Blog

HomeArtikelKapan Saatnya Anda Membersihkan Filter Kolam Renang?
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Kapan Saatnya Anda Membersihkan Filter Kolam Renang?

Untuk menjaga kesehatan, keamanan, dan kenyamanan pengguna kolam renang, kondisi air di kolam renang perlu di pantau secara rutin. Terutama jika kolam renang diperuntukkan secara umum dan dipakai oleh orang banyak. Salah satu peralatan yang dapat membantu menjaga kejernihan, kesehatan, dan keamanan air kolam renang adalah filter yang tergabung dalam sistem sirkulasi air kolam renang. Di pasaran, terdapat beberapa jenis filter dengan kelebihan yang ditawarkan.

Pada dasarnya, filter air kolam renang akan menggunakan sebuah media penyaringan. Sampai saat ini ada tiga jenis media penyaringan yang digunakan yaitu pasir, DE, dan Cartridge. Setiap tipe ini tentu memiliki masa guna atau masa pemakaian tertentu, sehingga kita perlu untuk secara rutin mengecek dan melakukan pembersihan serta perawatan pada filter kolam renang. Tujuannya agar filter ini mampu bertahan lebih lama dan menjalankan fungsinya secara optimal. Setiap jenis filter memiliki massa yang berbeda sehingga akan sulit untuk memperhitungkan secara umum kapan filter perlu di bersihkan. Maka dari itu, lakukanlah pengecekan secara rutin, baik dua minggu atau sebulan sekali.

Kotornya atau penuhnya filter ini dipengaruhi oleh frekuensi penggunaan kolam renang, kondisi lingkungan, dan yang pasti frekuensi sirkulasi penyaringan air kolam renang berjalan. Jika kolam renang berada di lingkungan tertutup, dan tidak banyak kotoran dari luar yang masuk, maka kondisi filter akan lebih awet dan bersih dibanding dengan kolam renang yang berada di luar ruangan. Maka dari itu, secara rutin cek lah kondisi filter yang ada di kolam renang Anda dua minggu atau sebulan sekali. Sebagai contoh, kita gunakan media filter yang sand atau pasir. Karena filter jenis ini paling ekonomis dan digemari di Indonesia. Berikut ini cara membersihkan Sand Filter.

Sebelumnya, Tentu Anda perlu memastikan kondisi media filter, dalam hal ini pasir yang ada di tabung perlu untuk di bersihkan. Anda dapat membuka dan melihat bagian permukaan pasir ini apakah sudah terdapat banyak kotoran atau masih cinderung bersih. Jika sudah banyak kotoran yang ada di permukaan pasir, berarti Anda perlu membersihkan filter ini.

Nah, untuk filter berjenis sand filter ini, untuk proses pembersihannya cukup sederhana dan sudah di dukung oleh perangkat alatnya. Berbeda dengan jenis filter catridge yang mengaharuskan Anda untuk membuka dan membersihkan catridge di luar mesin, untuk sand filter ini Anda hanya perlu melakukan proses Backwash.

  1. Matikanlah sistem sirkulasi kolam renang atau mesin pompa. Pastikan Anda mematikan mesih pompa agar proses backwast dapat berjalan maksimal.
  2. Arahkan handle atau gagang filter pada posisi backwash. Biasanya, proses backwash pada sand filter dilakukan setelah proses vackum atau pembersihan kolam renang, agar kondisi pasir tetap terjaga.
  3. Pastikan pipa vackum atau balancing tank untuk kolam renang bertipe overflow ataupun semi overflow pada posisi aktif (on). Begitu juga pipa skimmer.
  4. Posisikan pipa aliran dari maindrain ke sistem sirkulasi pada posisi non-aktif (off).
  5. Baru, selanjutnya posisikan pipa balancing tank di posisikan ke off, serta posisikan pipa pembuangan atau waste ada posisi On. Pipa waste ini berfungsi untuk saluran pembuangan untuk kotoran yang berada di dalam filter dengan mendorongnya menggunakan tenaga air + pompa.
  6. Setelah memastikan keseluruhan posisi berada dan sesuai dengan kondisi backwash, (disarankan anda membawa checklist agar tidak ada yang terlewat) hidupkanlah mesin filter, sambil memperhatikan kotoran keluar dan air menjadi jernih yang dapat Anda lihat melalui tabung kaca didekat handle filter. Jika terlihat air dari tabung kaca tersebut jernih dan tidak ada kotoran yang tersisa, matikanlah mesin kembali.
  7. Setelah itu, Anda perlu melakukan pembilasan filter ini dengan memposisikan handle filter pada kondisi rinse. Posisi ini berguna unutk membilas filter agar dapat menghilangkan kotoran yang masih tersisa.
  8. Nyalakanlah mesin dan perhatikan kembali pada tabungkaca, matikanlah mesin setelah air di tabung tersebut terlihat bersih dan jernih.

Itulah cara untuk memastikan kondisi filter dan membersihkannya, khususnya untuk sand filter. Sedangkan untuk catridge akan kita bahas di artikel lainnya. Eits, setelah semua permbersihan selesai, jangan lupa untuk mengembalikan tuas ke posisi Filter. Hehe.

Nah, jika pada proses backwash dan rinse air tak kunjung jernih, berarti pasir di filter perlu di ganti. Untuk cara pergantian pasir pada sand filter akan kita bahas di arikel lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk menjaga kejernihan, kesehatan dan kebersihan air kolam renang Anda. Salam.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!