Blog

HomeArtikelKapan Waktunya Ganti Katrid atau Cartridge Filter Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Kapan Waktunya Ganti Katrid atau Cartridge Filter Kolam Renang

Filter dengan media cartridge merupakan salah satu tipe filter yang memiliki posisi di tengah, antara sand filter dan DE filter. Baik dari segi harga ataupun dari segi kemampuan penyaringan Filter Katrid ini cukup diminati terutama untuk kolam renang spa. Katrid pada filter ini umumnya terbuat dari material polyester atau kertas khusus yang mampu memperangkap kotoran dari air. Saat katrid filter ini mengandung banyak kotoran hingga penuh dan menyebabkan celah-celah yang harusnya mampu di lalui air pada material filter menjadi mampet dan tertutup oleh kotoran, air dengan tekanan yang didapat dari pompa akan menekan terus pada celah-celah tersebut hingga kotoran akan dipaksa untuk lolos dari katrid.  Hal ini yang menyebabkan air yang melewati filter terlihat kotor.

Artikel Terkait : – Mengenal Beragam Tipe Filter Kolam Renang

Nah, setiap media filter akan memiliki umur atau waktu pemakaian masing-masing. Pada artikel kali ini, kita akan membahas seberapa sering dan kapan waktunya katrid filter diganti, sehingga air kolam renang dapat tetap tersaring dan tetap jernih.

Masa Guna atau Umur Katrid Pada Umumnya.

Katrid pada filter kolam renang setidaknya akan memiliki masa guna sekitar 2.000 jam. Sehingga, umumnya katrid pada filter perlu di ganti sekali setiap 1-2 tahun. Namun, tidak ada Angka pasti yang dapat menentukan masa guna katrid filter di kolam renang Anda. Bahklan, apapun jenis filter yang Anda miliki, masa guna media saringnya akan bergantung pada frekuensi, tingkat kotoran, perawatan dan alin sebagainya. Contohnya, katrid filter tidak akan bertahan lama jika pengguna kolam renang Anda menggunakan Lotion Pelindung dari Sinar Matahari, deodoran, minyak rambut, dan bahan kimia lainnya yang dibawa masuk oleh pengguna kolam renang baik secara disadari atau tidak.

Untuk memutuskan apakah filter perlu di ganti, Anda harus melihat langsung kondisi katrid dengan membuka tabung filter. Jika katrid terlihat memiliki retakan, atau celah-celahnya sudah banyak yang berongga besar, di saat Anda melihat katrid seperti inilah waktunya melakukan penggantian katrid.

Jangka waktu pergantian atau masa guna katrid pada filter kolam renang bergantung pada ukuran kolam renang Anda dan seberapa sering kolam renang digunakan. Selain itu juga bergantung pada kualitas air kolam renang. Ketika frekuensi penggunaan kolam renang tinggi, artinya banyak orang yang menggunakan kolam renang, filter akan bekerja ekstra keras untuk menyaring banyak kotoran yang melaluinya. Kotoran-kotoran yang tersaring ini dapat berasal dari body oil, debu, kontaminan lainnya. Nah, frekuensi Anda dalam membersihkan atau melakukan perawatan katrid filter juga akan berpengaruh pada masa guna katrid. Semakin sering Anda melakukan pencucian katrid, maka semakin kecil kemungkinan terjadinya penumpukan kotoran pada filter. Sehingga filter akan terus bekerja optimal hingga saat dimana memang umur material yang tidak memungkinkannya untuk melanjutkan tugas penyaringan.

Artikel Terkait : – Kapan Saatnya Membersihkan Filter Kolam Renang ?

Perawatan atau penggantian katrid / cartridge

Langkah 1 –  Buka tabung filter katrid dan keluarkanlah katrid untuk di bersihkan

Pastikan pompa sudah mati saat akan memulai proses ini, pertama Anda dapat menggunakan sikat halus dan selang untuk membersihkan katrid filter. Pada kotoran membandel, Anda dapat menghilangkannya dengan menyikat bagian tersebut secara perlahan untuk mengurai kotoran. Sedangkan sisanya dapat Anda bersihkan hanya dengan menyemprotkan air biasa. Akan tetapi ingatlah untuk tidak memberikan tekanan air terlalu besar karena justru dapat merusak katrid. Jika diperlukan, lakukan perawatan katrid ini dalam agenda perawatan mingguan.

Langkah 2 – Gantilah Katrid Filter jika diperlukan

Perhatikan kondisi sela-sela fitler, Anda perlu untuk mengganti katrid ketika kondisi celah-celahnya sudah loss dan terlihat lebih besar akibat dorongan paksa kotoran yang tertekan air. Ketika pada indikator tekanan pada filter terlihat angka 8 psi keatas, dan ketika ada bagian dari inti atau tengah-tengah katrid yang retak atau pecah. Kondisi tekanan tinggi menandakan penuh atau kotornya katrid Anda, sedangkan kondisi lain yang disebutkan diatas merupakan kondisi dimana Anda harus mempertimbangkan untuk memberli katrid yang baru.

Dengan kata lain, Anda juga dapat melihat tanda-tanda penuhnya filter dengan melihat kuatnya tekanan air yang keluar setelah melalui filter. Jika terdapat penurunan yang cukup drastis dari angka normal, kemungkinan filter Anda sudah mampet dan penuh oleh kotoran .

Langkah 3 – Memperpanjang Umur Katrid Filter.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kita dapat meminimalisir kondisi dimana akan menggangu kondisi filter dan mempengaruhi masa gunanya. Salah satu cara paling tepat untuk menjaga filter agar awet adalah dengan perawatan yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, menjaga keseimbangan air dan mencegah berbagai macam masalah pada air kolam renang juga akan menambah umur guna dari filter Anda. Tambahan, Anda dapat memberikan spon untuk menghisap minyak yang terbawa oleh pengguna ke kolam renang. Hal ini akan cukup membantu kinerja filter.

Artikel Terkait :

 

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP