Blog

HomeArtikelJenis Peralatan Yang Harus Tersedia di Kolam Renang
jasa pembuatan kolam renangjasa pembuatan kolam renang

Jenis Peralatan Yang Harus Tersedia di Kolam Renang

Kolam renang perlu di rawat agar keadaan dinding, lantai, air dan sekitarnya tetap aman dan nyaman untuk digunakan. Oleh sebab itu perlu adanya perawatan kolam renang secara benar, rutin dalam sekala waktu tertentu. Terlebih lagi jika kolam renang yang ditujukan untuk umum seperti pada kolam renang hotel atau apartemen, frekuensi perawatan kolam renang pada hotel dan apartemen (kolam renang umum) lebih tinggi dibanding kolam renang pribadi atau rumahan.

Memiliki sistem sirkulasi yang baik akan sangat membantu memperingan perawatan pada kolam renang. Namun, mengandalkan sistem itu saja tidaklah cukup, perlu adanya pantauan serta perawatan secara berkala. Jika Anda telah memiliki atau berencana membangun kolam renang, Anda juga perlu mempersiapkan anggaran tersendiri untuk memiliki peralatan-peralatan yang harus tersedia di kolam renang. Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa peralatan yang wajib ada pada kolam renang secara umum.

  1. Leaf Skimmer,
    Apembuatankolamrenang-28lat ini digunakan untuk mengangkat / menjaring kotoran ringan seperti daun, plastik ,serangga , dll yang ada pada kolam renang. Sistem mekanikal yang baik memang akan mengarahkan kotoran-kotoran ini ke skimmer yang menjadi satu dengan sistem sirkulasi. Namun, ada baiknya tetap memantau serta menjaring kotoran-kotoran tersebut secara manual. Selain menunda penuhnya / tersumbatnya sistem sirkulasi (skimmer) juga untuk menjaga keindahan kolam. Sebelum berenang menjaring kotoran-kotoran tersebut sehingga tidak menganggu pemandangan saat mengunakan kolam renang.


  2. Pool Brush, pembuatankolamrenang-30
    Alat ini untuk menyikan dinding / lantai kolam renang, sehingga lumut / ganggang yang menempel pada lantai / dinding kolam renang dapat terangkat dan ikut masuk kedalam sistem sirkulasi sehingga dapat tersaring oleh filter air kolam renang. Ada banyak tipe Pool Brush yang tersedia di pasaran, semua memiliki fungsi masing-masing. Ada yang untuk umum ada juga sikat khusus seperti untuk sikat alga / ganggang dan sebagainya.


  3. Vakum Head,
    alat ini pada dasarnya sama seperti sikat kolam, namun dilengkapi dengan alvakum headat hisap. Sehingga kotoran pada dasar/dinding kolam tidak hanya terlepas dari dinding / lantai namun sekaligus tersaring setelah terhisap oleh alat ini. Selain meringankan kerja filter pada sistem sirkulasi, dengan memiliki alat ini, efisiensi pembersihan dinding dan lantai kolam renang lebih terjamin, dari pada hanya menyikatnya saja dan mengandalkan sistem filter.


  4. Selang, jelas setiap berhubungan dengan air, kita memerlukan selang untuk mendukung perpindahan air dari satu titik ke titik lain.

  5. Test Kit, tes kit
    Tes kit ini merupakan paket untuk memantau kondisi / keadaan air pada kolam renang. Didalamnya terdapat berbagaimacam obat kimia (indikator) serta alat pengukur seperti pH dan kadar Chlorine air, Bahan kimia serta alat ukurnya dapat Anda simak di artikel sebelumnya tentang perawatan kolam renang.

 


Demikian Peralatan-peralatan kolam renang yang minimalnya dimiliki oleh setiap orang yang memiliki kolam renang agar dapat merawat serta menjaga kejernihan kolam renang.  Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, terimakasih. Salam.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!