan Sand Filter ini. Harganya yang tergolong murah jika di bandingkan tipe lainnya menjadi alasan utama tipe Sand Filter digemari. Selain itu, cara perawatannya pun termasuk mudah. Secara sederhana, sand filter berkerja dengan menyaring air menggunakan pasir khusus. Air akan di alirkan ke pasir dengan memanfaatkan tekanan Pompa, lalu air akan melewati pasir tersebut, dan partikel yang masuk ini akan melalui pasir. Kotoran-kotoran akan mengalami kesulitan untuk melalui setumpuk pasir ini, sedangkan air akan tetap di teruskan dan kembali ke kolam renang Anda dengan keadaan bersih.

Secara sederhana, untuk perawatan pasir ini sendiri dapat dibilang cukup mudah. Karena Anda hanya perlu melakukan fasilitas backwashing yang sudah tersedia di tuas filter. Backwashing ini akan membalikkan posisi pasir yang awalnya berada di atas, dan terdapat banyak kotoran menjadi di bawah. Dengan tekanan air dari pompa, permukaan yang kotor ini akan di dorong keluar dari filter. Daya tahan atau keawetan sand filter ini tak perlu diragukan lagi. Pasir sebagai media penyaring lebih awet dibanding tipe filter lainnya. Bisa dikatakan pasir hanya perlu Anda ganti dengan yang baru setelah 5-7 tahun pemakaian. Tetap, tergantung pada frekuensi penggunaanya juga, serta kondisi pasir itu sendiri. Namun, mengetahui daya tahannya yang lama, sehingga Anda tidak perlu rutin mengecek kondisi keseluruhan pasir. Yang perlu Anda perhatikan hanyalah permukaan pasir pada saat proses perawatan mingguan. Jika permukaan sudah tampak kotor, lakukanlah backwashing.

(+) Kelebihan sand filter

  • Murah untuk di beli
  • Mudah perawatan rutinnya
  • Efektif untuk membersihkan debu dengan ukuran sedang sampai besar.
  • Daya tahannya dapat diandalkan
  • Filter pasirnya mampu dipakai berulang-ulang
  • Efisien untuk menyaring partikel berukuran lebih dari 20 microns

(-) Kekurangannya

  • Perlu di lakukan backwashing secara rutin dan sering, agar menjaga kondisi pasir dan efisiensi penyaringan.
  • Memerlukan tekanan yang lebih dari pompa karena tekanan air dari pompa akan mengalami hambatan dan penurunan tekanan saat melewati pasir.
  • Waktu penyaringan lebih lama dibandingkan dengan jenis filter lain.

Catridge Filter.

Prinsip kerja catridge filter ini mirip seperti filter untuk menyaring udara di mobil (air filter). Pada catridge filter untuk kolam renang, air kolam akan melewati saringan yang berbentuk silinder yang terbuat dari semacam fiber.

Bukan hanya di kolam renang, catridge filter sering kali digunakan untuk menyaring air minum. Kualitas dari filter jenis ini bergantung pada kerapatan dan kedalaman sekat-sekat di katridnya. Idealnya catrid ini mampu menyaring partikel berukuran 15 micro hingga 20 micro yang terkadung di dalam air. Sehingga dapat disimpulkan untuk hasil penyaringan, kadride lebih unggul dibanding sand filter. Untuk lebih lengkap tentang kelebihan dan kekurangan dari catridge filter, berikut ini poin-poin nya.

(+) Kelebihan Catridge Filter

  • Lebih efisien untuk menyaring partikel dibanding sand filter.
  • Harga cukup bersaing. Lebih murah dibanding DE filter.
  • Memerlukan space atau ruang yang lebih kecil dibanding Sand Filter.
  • Dapat bertahan sekitar 2 sampai 3 tahun.

(-) Kekurangan Catridge Filter

  • Pemilihan pompa yang over power dapat mendorong partikel besar untuk melewati filter dan merusak sekat-sekat fiber di catridge. Disarankan untuk pemilihan catridge filter tenaga pompa yang digunakan berkisar .75 HP s/d 1 HP.
  • Untuk perawatan filter, Anda perlu membuka dan membersihkan filter di luar tabung filter.

DE (Diatomeceous Earth) Filters

Berasal dari gagang fosil yang sering dikenal dengan sebutan diatom menjadi material utama dari filter DE ini. Bahan diatom tadi di giling hingga menjadi bubuk, dan hasil gilingan inilah yang kita sebut D.E. Bubuk ini akan ditaruh di filter yang dilapisi oleh “grid”. karakteristik bubuk D.E yang lebih halus dari pada pasir ini mampu menyaring partikel-partikel kecil.

Proses backwashing juga dimiliki filter jenis ini, prinsip kerjanya sama seperti Sand FIlter. Filter DE ini mampu dan efisien untuk menyaring partikel berukuran 4 microns. Sehingga filter yang satu ini dapat menjamin hasil saringan yang lebih bersih dibanding jenis lainnya.

(+) Kelebihan DE Filter

  • Mampu menyaring partikel sangat kecil dengan ukuran berkisar 5 microns.

(-) Kekurangan DE Filter

  • Jenis filter yang mahal.
  • proses backwashing perlu dilakukan lebih rutin dibanding sand filter.
  • Bubuk DE masih belum umum beredar di pasar Indonesia.

Written by / 36 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!