Blog

HomeArtikelKandungan kimia air kolam renang apa yang perlu di tes secara teratur
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Kandungan kimia air kolam renang apa yang perlu di tes secara teratur

Banyak hal yang terkandung di air kolam renang, yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan air kolam renang. Ada empat hal yang perlu di tes untuk memastikan kondisi air aman.

Empat hal tersebut adalah pH, Klorin, Total Alkalinitas dan Kandungan kalsium. Tambahan untuk kolam outdoor atau yang berada di luar dan menggunakan klorin sebagai perawatan air, perlu juga di tes tingkat asam sianuratnya.
pH adalah skala keasaman relati atau alkalinitas yang dinyatakan atau diindikatorkan dengan skala 0 – 14. Angka 7 menjadi sifat pH yang dianggap netral.

Klorin merupakan senyawa yang biasanya digunakan dalam bentuk cair, granular atau tablet untuk pembersih air kolam renang. Klorin ini berfugsi sebagai pengoksidasi dan pembersih untuk organsme hidup yang ada di air kolam renang.

Total Alkalinity merupakan indikator konsentrasi basa ataupun bahan yang dapat menetralisir tingkat keasaman di dalam air. Khususnya alkalinitas ini sering disebut sebaggai bewsaran yang dapat menunjukkan kapasitas “buffer” dari ion bikarbonat. Dalam tahap tertentu ion karbonat ini dan hidroksida yang terkadung dalam air akan bereaksi dengan ion hidrogen sehingga dapat menurunkan tinkat keasaman dan menaikkan pH air.

Tes Kandungan kalsium, uji titrasi yang digunakan untuk menentukan dari kadar kalsium yang terkadung di air dan terlarut didalam air kolam renang.

Cyanuric Acid, merupakan bahan kimia yang berfugsi untuk melindungi kandungan klorin di air kolam renang dari radiasi sinar UV. Karena radiasi ini dapat menggangu kesatbilan molekul klorin dan mengurangi kemampuan klorin untuk proses sinitasi.

Seberapa sering kita perlu melakukan tes pada air kolam renang ?

Tentusaja semakin sering semakin baik, selama cara yang dilakukan tepat. Bisa dikatakan setiap hari, atau setiap kurun waktu tertentu seperti pagi dan siang. Hal itu berlaku untuk kolam renang yang ditujukan untuk umum atau komersil. Karena pengguna yang banyak maka frekuensi pemeriksaan juga perlu dilakukan sesering mungkin. Berbeda dengan kolam renang pribadi, karena frekuensi penggunaan kolam renang termasuk jarang, maka sebaiknya melakukan tes ini ketika akan menggunakan kolam renang. Demi kesehatan dan keamanan air kolam renang saat dgunakan.

Selain tes sebelum pemakaian, khususnya untuk kolam renang pribadi, pastikanlah minimal 2x per minggu untuk mengawasi tingkat pH dan klorin. Jika ada perubahan tingkat pH yang drastis, maka lakukanlah pemeriksaan tingkat TA. TIngkat Total Alkalinitas ini memiliki kurun waktu penurunan yang cukup lambat, sehingga melakukan tes sekali seminggu tak jadi masalah. Sedangkan untuk kekerasan kalsium serta kadar asam sianurat cinderung lebih lambat mengalami perubahan, jadi tak masalah untuk pengujian secara bulanan.

Rekomendasi Tingkat Ideal Hasil Tes Air Kolam Renang.

  • pH : 7.2 s/d 7.8
  • Chlorine : 1.0 s/d 2.0 ppm
  • Total Alkalinity : 80 s/d 120 ppm
  • Calcium Hardness : 200 s/d 400 ppm
  • Cyanuric Acid : 20 s/d 50 ppm
  • Total Padat Terlarut : Dibawah 1500¬†ppm ( makin kecil makin murni air kolam renang )

Written by / 56 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!